twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 05 November 2017

Ujian di Laboratorium Praktik Masak Lantai 2 Tristar Institute - Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Diuji Membuat Aneka Kreasi Masakan Berbasis Noodle

Ujian di Laboratorium Praktik Masak Lantai 2 Tristar Institute

Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Diuji Membuat Aneka Kreasi Masakan Berbasis Noodle
PADA hari Rabu (10/05/2017) pagi, mahasiswa Advanced Culinary Class  mengikuti ujian praktik masak membuat aneka kreasi masakan berbasis noodle (mie) yang dibimbing Anastasia Kristien, S.Tp., di Laboratorium Praktik Masak Lantai 2 Tristar Institute Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya.

Pada ujian praktik masak kali ini, mahasiswa Advanced Culinary Class tampil secara individual untuk membuat kreasi masakan berbasis noodle yang telah diajarkan sebelumnya oleh chef Anastasia, sapaan akrab Anastasia Kristien, mulai Kamis (04/05.2017) hingga Selasa (09/05/2017) dengan materi Asian Food Technology 2.
Lima orang mahasiswa Advanced Culinary Class yang mengikuti ujian praktik adalah Steven Yumanto, Yosef Yakup Ester Wijaya, Ryan Riffanny Sukma dan Timotius Rinaldo Sanusi dan Rionaldy Rizal Widyantono.
Steven membuat kreasi masakan andalannya Yu-Sheng Salad (Chinese Food), sedangkan Ryan menyiapkan masakan kreasinya bertajuk Rainbow Tamie, disusul Yosef mengkreasi masakan Jepang berjudul Rainbow Ramen Burger with Mushroom Sauce, sedangkan Timotius membuat kreasi masakan unggulannya yakni Spicy Korean Beef Noodle dan Rionaldy menyiapkan kreasi masakannya bertema Salmon Noodle with Creamy Garlic Sauce.
Ujian praktik masak di Laboratorium Praktik Masak  Lantai 2 Tristar Institute dimulai pukul 08.30-10.00 atau peserta ujian hanya diberi waktu 1,5 jam, sejak persiapan bahan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating masakan sebelum hasil kreasinya itu disajikan di meja, untuk dinilai dosen pembimbing.
Masing-masing mahasiswa yang menjadi peserta ujian praktik masak itu berupaya keras untuk tampil all out, sejak persiapan memasak hingga mem-plating hasil masakannya, sebelum masakan tersebut disajikan dan dinilai oleh chef Anastasia.
Setelah semua tahapan dari proses masak empat menu masakan hasil kreasi mahasiswa tersebut selesai, setiap peserta ujian diminta untuk mem-plating masakan tersebut sesuai kreasinya masing-masing. Hasil kreasi masakan itu kemudian dinilai dari aspek citarasa, tekstur, penampilan dan kebersihan. Kriteria penilaian ini mengacu pada standar industri perhotelan.
Sebelum diuji membuat kreasi masakan Asian Food Technology 2, pada Rabu (10/05/2017), mahasiswa Advanced Culinary Class telah dibekali pengetahuan membuat red noodle (pewarna merah alami dari buah bit), yellow noodle (pewarna kuning alami dari buah labu) dan siomay original pada tatap muka hari pertama (Kamis, 04/05/2017).
Sementara itu pada pertemuan hari kedua (Jumat, 05/05/2017) diajarkan teknik membuat kimchi dan siomay ekonomis oleh chef Anastasia. Sedangkan pada tatap muka hari ketiga (Senin, 08/05/2017), mahasiswa Advanced Culinary Class belajar membuat green noodle (pewarna hijau alami dari daun sawi), mocaf noodle (modified starch ultra bond).
Selanjutnya pada pertemuan hari keempat (Selasa, 09/05/2017), chef Anastasia mengajarkan mahasiswa Advanced Culinary Class cara membuat sayur asin dan teopoki. Pembelajaran Asian Food Technology 2 kepada mahasiswa tersebut dinilai cukup untuk menguji sejauh mana kreativitas mahasiswa dalam ujian praktik masak membuat aneka kreasi masakan berbasis noodle.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar