twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 07 November 2017

Mahasiswa Tristar Group Sukseskan Acara Factory Visit 2017 - Giliran UKM Kripik Buah ”So Kressh” yang Disambangi Mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit, Foodpreneur dan Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron (Naskah Terakhir, dari 2 Tulisan)

Mahasiswa Tristar Group Sukseskan Acara Factory Visit 2017

Giliran UKM Kripik Buah ”So Kressh” yang Disambangi Mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit, Foodpreneur dan Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron  (Naskah Terakhir, dari 2 Tulisan)
SETELAH puas berdiskusi dengan perwakilan dari PT Nippon Indosari Corpindo Tbk, rombongan mahasiswa Tristar Group melanjutkan perjalanan menuju Usaha Kecil Menengah (UKM) Kripik Buah So Kressh di Malang.
Sebelum sampai di Malang, rombongan beristirahat lebih dulu untuk makan siang dengan menu utama sayur asem, ayam goreng, tahu bacem, pepes tongkol, botok tahu tempe, rempeyek, sambal terasi dan lalapan, sedangkan dessert-nya es Manado dan air minum dalam kemasan (AMDK) di Rumah Makan Karang Jati.
Usai istirahat untuk makan siang dan salat sekitar satu jam, rombongan pun meluncur ke Malang dan tiba di tujuan sekitar pukul 14.00-an. Kedatangan rombongan mahasiswa Tristar Group disambut langsung oleh Ir Kristiawan, owner CV Kajeye Food yang beralamat di Jl. Polowijen II/359, Malang.
CV Kajeye Food selain memproduksi aneka kripik buah So Kressh, juga membuat permen Kenyil yang dibuat dari buah-buahan tropis (exotic tropical fruits). Semua kegiatan produksi skala rumahan (home industry) ini dikerjakan di Jl. Polowijen II/359 Malang dengan melibatkan tetangga kanan kiri.
”Usaha yang saya geluti ini fokus memproduksi aneka keripik buah (rasa manis) –apel, mangga, kesemek, nangka, nanas, pisak, salak, semangka— yang hanya membutuhkan modal kecil dan bisa dikerjakan di rumah,” kata sarjana Teknologi Pangan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang ini.
Menurut Kristiawan, awal merintis usaha ini tidak selalu berjalan mulus. Berbagai hambatan hingga membuatnya jatuh bangun pernah dilakoni, namun tak menyurutkan langkahnya untuk meneruskan bisnis menjanjikan ini karena pihaknya yakin jika buah ketekunan akan memberi hasil yang manis ke depannya.
Untuk itu, pihaknya senantiasa mendorong mahasiswa agar tidak ragu memulai bisnis apalagi usaha yang dirintis itu belum digarap orang lain. Yakinlah jika Anda pun akan menuai kesuksesan. ”Jangan berpikir bagaimana modalnya, bagaimana pemasarannya nanti dan sebagainya. Jalani saja dengan serius dan fokus,” katanya memotivasi anak-anak Tristar Group, pada sesi tanya jawab, kemarin.
Sekadar informasi, keunggulan keripik buah produksi UKM dari Malang itu selain produknya awet (tahan lama) dan mudah dijual sebagai camilan (snack), juga bisa diaplikasikan sendiri oleh mahasiswa setelah mereka lulus kuliah.
Syaratnya pengelola UKM itu minimal punya mesin vacuum frying untuk mereduksi panas dari suhu 160*C menjadi 85*C (sekitar 50 persennya) agar saat pengeringan keripik yang berasa manis tersebut tidak gosong dan alat dehydrator.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Tim Marketing Terpadu Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar