twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 01 November 2017

Praktik Masak di Dapur Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar - Mahasiswa Advanced Culinary Class Ujian Praktik Masak Membuat Kreasi Masakan Asian Healthy Food

Praktik Masak di Dapur Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar

Mahasiswa Advanced Culinary Class Ujian Praktik Masak Membuat Kreasi Masakan Asian Healthy Food
PADA hari Rabu (03/05/2017) siang, mahasiswa Advanced Culinary Class  mengikuti ujian praktik masak membuat kreasi masakan Asian Healthy Food yang diasuh Nadya Ratri S.Pd., M.Kes., di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Pada ujian praktik masak kali ini, mahasiswa Advanced Culinary Class tampil secara individual untuk membuat kreasi masakan Asian Healthy Food yang telah diajarkan sebelumnya, mulai Rabu (26/04/2017) hingga Selasa (02/05/2017).
Empat dari lima Mahasiswa Advanced Culinary Class yang mengikuti ujian kemarin siang adalah Steven Yumanto, Yosef Yakup Ester Wijaya, Ryan Riffanny Sukma dan Timotius Rinaldo Sanusi, sedangkan Rionaldy Rizal Widyantono berhalangan hadir karena sakit.
Steven membuat kreasi masakan andalannya Plarad Prik (masakan dari Thailand), sedangkan Ryan menyiapkan masakan kreasinya bertajuk Laksa Singapore, disusul Yosef mengkreasi masakan Jepang berjudul Sushi Fried Rice with Vegetable dan Timotius membuat kreasi masakan unggulannya yakni Asian Sweet Chili Shrimp.
Ujian praktik masak di Dapur Culinary 2 dimulai pukul 13.00-14.30 atau peserta ujian hanya diberi waktu 1,5 jam, sejak persiapan bahan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating masakan sebelum hasil kreasinya itu disajikan di meja, untuk dinilai dosen pembimbing.
Masing-masing mahasiswa yang menjadi peserta ujian praktik masak itu berupaya keras untuk tampil all out, sejak persiapan memasak hingga mem-plating hasil masakannya, sebelum masakan tersebut disajikan dan dinilai oleh chef Nadya Ratri.
Setelah semua tahapan dari proses masak empat menu masakan hasil kreasi mahasiswa tersebut selesai, setiap peserta ujian diminta untuk mem-plating masakan tersebut sesuai kreasinya masing-masing. Hasil kreasi masakan itu kemudian dinilai dari aspek citarasa, tekstur, penampilan dan kebersihan. Kriteria penilaian ini mengacu pada standar industri perhotelan.
Sebelum diuji membuat kreasi masakan Asian Healthy Food, mahasiswa Advanced Culinary Class telah dibekali pengetahuan masak sejumlah masakan Asia. Pada tatap muka hari pertama, Rabu (26/04/2017), misalnya, mahasiswa diajarkan membuat tiga resep umasakan Jepang yakni Chawan Mushi, Udon Noodle Soup dan Soba Salad.
Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Kamis (27/04/2017), chef Nadya Ratri mengajarkan teknik membuat tiga menu masakan dari Singapura yang meliputi Singapore Steam Boat, Singapore Style Noodle dan Meat & Cabbage Roll.
Sementara itu pada tatap muka hari ketiga, Jumat (28/04/2017), mahasiswa belajar membuat tiga menu masakan Thailand yakni Tom Yam, Som Tum (Thai Papaya Salad), dan Tom Khan Cai Soup.
Pada pertemuan terakhir hari keempat, Selasa (02/05/2017), mahasiswa diajarkan membuat tiga resep masakan Vietnam yakni Vietnamese Soup, Cha Gio (Vietnamese Deep Fried Spring Roll) dan Banh Cuon.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar