twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 06 Juni 2024

Memotret Gelaran Skill Training Practices with Chef Fridolin di Kitchen Tristar Samator Surabaya


Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas B Berjibaku selama 120 Menit di Hot Kitchen demi Buat 13 Kreasi Menu Main Course Kekinian ala Hotel Berbintang

 

 

SEBANYAK 13 orang mahasiswa Culinary Art Tristar Samator (member of Tristar Group) Kelas B tampil secara individu untuk berjibaku selama 120 menit di Kitchen Modern 2, Sky Suites SOHO-The Samator Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya, Selasa (04/06/2024) pagi, demi membuat 13 menu main course kekinian yang tasty & deliciously. Dalam gelaran Skill Training Practices itu mahasiswa disupervisi langsung oleh Chef Fridolin, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group.


Setelah berjibaku di hot kitchen Tristar Samator Surabaya, 13 kreasi menu main course tersebut kemudian di-display di meja yang sudah disiapkan sebelumnya di lobi kampus, untuk selanjutnya dikritisi dan dievaluasi langsung oleh Chef Frido, sapaan akrabnya. Menu main course itu sendiri syaratnya mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak dan mineral essensial.


Secara overall, hasil kreasi plating dan garnish dari 13 menu masakan main course itu diapresiasi langsung oleh Chef Frido. ”Saya senang banget atas kinerja anak-anak selama berjibaku di hot kitchen demi menyukseskan gelaran skill training practices,” ujarnya kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.


Bahkan, lanjut Chef Frido, ada salah satu kreasi plating anak didiknya yang melebihi ekspektasinya. Dia lalu mencontohkan kreasi plating dan garnish persembahan dari Ari Marcella yang bertajuk Woku Fish Mousseline with Kaffir Leaf Rice.


Menu main course yang ditampilkan Ari Marcella pada gelaran Skill Training Practices kali ini mengadopsi teknik masak dengan sentuhan Molecular Gastronomy. Diakuinya jika teknik masak yang satu ini sedikit lebih ribet dibandingkan dengan cara masak konvensional (klasik) yang selama ini dipraktikkan mahasiswa.


Teknik Molecular Gastronomy ini, memadukan ilmu fisika dan kimia makanan sehingga terciptalah kreasi memasak makanan dengan tampilan dan citarasa yang berbeda daripada cara-cara masak secara konvensional.


Demi mendapatkan tekstur olahan Woku Fish yang lembut, idealnya daging ikan yang sudah dibumbui (dimarinasi) lalu dikemas dalam household vacuum sealer, kemudian direbus dalam SousVide pada suhu sekitar 57-60*C selama 30-45 menitan. Namun hal itu bisa disiasati dengan mem-boil daging ikan tersebut pada suhu rendah selama 60 menitan.



Sementara itu untuk membuat sauce-nya sendiri maka bumbunya mesti dihaluskan sedemikian rupa hingga terbentuk Mousse, sedangkan tampilan busa Kaffir-nya dituangkan pada permukaan Leaf Rice yang telah di-roll, bentuknya seperti lontong. Maka tampilan Woku Fish Mousseline with Kaffir Leaf Rice pun tampak semakin keren, elegan dan berkelas, layaknya sajian menu makanan mewah di hotel-hotel berbintang. Amazing banget!


Selanjutnya 12 kreasi menu main course lainnya yang ditampilkan selama gelaran Skill Training Practices, berturut-turut adalah sebagai berikut: (1). Crispy Chicken Steak Bechamel Sauce (Stevani Velentina P.), (2). Pacific Tuna Manado Dabu-Dabu (Ayulubna Azizah), (3). Cordon Bleu with Potato Wedges & Steamed Vegetables (Pricillia Fernando) dan (4). Chicken Schnitzer with Simple Bechamel Sauce Mashed Potatoes & French Style Green Beans (Henrikus Balzano Felix Handojo).


Kreasi menu main course berikutnya (5). Prawn Bisque with Mashed Potatoes (Assifa Aulia Bathutah), (6). Grilled Rice Stuffed with Shredded Chicken in Chili Sauce & Basil, Fried Soybean & Garlic Sambal (Sakeena Daniya), (7). Chicken Mushroom Fussili with Spinach White Sauce (Fellicia), (8). Swedish Meadloaf Cupcakes with Sautee Vegetable & Mashed Potatoes (Chael Pela).

 

Untuk penampilan menu main course kelompok terakhir adalah (9). Spaghetti Alfredo with Chicken Breast (William Tirta), (10). Spicy Honey Garlic Salmon with Mashed Potatoes (Inna Morata), (11). Otak-otak Bandeng with Chili Sauce & Spinach Pot Wedges (Anette Allisa W.) dan (12). Striploin Beef with Potato Puree Peppercorns (Matahari Wildan R.). Good jobs! Bro & Sis. So cool …


Jika Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Tristar Samator (member of Tristar Group) di Gedung Graha Tristar Surabaya, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar