twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 14 Juni 2023

Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Tampil All Out Demi Sukseskan Program Entrepreneurship


Chef Sari Palupi Apresiasi Kerja Cerdas Tim A yang Berhasil Buat 85 Paket Kroket Kentang & Tim B Produksi 75 Paket Lumpia Semarang Tahap Pertama

 

 

DEMI menyukseskan Program Entrepreneurship Triwulan II 2023, 15 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi tampil all out di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (13/06/2023) pagi. Selama praktik Entrepreneurship, mahasiswa Pastry Art Class itu disupervisi Chef Sari Palupi agar produksi Kroket Kentang dan Lumpia Semarang oleh Tim A dan Tim B untuk tujuan komersial itu sesuai dengan ekspektasi.

 

Proses produksi pada Tahap Pertama, Selasa (13/06/2023), Tim A (Sabrina Della O., cs) berhasil membuat 85-an paket Kroket Kentang (dengan dua varian rasa, yakni rogut original dan curry).  Kroket Kentang tersebut rasanya gurih (savoury taste).



Sedangkan Tim B (Yudha Sahara dkk) sukses memproduksi 75-an paket Lumpia Semarang sekaligus mendistribusikannya kepada pelanggan yang telah memesannya melalui layanan media sosial seperti WhatsApp (WA), Facebook, Twitter maupun Direct Selling yang dibuka sejak H-7 lalu.

 

Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi Chef Sari Palupi pun mengapresiasi kerja cerdas masing-masing tim yang tampil all out ketika bekerja di cold kitchen Lantai 2 Graha Tristar, demi suksesnya Program Entrepreneurship tersebut.

 

Proses produksi dua kreasi produk pastry kekinian itu dilakoni 15 mahasiswa dalam dua tahapan. Proses produksi oleh Tim A dan B pada Tahap Pertama dihelat di cold kitchen kampus, Selasa (13/06/2023) lalu. Sedangkan proses produksi oleh kedua tim pada Tahap Kedua baru dilaksanakan sepekan kemudian tepatnya pada Rabu (21/06/2023) mendatang.

 

Selama proses produksi pada Tahap Pertama, Tim A sukses membuat 85-an paket Kroket Kentang, di mana setiap paketnya berisi empat buah Kroket Kentang dengan dua varian rasa. Harga jualnya dibandrol Rp 20.000,00 per paketnya. ”Kerja cerdas tujuh  personel Tim A tidak sia-sia karena terbayar lunas dengan penjualannya laku keras alias sold out,” terang Sabrina, Ketua Tim A kepada kru www.sekolahmasak.com di cold kitchen Graha Tristar Surabaya, kemarin.

 

Untuk mempercepat sold out 85-an paket yang dibuat Tim A, pihaknya menerapkan target penjualan secara individual. Jika Tim A beranggota tujuh orang, maka setiap anggotanya dibebani tugas untuk menjual minimal 10-12 paket Kroket Kentang. ”Terobosan ini terbukti ampuh karena 85-an paket tersebut telah sold out dari target minimal 71 paket,” tandasnya.

 

Modal awal untuk menyukseskan program ini, pihaknya urunan @ Rp 150.000,00 sehingga terkumpul Rp 1.050.000,00. Dari modal tersebut, pihaknya melakukan Presentasi Proposal dan Food Test di hadapan dosen pembimbing dan selanjutnya baru disetujui untuk memproduksinya dalam skala usaha komersial ala home industrial.

 

”Untuk memproduksi satu paket Kroket Kentang, maka harga pokok produksi (HPP)-nya tidak lebih dari Rp 12.000,00-an, sedangkan pendapatan kotornya sekitar Rp 8.000,00. Setelah dikurangi ongkos tenaga kerja, transport belanja, sewa kitchen kepada pihak kampus, packaging berikut pernak-perniknya, maka keuntungan bersih kami sekitar 50 persenan. Hitung-hitungan itu sudah cukup lumayanlah bagi pemula,” tandasnya.

 

Tidak mau kalah dengan koleganya, maka delapan personel dari Tim B yang dimotori Yudha Sahara juga tampil penuh semangat saat berjibaku di cold kitchen Graha Tristar, demi membuat 75-an paket Lumpia Semarang (savoury taste) pada proses produksi Tahap Pertama, kemarin. Oleh pihak Kampus, Tim B juga dibebani target menjual produknya minimal 71 paket.

 

Masing-masing anggota tim (delapan orang mahasiswa) pun getol menawarkan produk unggulannya tersebut kepada pelanggan melalui layanan media sosial seperti WhatsApp (WA), Facebook, Twitter maupun Dirrect Selling. Tujuannya untuk mempercepatan penjualan sehingga semua produk yang dibuat bisa terserap pasar seluruhnya. Sold out!

 

Diakui Yudha Sahara, jika teknik menjual melalui media sosial saat ini sangat efektif namun perlu kegigihan dari masing-masing personel untuk bisa meyakinkan kepada pelanggan bahwa Lumpia Semarang yang dibuat timnya betul betul istimewa dan layak jual, sekalipun harga per paketnya (hanya berisi tiga buah Lumpia lengkap dengan sauce dan daun bawang segar) cukup bersahabat di kantong karena hanya dipatok Rp 15.000,00.

 

Sementara itu Chef Sari Palupi menambahkan, tema utama dari Program Entrepreneurship ini adalah menampilkan aneka kreasi Kroket Kentang dan Lumpia Semarang (Traditional Snack Creations) dengan tampilan kekinian. Masing-masing tim bebas berkreasi demi menghasilkan produk pastry yang terbaik. Inilah tantangan yang harus dihadapi pebisnis yang baru merintis usaha di bidang Patisserie.



”Sebelum Program Entrepreneurship itu berjalan sesuai ekspektasi, baik Tim A maupun Tim B sudah saya bekali ilmu cara menghitung biaya (food costing) agar dalam perjalanannya bisa meraih untung dan berhasil memenuhi target penjualan yang ditetapkan,” pungkasnya. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar