twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 30 Januari 2020

Praktik Food Technology Applications Bersama Chef Endang - Mahasiswa Baru Culinary Class Diajarkan Cara Buat Sambal Rujak Manis di Kitchen Graha Tristar Surabaya

Praktik Food Technology Applications Bersama Chef Endang

Mahasiswa Baru Culinary Class Diajarkan Cara Buat Sambal Rujak Manis di Kitchen Graha Tristar Surabaya

PADA tatap muka pekan ketiga, Selasa (30/07/2019) siang, sekitar 20-an mahasiswa baru Culinary (C1) Akpar Majapahit Kelas Siang, dibekali cara membuat Sambal Rujak Manis oleh Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Endang Sri Rahajoe M.MPar. Praktik masak itu sendiri dihelat di Kitchen Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.  

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sambal Rujak Manis antara lain peanut fry, hot chili, garlic fry, plam sugar, sugar, salt, fish cake, tamarind (seed out) dan water. Sedangkan buah untuk rujak itu sendiri bisa berupa pepaya, mangga, nanas, melon, jambu air, bengkoang, mentimun dan yang lainnya.
Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, 20 mahasiswa itu dibagi dua kelompok. Kelompok 1 beranggotakan 10 orang (Rosy, dkk), ditugasi Chef Endang menyiapkan bahan membuat Sambal Rujak Nanis, mulai mem-fry kacang tanah, mengulek sambal hingga sambal tersebut siap dihidangkan bersama irisan buah-buahannya.
Sedangkan Kelompok 2 juga beranggotakan 10 orang (Nancy, dkk), kebagian job dari Chef Endang mengupas dan mengiris buah-buahannya, yang terdiri dari Mangga, Mentimun dan Pepaya.
Setelah kedua kelompok itu menyelesaikan tugasnya masing-masing, giliran sekarang Chef Endang Sri Rahajoe yang mem-plating Rujak Manis itu agar tampilannya cantik dan menarik, sehingga mengundang selera untuk menyantapnya.
Bagi penyuka pedas, maka Sambal Rujak Manis itu tinggal menambahkan beberapa Hot Chili (Cabai Rawit) sesuai kebutuhan, sehingga sensasi pedasnya kena saat irisan buah manis tersebut yang sudah dicolekkan ke sambalnya masuk ke dalam mulut.
”Dengan membekali pengetahuan seputar Food Technology Application sejak dini maka mahasiswa bisa mengerti alur proses memasak, sejak bahan mentah, diolah menjadi produk setengah jadi hingga dimasak lebih lanjut di kitchen, sebelum makanan atau minuman itu disajikan di meja,” kata Chef Endang, di ruang kerjanya.
Selain dibekali cara membuat Orange & Strawberry Syrup dan aplikasinya pada minuman, mahasiswa baru Culinary Class juga telah diajarkan cara membuat Siomay, salah satu produk Frozen Food yang banyak disuka konsumen. Praktik membuat Siomay itu dilakoni mahasiswa baru Culinary Class pada pertemuan pekan kedua, Selasa (23/07/2019) lalu.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar