twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 23 Juni 2024

Asyiknya Mahasiswa Praktik Masak Japanese Food di Kitchen Modern Tristar Samator Surabaya


Mahasiswa Culinary Art Persembahkan Chicken Teriyaki, Chicken Nanban dan Chicken Karage, Tiga Kreasi Olahan Ayam ala HokBen Restoran

 

SETELAH berjibaku selama 90 menitan bersama Chef Lusiana F. Noor dan asistennya, di Kitchen Modern Tristar Samator, Sky Suites SOHO-The Samator Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya, Rabu (19/06/2024), pekan lalu, akhirnya 12 mahasiswa Culinary Art Tristar Samator (member of Tristar Group) Kelas B, antusias mempersembahkan Chicken Teriyaki, Chicken Nanban dan Chicken Karage, tiga kreasi olahan ayam ala HokBen Restoran nan lezat dengan tampilan keren.


Sesuai arahan dari Chef Lusi, sapaan akrab Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, empat mahasiswa pertama ditantang secara individual membuat Chicken Teriyaki sejak prepare bahan, lalu memprosesnya di hot kitchen dan mem-plating masakan Japanese Food tersebut. Setelah masakan tersebut di-display di meja makan selanjutnya dievaluasi oleh dosen pembimbing,



Sedangkan empat mahasiswa Culinary Art berikutnya ditugasi masak Chicken Nanban juga secara individual dan empat mahasiswa terakhir pun mendapat job membuat Chicken Karage, yang resepnya seperti tersaji di dalam Buku Ajar (Silabus) Praktik Masak Culinary. Untuk standar garnish menu masakan Japanese Food, Anda bisa memanfaatkan tomato cherry, parsley leaf, cilantro leaf, spring onion, tuilles dan red chilli.


Sebelum bekerja di hot kitchen, Chef Lusi lebih dulu menjelaskan seputar bahan-bahan terbaik (premium) yang dibutuhkan untuk membuat tiga kreasi masakan khas Negeri Sakura (Jepang), Chicken Teriyaki, Chicken Nanban dan Chicken Karage ala HokBen Restoran, yang citarasanya begitu disuka generasi millennial di Surabaya dan sekitarnya.

 

Praktik masak tiga menu masakan Japanese Food yang cukup populer di Indonesia tersebut dihelat di Kitchen Modern Tristar Samator. Praktik masak tiga menu Japanese Food ala HokBen Restoran bersama Chef Lusi pada hari keempat itu dihadiri 12 mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas B.



Untuk masak Chicken Teriyaki yang lezat (oishii), maka bahan masakan yang dibutuhkan meliputi chicken breast, potato starch, sake (sejenis anggur khas Jepang), mirin, chopped ginger (lalu di-grated), Kikkoman soy sauce, caster sugar, leek, sesame seed (sprinkle on the top) dan onion (yang sudah di-slice).


Giliran selanjutnya mahasiswa diminta masak Chicken Nanban. Tahapan pekerjaan pertama adalah menyiapkan Marinated Chicken yang bahannya meliputi chicken thigh, garlic, ginger, kokkoman soy sauce dan sesoaning-nya berupa batter yang bahannya meliputi sll purpose flour, contstarch dan water secukupnya.


Tahapan pekerjaan berikutnya adalah membuat Nanban Sauce. Bahan untuk membuat sauce ini terdiri atas soy sauce, mirin, apple juice, brown sugar, vinegar, katsuobushi powder, dry seaweed dan served with coleslaw.


Sedangkan mahasiswa terakhir yang berjibaku di hot kitchen Tristar Samator, tampak antusias membuat menu Chicken Karage. Bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri dari chicken thigh boneless, shoyu, sake, sesame oil dan egg.


”Sementara itu for flour-nya sendiri, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan seperti potato starch, cornstarch, allpurpose flour, garlic powder, chili powder, dashi powder, seasoning dan sesame seed,” terang Chef Lusi di hadapan anak didiknya.


Setelah bekerja keras selama 90 menitan di hot kitchen, 12 mahasiswa Culinary Art tersebut diminta untuk mem-plating tiga kreasi masakan khas Negeri Matahari Terbit sesuai passion-nya masing-masing. Hasil plating-an Chicken Teriyaki yang ditampilkan Asyifa Aura Bathutah sukses meraih nilai 90.


Sementara itu Ari Marcella Setyawati berhasil membukukan nilai 90, dengan kreasi masakannya Chicken Nanban, sedangkan Immanuel Decky Lela juga mendapatkan nilai 90 dari kreasi masakan Jepang bertajuk Chicken Karage yang dibuatnya.


Tiga mahasiswa Culinary Art tersebut sukses meraih poin teratas setelah hasil kerjanya dievaluasi dan dikritisi oleh Chef Lusiana F. Noor dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasanya. Sedangkan sembilan mahasiswa lainnya berhasil meraih nilai pada kisaran 82-88. Good jobs! Bro & Sis. So cool …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan datang ke Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar