twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 20 Juni 2024

Melihat Aksi Heboh Gelaran Cooking Demo with Chef di Kitchen Modern Sky Suites SOHO-The Samator


Chef Yanuar Libatkan Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator saat Demo Masak Coto Makassar, Makanan Berkuah Khas Sulawesi Selatan yang Lezat

 

GELARAN Cooking Demo with Chef Yanuar Kadaryanto bertajuk Coto Makassar mendapat apresiasi dari 13 mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas A-Pagi, yang hadir di Kitchen Modern Sky Suites SOHO-Samator Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya, Rabu (19/06/2024) pagi. Demo masak yang diajarkan kepada mahasiswa tersebut materinya masih terkait dengan teknik pengolahan meat (daging).

 

”Dipilihnya menu berkuah legendaris dari Makassar (Sulawesi Selatan) dalam gelaran cooking demo kali ini karena menu spesial tersebut tidak tersaji dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa. Mereka pun kita wajibkan mengikuti gelaran demo masak tersebut di sini,” kata Chef Yanuar, sapaan akrab Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Samator (member of Tristar Group), kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, pekan lalu.

 

Seperti diketahui bahwa menu masakan tradisional asal Sulawesi Selatan ini termasuk kelompok soup yang memanfaatkan jeroan sapi berupa paru dan babat sebagai bahan masakannya berikut bumbu jangkep ala menu-menu khas Indonesian Authentic Food yang gurih dan terkenal kelezatannya.

 

Sebagai salah satu menu warisan leluhur, Coto Makassar tidak hanya eksis di Makassar (Sulawesi Selatan) saja, melainkan juga sudah lama merambah ke kota-kota besar di Indonesia termasuk Surabaya dan sekitarnya. Kelezatan soup tradisional ini sudah diakui oleh para pecinta kuliner di Tanah Air bahkan sampai manca negara.

 

Demi masak Coto Makassar (Indonesian Authentic Food) yang lezat seperti yang biasa disajikan di restoran-restoran terkenal, maka ada beberapa tahapan pekerjaan yang harus disiapkan, sejak prepare bahan masakan, kemudian memprosesnya hingga menghidangkan masakan tersebut di meja makan.

 

Tahapan pekerjaannya sendiri dimulai dengan mencuci jeroan sapi (terutama paru dan babat) sampai bersih lalu memotong paru menjadi bentuk kubus, sedangkan babatnya dipotong persegi atau jajaran genjang sesuai selera, sebelum dimasak bersama kuah bumbunya hingga tekstur paru dan babat tersebut betul-betul empuk dan masak sempurna.


Secara garis besar untuk masak Coto Makassar yang lezat, maka bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain beef entrail, fried peanut, rice water, salam leaf, kaffir leaf, ginger dan spices yang lainnya seperti shallot, garlic, coriander, cumin, candlenut, red chili, galangan dan seasoning secukupnya.

 

Sementara itu, untuk membuat Buras (lontong bersantan berbentuk persegi seperti jajan pasar Nagasari). Bahan untuk membuat Buras meliputi rice, cocomilk, pandan leaf, lemon grass, salam leaf dan salt. Selanjutnya mahasiswa diminta untuk mengukus Buras tersebut hingga matang. Durasi memasak Buras tersebut sekitar 60 menitan.

 

Buras itu sendiri disiapkan sebagai penggantinya nasi putih, ketupat atau lontong saat Coto Makassar tersebut dihidangkan di meja makan. Dengan demikian secara overall, proses memasak Coto Makassar hingga siap disajikan di meja display produk sekitar 1,5-2 jam dengan api stove (kompor induksi) kecil sampai sedang.

 

Sebelum menu Coto Makassar itu disajikan, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group itu kembali menugaskan 1-2 orang mahasiswa untuk mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar tampilannya semakin keren, elegan dan berkelas ala hidangan istimewa sebuah restoran terkenal di Surabaya. Selamat menikmati. Good jobs! Chef. The most incredible

 

Jika Anda tertarik kegiatan mahasiswa Tristar Group dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Tristar Group di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar