twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 20 Juni 2024

Memotret Aksi Seru Mahasiswa Praktik Buat Enriched Bread with Chef Dwi Mei Retnowati


Berjibaku di Cold Kitchen Tiga Jam, Mahasiswa Pastry Art All Out Tampilkan Koledna Pitka, Khacapuri dan Kaiser Choco Roll Bread, Tiga Kreasi Enriched Bread Standar Hotel Berbintang


SEBANYAK 12 orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group) Kelas A-Pagi giliran diajarkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang Teknik Pengolahan Enriched Bread berikut teknik membuat 10 kreasi Enriched Bread dengan tampilan kekinian, melalui empat kali pertemuan bersama Chef Dwi Mei Retnowati, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Sesuai jadwal praktik yang tersaji di dalam Buku Ajar (Silabus), pada tatap muka hari pertama, Selasa (04/06/2024), Chef Mei, sapaan akrabnya menghelat Baking Demo & Duplication demi membuat satu kreasi Enriched Bread, yang bertajuk Pizza Roll Bread.


Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Rabu (05/06/2024), Chef Mei bersama mahasiswa Pastry Art Kelas A-Pagi diajarkan membuat tiga kreasi Enriched Bread dengan tampilan masa kini, yakni Foccasia Art, Scoring Bread dan Herb Fougasse nan keren.


Sementara itu pada tatap muka hari ketiga, Senin (10/06/2024) lalu, Chef Mei kembali berbagi ilmu teknik pengolahan Enriched Bread untuk membuat tiga resep roti dengan tampilan kekinian, yakni Koledna Pitka, Khacapuri dan Kaiser Choco Roll Bread, di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya. 13 mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu dibagi menjadi empat tim.


Menurut Chef Mei, untuk membuat aneka kreasi Enriched Bread sepertinya lebih rumit dibandingkan saat mahasiswa praktik Basic Bread, sehingga perlu ada perhatian khusus dari mahasiswa selama bekerja di cold kitchen agar aneka kreasi Enriched Bread yang dibuatnya sesuai dengan ekspektasi.


Semangat tinggi diperlihatkan masing-masing tim (Tim A, B, C dan D), saat mereka praktik membuat Koledna Pitka, Kachapuri dan Kaiser Chocolate Roll Bread, sesuai job-nya masing-masing dengan disupervisi langsung oleh Chef Mei bersama asistennya, Chef Gabriel Nathania AMd.Par., ST.P.


Untuk membuat Koledna Pitka (Tim A), misalnya, bahan membuat adonan Dough yang dibutuhkan antara lain bread flour (cakra kembar), yeast, bread improver, sugar, salt, egg, cold water dan butter (margarine). Sedangkan untuk membuat washing-nya sendiri agar tampilannya Koledna Pitka mengkilap, maka bahan yang dibutuhkan adalah honey dan vegetable oil.


Semua bahan itu dimasukkan dalam mesin mixer sampai adonan bahan roti itu rata dan tercampur sempurna. Untuk hasil terbaik, adonan roti itu di-blender sampai kalis. Adonan yang telah kalis itu lalu diambil @ 45-an gram dan dibentuk sesuai contoh dari Chef Mei.


Roti setengah jadi itu selanjutnya di-treatment mesin pengembang roti (proofer) selama 60 menitan. Usahakan selama proses proofer-nya sesempurna mungkin, kemudian di-bake pada mesin oven pada suhu 180*C selama 12-15 menitan. Diharapkan tekstur permukaan Koledna Pitka nantinya menjadi lebih lembut dan tidak mengeras.


Sedangkan dua tim yang lainnya yakni Tim B dan C harus berjibaku di Kitchen Patisserie Graha Tristar, demi membuat Kachapuri. Sementara itu Tim D juga tampak antusias membuat Kaiser Choco Roll Bread sesuai job-nya hingga mem-plating dan meng-garnish kreasi bread itu sekeren mungkin.


Chef Mei pun mengungkapkan kalau praktik Enriched Bread pada hari ketiga tersebut, pihaknya memutuskan untuk mengevaluasi kinerja anak didiknya berdasarkan tiga aspek yakni tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasanya. Tak salah jika setiap tim berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan.


”Hal ini demi membiasakan mahasiswa Pastry Art Class layaknya bekerja di kitchen pastry sebuah hotel berbintang atau Bakery & Pastry Shop,” pungkas Chef Dwi Mei Retnowati, seusai mengevaluasi hasil kerja anak didiknya, kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, pekan lalu. Good jobs! Bro & Sis. So cool …


Jika Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan merapat ke Kampus Akpar Majapahit untuk menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar