twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 19 Juni 2023

Melihat Keseruan Aksi Cooking Battle Menu Oriental Cuisines Bersama Chef Thomas Denny


Dari Kitchen Modern Graha Tristar, Dua Tim Mahasiswa Culinary Art Tampilkan Mapo Tofu dan Mun Tofu, Dua Menu Chinese Food Populer yang Lezat

 

DOSEN Pengajar Culinary Art Tristar Group Thomas Denny menggelar Cooking Battle dua menu Oriental Cuisines, yakni Mapo Tofu dan Mun Tofu. Praktik masak hari ketujuh itu diikuti dua tim mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, dihelat di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (13/06/2023), pekan lalu.

 

Demi menyukseskan gelaran Cooking Battle tersebut, Chef Thomas pun langsung membagi dua tim dari tujuh mahasiswa yang hadir pagi. Tim A maupun Tim B diminta all out saat berjibaku selama 90 menit (1,5 jam) di hot kitchen, demi menampilkan dua menu Chinese Food yang cukup populer di Indonesia tersebut.

 

Menurut Chef Thomas, praktik masak Oriental Cuisines tersebut merupakan bagian dari pembelajaran kepada mahasiswa Culinary Art Class seputar teknik memasak aneka menu makanan khas Oriental yang citarasa dan teksturnya berbeda banget dengan masakan ala Western Cuisines.

 

Dalam 10 kali pertemuan, sejak pekan pertama hingga pekan ketiga Juni 2023, mahasiswa Culinary Art Class diajarkan teknik masak 20 menu masakan Oriental Cuisines yang akrab di lidah orang Indonesia.

 

Pelajaran pengolahan makanan Oriental Cuisines (Chinese Food) ini merupakan aplikasi dari teknik-teknik memasak, di antaranya grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan banyak lagi. Mahasiswa juga diperkenalkan terhadap berbagai macam makanan khas yang berasal dari Negeri Tirai Bambu (Tiongkok).

 

Selama gelaran Cooking Battle di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya tersebut, baik Tim A maupun Tim B tampil all out demi menampilkan Mapo Tofu dan Mun Tofu yang bercita rasa lezat sesuai standar industri perhotelan.

 

Untuk masak Mapo Tofu, misalnya, bahan masakan yang dibutuhkan masing-masing tim meliputi ground beef, garlic oil (take with garlic), Shaoxing wine, soy sauce, minced ginger, fermented soy beans, chopped spring onion, chili oil, ngohyong, firm tofu dan red chili.

 

Sedangkan bahan masakan untuk membuat Mun Tofu terdiri atas ground beef, garlic oil (take with garlic), Shaoxing wine, soy sauce, minced ginger, fermented soy beans, chopped spring onion, celery stalk, ngohyong, firm tofu dan red chili.

 

Setelah berjibaku selama 90 menitan di hot kitchen Graha Tristar Surabaya dengan disupervisi langsung oleh Chef Thomas Denny, baik Tim A maupun Tim B dengan penuh percaya diri menampilkan dua kreasi masakannya di atas meja display produk untuk didokumentasikan lebih dahulu oleh Tim Multimedia Tristar Group, sebelum dievaluasi dan dikritisi dosen pengajar.



Penilaian tersebut meliputi tiga aspek yakni cita rasa (taste), tampilan dan kreativitas (plating & creativity) serta tekstur (texture), sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

”Setelah saya perhatikan dari ketiga aspek tersebut, masing-masing tim sudah menunjukkan kinerjanya yang luar biasa. Hasil kreasi masakannya sudah sesuai ekspektasi. Saya kasih nilai 85 kepada Tim A maupun Tim B. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations,” pungkasnya.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar