twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 01 November 2017

Aplikasikan Teori dengan Praktik di Industri Perhotelan - Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Belajar Purchasing & Storage di Mercure Grand Mirama Surabaya

Aplikasikan Teori dengan Praktik di Industri Perhotelan

 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Belajar Purchasing & Storage di Mercure Grand Mirama Surabaya
SAMBIL menyelam minum air. Pepatah ini sepertinya pas untuk menggambarkan aktivitas 24 orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit sebelum mengikuti acara Table Manner di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Jumat (05/05/2017) pagi. 
Pasalnya, selain mengikuti acara inti Table Manner, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengikuti agenda tour hotel dan mendapatkan kesempatan belajar tentang Purchasing & Storage di hotel tersebut, yang dipresentasikan oleh A. Safrudin, Food & Beverages (F&B) Director Mercure Grand Mirama Surabaya.
Kedatangan rombongan mahasiswa D3 Perhotelan dan Pariwisata Akpar Majapahit ke hotel bintang empat di kawasan Jl. Raya Darmo, pagi itu, di dampingi tiga dosen pembimbing yakni R. Paulus W. Soetrisno M.Par. (Kaprodi), Anita Wulandari STp., M.P. dan Peter ST.
Secara umum, Purchasing adalah suatu departemen yang bertugas untuk melakukan pengadaan dan pembelian barang yang dibutuhkan oleh hotel, baik secara langsung (direct purchase) atau secara tidak langsung (indirect purchase). Jadi pada dasarnya, Purchasing adalah suatu proses pencarian sumber dan pemesanan barang atau jasa untuk kegiatan produksi. Departemen yang menangani proses purchasing tersebut biasanya disebut dengan Purchasing Department.
Dalam sistem pengadaan barang dan bahan,  jenis dari barang/bahan yang dibutuhkan oleh hotel dapat di diklasifikasikan menjadi lima macam:
1. Material supplies
2. Engineering supplies
3. Spa supplies
4. Food
5. Beverage
Semua jenis pengadaan barang dan bahan-bahan di hotel, apapun jenis barang dan bahan tersebut secara prosedural harus melewati Purchasing, Hal ini dimaksudkan agar setiap barang yang dibeli bisa benar – benar sesuai dengan fungsi dan gunanya.
Beberapa prosedur yang harus dilalui oleh departemen pada saat pengadaan bahan kebutuhannya adalah sebagai berikut:
1. Membuat/mengisi form atas permintaan barang yang disebut dengan Purchase Request.
2. Menyerahkan PR (Purchase Request) tersebut kepada Purchasing Staff.
3. PR dari departemen akan dipakai sebagai supporting dokumen oleh Purcashing dalam membuat surat permintaan barang ke supplier /vendor (PO/Purchase Order)
Sebelum dibekali ilmu tentang Purchasing & Storage di Mercure Grand Mirama Surabaya, mahasiswa lebih dahulu melihat langsung kegiatan di kedua departemen itu. Saat melihat sistem kerja di Purchasing Department, mahasiswa mendapat penjelasan langsung dari Samsi, Purchasing Staff  Mercure Grand Mirama Surabaya.
Di departemen itu, menerima pengiriman barang dan bahan yang dipesan oleh pihak hotel dari sejumlah pemasok (supplier/vendor) mulai anekan buah dan sayuran, daging ayam sampai daging sapi, telur puyuh sampai telur ayam, air minum dalam kemasan (AMDK) cup, botol maupun galon hingga minuman beralkohol, gula pasir hingga tepung terigu.
Setelah Purchasing Department menerima barang dan bahan dari para pemasok, maka barang dan bahan-bahan itu disimpan di Storage Food. Kepada mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, M. Kahfi dari Storage Department mengatakan, barang-barang yang dibeli oleh pihak hotel disimpan di sini.
”Manajemen keluar masuk barang di Storage Food mengacu pada FIFO (First In, First Out) dan FEFO (First Expire, First Out), sehingga barang-barang yang tersimpan di gudang tidak ada satu pun yang kedaluarsa (expired),” ujar Kahfi.
Storage Food didesain sedemikian rupa sehingga bisa meminimalisasi tumbuhnya jamur dan bakteri yang merugikan. Makanya, suhu ruangan di dalam Storage Food dikontrol antara 24-25 *C dengan kelembaban udara 50-60 persen. 
”Oleh  karena itu, barang-barang dan bahan yang diterima oleh pihak hotel dari pemasok harus berkualitas sesuai standar industri perhotelan dan semuanya mengacu pada Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP),” pungkasnya.
Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar