twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 18 Mei 2016

Mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron Praktik Masak Makanan Indonesia

Chef Jonathan dan Chef Avi Ajarkan 60 Resep Makanan Indonesia
Mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron Praktik Masak Makanan Indonesia
DOSEN culinary Tristar Institute Kaliwaron Chef Jonathan Alvin selama dua puluh kali tatap muka dengan 15 orang mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron (Kelas Pagi)  belajar masak 60 resep makanan Indonesia, dalam mata kuliah Pengetahuan Makanan Indonesia (Indonesian Food).
Pelajaran ini diberikan kepada mahasiswa jurusan Culinary Tristar Institute Kaliwaron untuk penguasaan ketrampilan, pengolahan dan penyajian makanan Nusantara. Topik pembahasannya meliputi konsep dasar pengolahan makanan Indonesia, karakteristik makanan daerah dari seluruh pelosok Tanah Air, bumbu dan rempah, serta kebiasaan makan di Indonesia.

Setiap kali tatap muka dengan dosen, 15 orang mahasiswa dibagi tiga kelompok yang masing-masing beranggotakan lima orang. Setiap kelompok praktik masak membuat tiga resep makanan Indonesia, sejak hari pertama hingga hari ke-20 dengan didampingi chef Jonathan Alvin sebagai dosen pembimbingnya.
Untuk kelas pagi, anggota kelompok satu adalah Ahlam, Sandy, Fadhil, Didit dan Siti, kelompok dua yakni Randy, Michael, Paula, Sama’ul dan Kurniawati, sedangkan kelompok tiga anggotanya meliputi Zulfikar, Adinda, Irma, Rilo dan Minardi.  
Hal sama juga diberlakukan pada 12 orang mahasiswa  jurusan Culinary (Kelas Siang). Mereka pun praktik masak membuat 60 resep makanan Indonesia selama 20 kali tatap muka dengan dosennya yakni chef Avi Yasak. 
12 mahasiswa tersebut juga dibagi tiga kelompok, hanya bedanya setiap kelompok anggotanya empat orang. Seperti mahasiswa kelas pagi, setiap kelompok mahasiswa kelas siang juga praktik masak tiga resep makanan Indonesia per tatap muka dengan dosen pembimbing.
Pada tatap muka hari pertama, misalnya, mahasiswa (Kelas Pagi maupun Kelas Siang) diajarkan membuat Nasi Briani (Medan), Gulai Kerang Daun Singkong (Padang) dan Ayam Sapit (Lombok), sedangkan praktik masak hari kedua, mahasiswa membuat Nasi Kebuli (Medan), Sate Kerang (Jatim) dan Sayur Rambanan (Bali).
Praktik masak pada hari ketiga, mahasiswa membuat Ketupat, Sayur Lodeh Rebung dan Opor Ayam. Selanjutnya pada hari keempat, mereka praktik masak membuat Nasi Punar (Sumatera), Pelencing Kangkung (Lombok) dan Jalut Mapalencing (Bali).
Sementara itu praktik masak pada hari kelima, mahasiswa diajarkan cara memasak Nasi Uduk (Jabar), Sayur Asem (Jabar) dan Pepes Bandeng Presto, sedangkan pada hari keenam, mahasiswa belajar masak membuat Nasi Samin (Aceh), Teri Garing (Jatim) dan Botok (Magelang).

Dan seterusnya sampai pada tatap muka hari ke-20 (terakhir), yakni praktik masak membuat Rendang (Padang), Sate Lidah Sapi (Padang) dan Gulai Nangka (Padang) yang dilaksanakan pada Rabu (11/05/2016) di Laboratorium Praktik Tristar Institute Kaliwaron Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya.
 
Untuk memudahkan proses pembelajaran, maka setiap mahasiswa dibekali silabus (buku panduan praktik masak) yang berisi nama makanan yang akan dimasak, bahan dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan untuk membuat makanan tersebut, cara memasak hingga mem-plating sebelum makanan itu disajikan, seperti yang diajarkan oleh dosen pembimbing.
”Dengan mengaplikasikan model pembelajaran seperti itu, mahasiswa nantinya akan semakin terbiasa dengan pola kerja dan standard operation procedure (SOP) di industri perhotelan terutama hot kitchen di hotel maupun restoran. Pasalnya, model pembelajaran untuk mahasiswa culinary ini sudah mengacu pada standar hotel berbintang,” kata chef Jonathan kepada kru www.culinarynews.info, kemarin siang.
Anda tertarik belajar masak Aneka Makanan Indonesia seperti yang diajarkan kepada mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron dan ingin bergabung bersama civitas akademika Tristar Institute,  silakan menghubungi Tim Marketing Tristar Institute Kaliwaron, Jl Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Telp. (031) 5999593, 085733330550 (Vista Egidia), 082230059993 (Dini Permatawati), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar