twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 13 Juni 2024

Kehebohan Praktik Masak Asian Cuisines Bersama Chef Nadya di Kitchen Modern Graha Tristar


Empat Tim Mahasiswa Culinary Art Class Terima Tantangan Buat Bengali Chicken Pakora, Masala Fried Chicken dan Chicken Tandoori & Briyani Rice, Tiga Menu Olahan Ayam Khas India

 

DOSEN Pegajar Culinary Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group), Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., menantang anak didiknya dalam gelaran Cooking & Plating Battle di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (10/06/2024) pagi, masak tiga menu olahan ayam khas India, yakni Bengali Chicken Pakora, Masala Fried Chicken dan Chicken Tandoori & Briyani Rice yang tasty & deliciously.

 

Gelaran Cooking & Plating Battle bagi mahasiswa Culinary Art Class itu untuk membiasakan diri setiap individu mahasiswa berkompetisi secara sehat dan fair agar nantinya mereka tidak kaget menghadapi final exam di kampus maupun ajang kompetisi masak di luar kampus.

 

Untuk itu, 11 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-Pagi yang terbagi dalam empat tim, yakni Tim A, B, C dan D, untuk berbagi tugas menyiapkan bahan-bahan masakan termasuk aneka bumbunya. Tiga menu masakan khas dari negeri India itu merupakan pertemuan hari ke-10 atau terakhir mahasiswa belajar masak 30-an menu masakan Asian Cuisines, sejak tiga pekan lalu.

 

”Bagi-bagi tugas di hot kitchen itu dilakukan masing-masing anggota tim demi masak Bengali Chicken Pakora, Masala Fried Chicken dan Chicken Tandoori & Briyani Rice, sesuai panduan dari Buku Ajar (Silabus). Setelah bekerja sekitar 120 menitan, lalu setiap tim menyajikannya di meja display produk dengan tampilan sekeren mungkin, sebelum saya evaluasi hasil kerja kalian,” terang Chef Nadya di hadapan anak didiknya.

 

Kehebohan mahasiswa berjibaku di hot kitchen Graha Tristar Surabaya pagi itu, tampak sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga saat mem-plating dan meng-garnish hasil masakan tersebut. Jika ada hal yang kurang jelas, perwakilan dari masing-masing tim pun menyempatkan diri berkonsultasi dengan Chef Nadya, agar nantinya tiga menu olahan ayam khas dari India yang mereka buat tersebut benar-benar sesuai ekspektasi.

 

Secara garis besar, demi membuat Bengali Chicken Pakora, misalnya, bahan yang disiapkan antara lain chicken tigh, ginger, garlic, param masala powder, turmeric, blackpepper, coriander, all purpose, cornflour, egg, slice green chili (untuk condiment-nya) dan served with tartar sauce.

 

Sementara itu menu masakan kedua adalah Masala Fried Chicken. Untuk membuat Masala Fried Chicken ada dua tahapan pekerjaan. Pekerjaan pertama menyiapkan bahan for chicken-nya sendiri yakni chicken (small portion), clove garlic, red chili powder, greek yoghurt, garam masala, turmeric, paprika powder, buttermilk dan untuk seasoning-nya bisa ditambahkan juga jeruk nipis, cuka dan baking powder.

 

”Sedangkan tahapan pekerjaan berikutnya menyiapkan bahan for coating-nya, yakni flour, garam masala, red chili powder, paprika powder dan potato starch,” ujar Chef Nadya Ratri Aryani kepada masing-masing tim.

 

Selanjutnya praktik masak menu masakan India yang terakhir adalah Chicken Tandoori & Briyani Rice. Setidaknya ada tiga tahapan pekerjaan yang harus dilalui masing-masing tim saat masak yang satu ini.

 


Tahapan pekerjaan pertama masak Chicken Tandoori, maka bahan yang dibutuhkan antara lain chicken leg, lemon juice, ginger, garlic, ground coriander, cumin, chili powder, paprika, salt, black pepper, yoghurt, lemon, onion dan tambahkan seasoning secukupnya.

 

Pekerjaan berikutnya menyiapkan bahan masakan untuk masak Briyani Rice. Langkah pertama membuat Garam Masala, bahannya meliputi cardamon seed, ground coriander, cloves, cumin dan ground nutmeg.

 

Sedangkan langkah kedua membuat Curry Sauce, di mana bahan yanfg diperlukan adalah onion, garlic, ginger, turmeric powder, garam masala, paprika powder, ground black pepper, yoghurt, chili powder, paprika powder, long grain rice (basmati rice), raisin, ground chasewnu\t, hard boiled egg dan tomato.

 

 

Setelah berjibaku di hot kitchen selama 120 menitan, masing-masing tim diminta menampilkan hasil kreasi masakannya untuk di-display di meja makan. Selanjutnya hasil kreasi masakan dari Tim A, B, C dan D dievaluasi dan dikritisi Chef Nadya Ratri Aryani, mulai dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur serta cita rasanya, layaknya sajian makanan mewah dan berkelas di hotel-hotel berbintang. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget …

 

Jika Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar