twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 11 April 2016

Hadirkan 2 Chef Tamu 
Untuk Menilai Ujian Praktek

Setiap tiga bulan sekali, kreatifitas mahasiswa/i di kampus Tristar Institute BSD diuji. Pemandangan ini berlangsung selama 2 (dua) hari, mereka melaksanakan ujian praktik kuliner dan patiseri. Kehadiran makanan dengan tampilan yang menarik, citarasanya enak dan penyusunannya yang cantik, pastinya akan menyita perhatian. Penasarankan?

Kreatifitas mahasiswa Tristar Institute BSD menghadirkan produk makanan dengan tema yang telah ditentukan kembali teruji. Dari jurusan kuliner tema ‘American Food’ dengan pemberdayaan bahan lokal menjadi pilihan. Sedangkan dari jurusan patiseri tema tentang jajanan pasar yang disajikan secara modern dijadikan tema utama.

Dijelaskan oleh Chef Mahmudi, M.Par, dalam ujian triwulan terakhir ini sebenarnya hampir sama dengan periode yang terdahulu namun pihak manajemen dalam rangka meningkatkan kualiatas mahasiswa dan memberikan atmosfer ujian yang lebih kompetitif dan memberikan pembelajaran terutama kepada mahasiswa yang nantinya diharapkan bisa menjadi seorang chef yang handal dan bisa bersaing dalam dunia kerja.

Kedatangan Chef tamu yaitu Chef Agus Iswandi, dan Chef Didin Khaerudin yang masih aktif di dunia Industri Pariwisata khususnya perhotelan sebagai tim penilai dari luar ini memberikan shock terapi yang sangat edukatif kepada mahasiswa, dimana penguji yang didatangkan benar – benar menilai keseluruhan bukan saja dari segi produk yang dihasilkan, melainkan juga mental dan semangat mahasiswa Tristar Institute BSD.

Langkah yang ditempuh manajemen Tristar Institute BSD ini memang memberikan tolak ukur bagi lembaga pendidikan agar bisa mengetahui kebutuhan pangsa pasar yang nantinya bisa digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang telah ada.

 Tim penilai yang terdiri dari Chef Agus Iswandi, Chef Didin Khaerudin dan Chef Chef Lilies Prihantini yang juga dosen di Tristar Institute BSD ini banyak memberikan masukan kepada mahasiswa. Mulai dari cara presentasi produk yang harus bagus, menarik dan mengandung nilai jual yang bagus agar siapa saja yang mau membeli produk yang dihasilkan, tapi itu semua belum selesai para mahasiswa diminta presentasikan juga food cost dari produk yang dihasilkan, dimana mahsiswa diwajibkan bisa menghitung cepat dengan data yang telah meraka buat.

“Banyak yang kaget dengan penilaian ujian triwulan terakhir ini, tapi sebelumnya mahasiswa telah diberikan klu – klu untuk ujian namun semuanya itu tidak membuat mereka untuk lebih siap, ini bisa dilihat dari mereka menjawab dan merespon pertanyaan dari juri. Yang menjadi masukan untuk mahasiswa selain dinilai dan disalahkan oleh para juri, para juri juga memberikan masukan – masukan yang positif diantaranya cara mengukur resep yang tepat dan menghitung food cost yang lebih detail” ungkap Chef Mahmudi.

Ditambahkan oleh Chef Mahmudi, bahwa kreteria penilaian ujian kali ini dibagi menjadi 5 jenis, yaitu: presentasi, cost, rasa, tekstur dan kreatifitas. Diterangkan secara rinci, bahwa presentasi dimana seorang mahasiswa tidak dituntut hanya bisa buat produk tapi bisa menceritakannya dengan baik supaya orang bisa tertarik untuk mencicipinya atau mau membelinya. Lalu, cost sebagai penghitungan biaya yang dikeluarkan dan harga jual harus imbang dan sesuai dengan produk yang dihasilkan. Sedangakan rasa dan tekstur dari produk mereka buat harus balance dan minimal sesuai standart yang telah ada. Begitu juga dengan kreatifitas, bagaimana mahasiswa menampilkan produk mereka dari yang biasa menjadi luar biasa dan juga bisa memberdayakan bahan lokal menjadi bagus dan dapat bersaing dengan bahan bahan import.

Bagi Deviana, perasaannya cukup enjoy saat ujian praktik ini. Ada banyak makanan dari Amerika yang populer dan bisa dipraktekan. Dengan membuat Chicken Demiglace yang sudah tidak asing dengan bahan-bahan masakannya, namun sedikit membuat tegang saat bagaimana tampilan makanan ini bisa menggugah selera dan rasanya enak. Dan di ujian ini harapannya ingin membuktikan bahwa karya produknya bisa lebih baik,’ ungkap mahasiswi kuliner ini.

Dengan diadakannya ujian praktek setiap akhir triwulan, diharapkan Tristar Institute BSD bisa menghasilkan lulusan yang the best dalam bidang kuliner dan patiseri. Bagi yang ingin belajar kuliner ataupun patiseri seperti mereka, gabung dan nikmati kenyamanan belajar di Tristar Institute BSD. Sebuah lembaga pendidikan kuliner & patiseri, dimana tempat belajar yang didesign dengan interior yang nyaman, serta laboratorium sebagai tempat praktikum yang sangat representative. *Upi


Info lebih lanjut hubungi atau datang di:
Ø  ‘Tristar Institute BSD’ – Serpong
Kompleks Ruko BSD sektor 7 Blok RL 31-33, Serpong – Tangerang
Telp. 021-5380668 ; 081286358533
Pin 2A96E298
Email: tristarinstitutebsd@yahoo.co.id

www.tristarculinaryinstitute.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar