twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 12 Juni 2024

Aksi Seru Peserta Kursusan Tristar Belajar Cara Buat dan Hias Special Cakes II with Chef Ita


Lima Peserta LPK Tristar All Out Buat Black Forest Cake, Tropical Cake dan Sacher Cake, Tiga Kreasi Special Cakes nan Cantik ala Bakery & Pastry Shop

 

UNTUK kali kesekian, instruktur senior Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tristar Surabaya (member of Tristar Group) Chef Ita Suhervin, kembali tampil demi berbagi ilmu cara membuat tiga kreasi Special Cakes II yakni Black Forest Cake, Tropical Cake dan Sacher Cake, bersama lima peserta kursusan, di Kitchen Modern 2, Lantai 2 Food University Indonesia (FUI) Kampus Tristar Manyar Jl, Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Sabtu (08/06/2022), pekan lalu.

 

Selama bekerja di Cold Kitchen Food University Indonesia, Sabtu pagi itu, Chef Ita Suhervin dibantu asistennya, Chef Eny Suryanti, sejak prepare aneka bahan kue, proses membuat dan menghias cakes hingga pembagian hasil praktik membuat tiga kreasi Special Cakes II dan penyerahan sertifikat pelatihan dari LPK Tristar Surabaya kepada peserta kursusan.

 

Sesuai list kehadiran, maka lima peserta kursusan itu adalah Lilie Susanawati, Pek Trishiang, Wiwik Indrawati, Isti Suryandini dan Erni. Kelima wanita paro baya yang masih tampak cantik itu merupakan karyawan sebuah bank swasta nasional di kawasan pusat kota Surabaya.

 

Di hadapan peserta kursusan, Chef Ita pertama-tama mengenalkan pemilihan bahan yang terbaik (premium ingredient) demi membuat tiga kreasi Special Cakes II mulai Black Forest Cake, Tropical Cake hingga Sacher Cake dengan tampilan kekinian nan cantik, elegan dan berkelas ala Bakery & Pastry Shop terkenal di Surabaya.

 

Demi membuat Black Forest Cake di Kitchen Food University Indonesia, Chef Ita bersama asistennya telah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan chocolate sponge yakni eggs, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, milk powder, melted margarine dan chocolate paste.

 

Adonan chocolate sponge sebelum di-bake pada suhu 180*C selama 35-45 menitan, dimasukkan lebih dulu ke dalam loyang bulat berdiameter 18 cm. Metode pembuatan Special Cakes yang satu ini menggunakan Sponge Method.

 

Setelah membuat adonan chocolate sponge, maka pekerjaan selanjutnya adalah membuat chocolate ganache untuk filling-nya yang terdiri dari layer A dan B. Barulah disiapkan cover-nya berupa butter cream, yang bahannya terdiri atas white margarine, butter, icing sugar, condensed milk dan food coloring.

 

Pekerjaan terakhir adalah membuat garnish-nya dari chocolate batangan yang dilelehkan bersama fresh cream (cair), yang selanjutnya bisa dibuat menjadi berbagai model ornament cantik seperti bunga, daun, stick roll, bentuk pagar, lengkungan dan sebagainya.

 

Oleh Chef Ita, peserta kursusan juga dilibatkan saat menghias dua kreasi Black Forest Cake dengan garnish sebagai topping-nya berupa taburan ornament dari coklat, hiasan dari butter cream dan berupa beberapa buah red cherry dan strawberry yang sudah di-slice lebih dulu.


Sementara itu untuk membuat kreasi kue berikutnya, yakni Tropical Cake dan Sacher Cake, Chef Ita kembali mengajak peserta kursusan untuk belajar membuat adonan kue sendiri yang bahannya terdiri dari egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, milk powder, melted margarine, vanila paste (Tropical Cakes) dan chocolate paste (Sacher Cake), di bawah bimbingan instruktur langsung.

 

Untuk membuat Tropical Cake, vanilla sponge-nya yang sudah di-bake, lalu di-cover lebih dulu dengan butter cream. Butter cream-nya sendiri sudah diberi tambahan food colouring (hijau macha). 


Selanjutnya di sisi luar cover-nya ditaburi cashewnut (butiran biji mete) yang sudah dirajang kasar secara melingkar sampai rata. Sedangkan untuk topping-nya disusun buah orange, irisan buah kiwi dan irisan strawberry sedemikian rupa, sehingga tampilannya seperti bunga matahari yang sedang merekah.

 

Untuk pekerjaan terakhir, Chef Ita giliran menghias Sacher Cake dengan melibatkan peserta kursusan. Dua chocolate sponge @ berdiameter 18 cm lalu diiris menjadi dua layer A dan B, kemudian diberi filling berupa chocolate ganache dan butter cream.

 

Selanjutnya Sacher Cake setengah jadi itu diguyur chocolate glaze sebagai cover-nya sampai merata hingga menutup seluruh permukaannya. Chocolate sponge yang sudah di-cover chocolate glaze (permukaan cake tampak mengkilap), lalu disimpan di dalam freezer (mesin pendingin) selama 15-30 menitan. 


Kemudian cake itu dihias dengan pernak-pernik ornament yang edible dan hiasan coffee bean dari teknik chocolate transfer agar tampilan Sachef Cake tersebut semakin keren, mewah dan elegan. Amazing banget. Good jobs! Chef.…

 

Jika Anda tertarik mengikuti aneka materi kursusan olahan makanan maupun minuman yang digagas Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tristar Surabaya (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar