twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 04 Juli 2024

Memotret Keseruan Gelaran Cooking Demo & Duplication di Hot Kitchen Graha Tristar Surabaya


Usung Menu Italian Style, Dua Tim Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Berhasil Duplikasi Pasta with Pesto Sauce Served with Grilled Prawn ala Hotel Berbintang


PERGELARAN Cooking Demo & Duplication with Chef Nadya Ratri Aryani, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, kembali bergulir jelang pelaksanaan final exam pertengahan Juli 2024 mendatang. Cooking demo & duplication kali ini mengusung konsep Italian Style dengan menu masakan khas bertajuk Pasta with Pesto Sauce Served with Grilled Prawn. Cooking demo & duplication yang dihadiri 11-an mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi tersebut dihelat di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (03/07/2024) pagi.

 

Konsep Italian Style yang keren tersebut diusung oleh Chef Nadya, karena terinspirasi kisah sukses menu masakan utama (main course) dari Negeri Spaghetti (Italia) yang cukup populer di kalangan pecinta kuliner di hampir segala penjuru dunia termasuk di Indonesia sendiri.

 

Pasta with Pesto Sauce Served with Grilled Prawn ini merupakan salah satu masakan khas Italia yang kelezatannya sudah teruji. Pokoknya mamamia lezatos! Menu main course ala hotel bebintang ini terasa Istimewa dengan tambahan hiasan grissini stick bread yang renyah banget saat mem-plating dan meng-garnish-nya, sehingga kesan mewahnya semakin tampak nyata.

 

Menariknya lagi, menu masakan Pasta with Pesto Sauce Served with Grilled Prawn tersebut diusung dalam gelaran cooking demo & duplication kali ini karena menu masakan spesial tersebut tidak tersedia di dalam Buku Ajar (Silabus) yang sebelumnya sudah dibagikan kepada mahasiswa.

 

Dengan mengusung konsep Italian Style, maka penyajian menu masakan Pasta with Pesto Sauce Served with Grilled Prawn tersebut di-plating dan di-garnish sekeren mungkin dan berkelas layaknya menu-menu makanan Italian Style yang berkelas di restoran terkemuka sebuah hotel berbintang.

 

Dengan konsep yang superciamik tersebut, cara penyajian Pasta with Pesto Sauce Served with Grilled Prawn pun dikemas sekeren mungkin menyesuaikan diri dengan segmen pasar menengah atas yang dibidik oleh restoran tersebut.

 

 

Demi mengefisienkan pekerjaan di hot kitchen, Chef Nadya pun melibatkan dua tim mahasiswa Culinary Art Kelas A-Pagi. Tim A dimotori Annisa beranggotakan lima mahasiswa, sedangkan Tim B diketuai Nadia beranggotakan enam mahasiswa, untuk menduplikasikan menu masakan tersebut seperti yang dicontohkannya saat cooking demo di hadapan 11-an mahasiswa yang hadir pagi itu.

 

Untuk masak Pasta with Pesto Sauce Served with Grilled Prawn yang mamamia lezatos ini, masing-masing tim, yakni Tim A dimotori Annisa dan Tim B diketuai Nadia, harus berjibaku selama 90 menitan di hot kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Keseruan aksi Tim A maupun Tim B saat berjibaku di hot kitchen pun mereka tempuh demi menyiapkan bahan-bahan untuk membuat pasta-nya, yakni tepung Cakra, egg yolk, salt & pepper dan olive oil (aduk sampai menjadi gumpalan, kalau kurang bisa tambah minyak lagi).

 

Pasta with Pesto Sauce Served with Grilled Prawn atau biasa disebut Pasta Pesto Udang Panggang adalah hidangan khas dari Italia yang sangat mudah disiapkan, namun penuh dengan rasa lezat yang kaya. Menu legendaris ini sempurna untuk hidangan makan malam bersama keluarga.

 

Sedangkan Spaghetti Bolognaise adalah sajian pasta khas Italia dengan tambahan pasta tomat, daging sapi cincang dan bumbu-bumbu lainnya. Rasa pasta bolognaise asam segar sekaligus gurih, terkadang ditambahkan keju parmesan untuk memperkuat cita rasanya. Baik Pasta with Pesto Sauce Served with & Grilled Prawn maupun Spaghetti Bolognaise termasuk dalam kelompok menu masakan legendaris dari Negeri Spaghetti tersebut.

 

Sementara itu sebelum masakan di-plating di atas piring, masing-masing tim juga diminta untuk prepare di hot kitchen demi membuat Grissini Stick Bread, roti kering khas Italia yang beraroma keju. Grissini Stick Bread ditampilkan demi mempercantik plating-an menu Pasta with Pesto Sauce Served with Grilled Prawn yang akan dihidangkan kepada pengunjung restoran.

 

Selama kalian berjibaku di Kitchen Modern Graha Tristar, saya mengapresiasi kekompakan personel dari masing-masing tim yang telah berupaya keras untuk tampil all out sejak prepare bahan, proses memasak hingga menyajikannya,” tandas Chef Nadya, saat mengevaluasi hasil kerja anak didiknya. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Divisi Marketing Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar