twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 23 Juni 2023

Dari Gelaran Master Demo Chinese Food Bersama Chef Thomas Denny di Kitchen Tristar Samator


Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas A Dikenalkan Beggar’s Chicken, Masakan Legendaris Era Dinasti Han yang Terkenal Kelezatannya

 

MAHASISWA Culinary Art Tristar Samator A Class tampil antusias demi mengikuti gelaran Master Demo Chinese Food bertajuk Beggar’s Chicken bersama Chef Thomas Denny, di Kitchen Modern 1 Tristar Samator, Sky Suites SOHO-The Samator, Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya, Rabu (21/06/2023) pagi.

 

Kepada kru www.sekolahmasak.info, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Samator (member of Tristar Group) ini tertarik mengangkat materi cooking demo bertema Beggar's Chicken karena ingin memviralkan kembali salah satu menu Chinese Food legendaris era Dinasti Han (dari Negeri Tirai Bambu Tiongkok) yang terkenal karena kelezatannya.

 

Menurut historisnya, Beggar’s Chicken ini mengisahkan seorang pengemis yang sukses mencuri seekor ayam di lingkungan istana di masa kejayaan Dinasti Han, yakni Dinasti Kekaisaran Tiongkok pada 206 Sebelum Masehi (SM)-220 Masehi (M).

 

Untuk menghilangkan jejak dari kejaran pihak istana, si pengemis lalu mengolah ayam curiannya itu dengan cara dikubur di dalam tanah. Dengan harapan bahwa polisi dari istana Dinasti Han itu tidak mengetahui kalau ayam yang dimasak tersebut adalah ayam curian!

 

Pepatah bilang bahwa sepandai-pandainya tupai meloncat, suatu ketika pasti akan jatuh juga. Dan malang pun tak dapat ditolak, boleh saja si pengemis menutup rapat ayam hasil curiannya, namun aroma sedap masakan yang keluar dari dalam tanah mengundang orang curiga, lalu melaporkannya kepada keamanan istana.

 

Akhirnya si pengemis bersama ayam yang sudah dimasak itu pun dibawa ke istana untuk dihadapkan kepada raja. Setelah tahu kenikmatan aroma ayam yang diolah pengemis tersebut, oleh sang raja akhirnya dia tidak jadi dihukum.

 

Sebaliknya, si pengemis itu diminta oleh raja agar dirinya bersedia menjadi koki (juru masak) di lingkungan istananya yang megah. Nasib pengemis malang pun sekarang berubah 180 derajat. Bak mimpi indah yang menjadi kenyataan!

 

Rahasia kelezatan Beggar’s Chicken yang melegenda itu kemudian dikenalkan Chef Thomas Denny kepada mahasiswa Culinary Art Tristar Samator A Class dalam sebuah gelaran cooking demo untuk diduplikasi dan diviralkan agar para pecinta kuliner di Surabaya dan sekitarnya bisa menikmati betapa lezatnya menu Chinese Food yang legendaris tersebut untuk jamuan makan malam bersama keluarga.

 

Sebelum cooking demo, Chef Thomas Denny juga membagikan resep Beggar’s Chicken kepada sembilan mahasiswa yang hadir pagi itu di hot kitchen Tristar Samator. Setidaknya ada tiga tahapan pekerjaan yang harus dilakoni untuk masak menu legendaris tersebut.

 

Pekerjaan tahap pertama menyiapkan satu ekor ayam pejantan utuh (whole chicken) yang sudah dibersihkan isi dalam perutnya dan banana leaf. Lalu membuat shell yang bahannya terdiri atas flour, salt, vegetable oil dan water. Semua bahan tersebut di-mix jadi satu menjadi adonan yang nantinya dipakai sebagai pembungkus ayam (cangkang) sebelum di-roasted di mesin oven.

 

Tahapan pekerjaan berikutnya menyiapkan filling-nya (inside chicken) berupa chicken breast fillet, hioko, Szechuan preserved vegetable, ginger, clove garlic, spring onion, egg (yang sudah di-boiled), soy sauce dan oyster sauce.

 

Sementara itu bahan untuk membuat seasoning-nya sendiri yang akan dilaburkan merata ke seluruh permukaan ayam (rub the chicken) meliputi salt, soy sauce, sesame oil, mushroom soy sauce, ginger, spring onion dan pepper.

 

Tahapan pekerjaan yang terakhir, sebelum di-roasted di mesin oven pada suhu 200*C selama 45 menitan, maka ayam itu dibungkus dengan alumunium foil lebih dulu baru ditutup lagi dengan adonan shell dan dibentuk layaknya seekor ayam utuh agar tampilannya semakin cantik dan menarik.

 

Setelah proses pengovenan selesai, ditandai warna shell berubah menjadi kecoklatan, lalu Beggar’s Chicken itu ditaruh pada loyang keramik dengan diberi hiasan dedaunan (di-garnish) secukupnya. Untuk membuka cangkang tersebut, harus dipukul beberapa kali agar cangkang itu pecah, baru dilanjutkan dengan membuka alumunium foil yang membungkus ayam tersebut.

 

Aroma kelezatan Beggar’s Chicken semakin menguat saat Chef Thomas dibantu seorang mahasiswa membuka sepenuhnya kedua pembungkus tersebut hingga tampak sosok Beggar’s Chicken yang superkeren tampilannya dan tentunya juga mengundang selera untuk dinikmati bersama anak didiknya. Amazing banget. Good jobs! Chef …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar