twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 15 Juni 2023

Asyiknya Mahasiswa Praktik Masak Oriental Cuisines Bersama Chef Nadya Ratri Aryani


Kerennya Tampilan Chicken Porridge, Egg Flower Soup dan Sapo Tofu, Tiga Menu Masakan Chinese Food Kreasi Mahasiswa Culinary Art 



GILIRAN Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes yang bertugas mendampingi mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi untuk berbagi ilmu seputar teknik masak tiga menu Chinese Food, yakni Chicken Porridge, Egg Flower Soup dan Sapo Tofu yang hao se alias enak banget. Praktik masak Oriental Cuisines pada tatap muka hari keenam, Selasa (13/06/2023) pagi itu dihelat di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Sekitar 12-an mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu tetap dibagi dalam tiga tim, masing-masing tim beranggotakan empat orang. Setiap tim kebagian tugas masak satu menu masakan Oriental Cuisines. Tim A masak Chicken Porridge, Tim B membuat Egg Flower Soup dan Tim C kebagian job masak Sapo Tofu yang lezat.

 

Hasil kreasi masakah yang sudah di-plating sekeren mungkin itu kemudian di-display di atas meja penilaian untuk dievaluasi sekaligus dikritisi Chef Nadya Ratri Aryani dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasanya. Kreasi masakan tiga tim itu pun diapresiasi dosen pengajar karena tampilan, tekstur dan cita rasanya sesuai ekspektasi.

 

Baik Tim A, Tim B maupun Tim C sama-sama tampil all out di hot kitchen Graha Tristar Surabaya, saat memasak Chicken Porridge (Bubur Ayam), Egg Flower Soup dan Sapo Tofu sesuai jobs-nya masing-masing.

 

Empat personel Tim A antusias masak menu pertama yakni membuat Chicken Porridge. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur ayam istimewa (topping-nya dilengkapi irisan telur bebek hasil fermentasi) ini terdiri atas rice dan chicken stock di-cook yang soft, lalu ditambahkan salt, vetsin dan sesame oil secukupnya.

 

Sedangkan chicken breast-nya di-boil dan diberi seasoning, bitan (di-steam sekitar tiga menitan), wedges, wonton skin (di-dice lalu di-fry), tong jae, spring onion (di-slice), dan cakwee-nya juga di-slice.

 

Selanjutnya Tim B yang beranggotakan empat orang mahasiswa berjibaku di hot kitchen demi masak Egg Flower Soup. Bahan untuk masak sup istimewa ini adalah tomato (di-dice lebih dulu), soy sauce dan chicken stock di-reheat, egg, spring onion (sudah di-slice), baru ditambahkan salt, pepper, sugar dan vetsin secukupnya.

 

Sementara itu Tim C yang anggotanya juga sebanyak empat mahasiswa, mendapat tugas untuk masak menu terakhir, Sapo Tofu. Mereka pun tampil all out selama bekerja di hot kitchen Graha Tristar Surabaya. Selama praktik Chef Nadya terus mendampingi anak didiknya agar hasil kreasi masakannya nanti benar-benar sesuai ekspektasi.

 

Bahan-bahan yang disiapkan meliputi tofu (di-cut menjadi delapan bagian), carrot (di-cut menjadi bentuk bunga), hioko mushroom (di-boil lebih dulu baru di-slice), ginger (di-crushed), pok choy (di-cut to half lalu di-blanch) dan garlic-nya sendiri juga di-slice lalu di-sautee.

 

Sedangkan bahan yang lain seperti oyster sauce, soy sauce, chicken stock, chicken breast (diiris model julienne) juga dimasukkan bersama bahan-bahan sebelumnya, lalu Anda tambahkan salt, pepper, sugar, vetsin dan maizena secukupnya agar kuahnya mengental. Tunggu beberapa menit sampai Sapo Tofu tersebut masak sempurna baru masakan tersebut diangkat.

 

Setelah semua pekerjaan tuntas, masing-masing tim dipersilakan mem-plating dan meng-garnish hasil kreasi masakan Chinese Food tersebut lalu menghidangkannya ala hidangan mewah dan berkelas layaknya di restoran terkemuka atau hotel-hotel berbintang.

 

Tiga menu makanan Oriental Cuisines yang sudah di-display di atas meja kerja lalu didokumentasikan lebih dulu oleh tim Multimedia Tristar Group, sebelum dievaluasi langsung oleh Chef Nadya Ratri Aryani. So cool. Good jobs! Bro & Sis …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar