twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 28 Juni 2024

Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Tampil Percaya Diri Demi Sukseskan Program Entrepreneurship


Tim A Sukses Produksi 80 Paket Mochi Bites Dua Varian Rasa dan Tim B Kompak Buat 63 Paket Risoles Tiga Varian Rasa di Kitchen Graha Tristar

 


PROGRAM Entrepreneurship bagi segenap mahasiswa Pastry Art maupun Culinary Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group), kembali bergulir jelang akhir Semester I Tahun 2024. Kali ini giliran 11 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-Pagi yang tampil percaya diri demi menyukseskan program tersebut. Selama berjibaku di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, mahasiswa disupervisi langsung oleh Chef Renny Savitri M.Par bersama asistennya, Chef Gabriel Nathania AMd.Par., S.TP.

 

Oleh Chef Renny, 11 mahasiswa Pastry Art Class tersebut dibagi menjadi dua tim. Tim A dimotori Ilona Yoshua dan Tim B yang diketuai Jessy Tania, berjibaku di Cold Kitchen Graha Tristar Surabaya pada proses produksi tahap pertama, Rabu (26/06/2024) lalu.

 

Tim A dengan lima personel sudah mulai prepare di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Trostar sejak pukul 08.00 WIB, untuk memroduksi Mochi Bites kekinian dengan dua varian rasa (Mochi Chocolate dengan cocolan Cheese (Keju) dan Mochi Keju dengan cocolan Chocolate).

 

Sedangkan Tim B yang beranggota enam orang all out bekerja di Cold Kitchen Kampus A Graha Tristar sejak pukul 08.00, demi membuat kreasi Risoles masa kini dengan tiga varian rasa, yakni Risoles Egg & Mayonnaise, Risoles isi Sausage & Bolognese dan Risoles Chocolate Banana). Dua Risoles pertama berasa gurih/asin (savoury taste) dan Risoles terakhir rasanya manis (sweet taste).

 

Menurut Ketua Tim A Ilona, pihaknya bersama empat personel sepakat membuat Mochi Bites kekinian setelah presentasi proposal pada Rabu (12/06/2024) lalu dan menggelar test food pada Senin (17/06/2024) lalu, ternyata disetujui oleh dosen pembimbing. 


Saat itu Chef Renny Savitri memberikan saran dan masukan dari aspek costing (hitung-hitungan biaya produksi dengan harga jual produknya) serta tampilan kemasan (packaging)-nya juga diminta lebih eye catching agar produknya nanti lebih menjual.

 

Syukurlah setelah dipromosikan melalui layanan media sosial, WhatsApp (WA) dan Instagram (IG), respons konsumen ternyata lumayan menjanjikan. Pasalnya, dari target yang dibebankan pihak Kampus sebanyak 70 paket, ternyata Tim A mampu menjual 80 paket Mochi Bites. ”Ini benar-benar di luar ekspektasi kami,” ujar Ilona bangga.

 

Sesuai arahan dosen pembimbing, harga Mochi Bites isi 10 biji per paketnya dibandrol Rp 20.000-an, sedangkan dari hitung-hitungan biaya produksi tidak lebih dari Rp 11.000-an. Dengan demikian, pihaknya memperoleh keuntungan kotor sekitar Rp 9.000 belum dikurangi biaya belanja bahan, ongkos tenaga kerja dan sewa fasilitas kampus 10 persen dari total omzet penjualan.

 

Sementara itu semangat untuk menyukseskan gelaran Program Entrepreneurship juga ditunjukkan oleh segenap personel Tim B yang dimotori Jessy Tania. Enam personel Tim B bahu-membahu di Cold Kitchen Graha Tristar demi membuat kreasi Risoles masa kini dengan tiga varian rasa.

 

Pada proses produksi tahap pertama, pihaknya hanya sanggup menjual 63 paket Risoles dari target yang ditetapkan pihak kampus sebesar 70 paket. Untuk proses produksi tahap kedua, Rabu (10/07/2024) mendatang, Jessy bersama lima anggota Tim B akan berjuang lebih keras lagi demi mencapai target penjualan yang ditetapkan pihak Kampus. Bahkan, lanjut Jessy, kalau bisa penjualannya di atas target kampus.agar Tim B bisa memperoleh nilai A.

 

”Harga jual satu paket Risoles isi tiga varian rasa dipatok Rp 17.000, sedangkan biaya produksinya sendiri sekitar Rp 10.000-an per paketnya. Dari hitung-hitungan tersebut, maka keuntungan kotor yang kami terima sekitar Rp 7.000-an,” terang Jessy Tania, Ketua Tim B kepada kru www.sekolahmasak.info, di sela-sela kesibukannya mengemas puluhan paket Risoles, di Kitchen Patisserie Graha Tristar, pekan lalu. So cool. Good jobs! Bro & Sis

 

Jika Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar