twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 06 Juni 2023

Melihat Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Skill Training with Chef di Kitchen Patisserie Graha Tristar


Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 dan A-2 Pagi Tampil Percaya Diri Demi Buat Chocolate Modeling Decoration & Chocolate Ornament


PADA Senin (05/06/2023) pagi, sekitar 25-an orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit dari Kelas A-1 dan A-2 Pagi tampil secara terpisah untuk diajarkan materi praktik Skill Training bertajuk Chocolate Modeling Decoration & Chocolate Ornament for Cakes. Selama praktik Skill Training, mahasiswa disupervisi langsung oleh dua orang Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Sari Palupi dan Chef Renny Savitri, di Kitchen Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Pada pertemuan pagi itu, 15 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi praktik Skill Training bersama Chef Sari Palupi. Sedangkan Chef Renny Savitri fokus mendampingi mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi belajar Skill Training demi membuat Chocolate Modeling Decoration & Chocolate Ornament nan cantik dan berkelas.


Demi membuat Chocolate Modeling Decoration berupa Bunga Merekah (Blooming Flowers), setiap tim diberikan bahan berupa dark chocolate compound (DCC) @ 250 gram, 125 gram air panas dan 35-40 gram glucose untuk dilelehkan sebentar lalu dilembutkan dengan tangan sampai merata. Barulah adonan coklat tersebut dibentuk layaknya tumpukan kelopak Bunga Mawar (Rose Flowers) yang sedang merekah.


Menurut Chef Upi, sapaan akrab Chef Sari Palupi, untuk memberi tampilan mewah pada tumpukan kelopak Bunga Mawar (Rose Flowers) yang sedang merekah, setiap tim dipersilakan untuk memanfaatkan cluster dust (warna gold atau silver), agar tampilan kreasi cake-nya nanti semakin keren dan elegan. Cluster dust itu sendiri bisa dikonsumsi (edible).


”Selain Dark Chocolate Compound (DCC), mahasiswa juga bisa memanfaatkan White Chocolate Compound (WCC) untuk membuat berbagai kreasi Chocolate Ornament. Itu juga saya praktikkan di hadapan mahasiswa,” terang Chef Renny Savitri secara terpisah, Senin (05/06/2023) pagi.


Sementara itu untuk praktik membuat Chocolate Ornament lima tim (masing-masing beranggotakan lima orang baik dari mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 dan Kelas A-2 Pagi) disediakan @ 200 gram DCC. Coklat itu ditaruh di dalam bowl lalu dipanaskan dengan api kecil. Setelah coklat itu meleleh baru dimasukkan ke dalam plastik segitiga yang salah satu ujungnya yang rucing digunting sedikit guna membuat berbagai kreasi Chocolate Ornament yang cantik dan menarik.


Selama praktik membuat Chocolate Ornament tersebut, mahasiswa diajarkan membuat 15-18 kreasi, mulai melody, flower, spring, leaf, stick, roll, pagar, kipas, cigar, curly, ball, swirl hingga butterfly. Mahasiswa yang tidak membawa seal pad sendiri dari rumah, bisa memanfaatkan kertas kue (cake paper) saat membuat kreasi Chocolate Ornament tersebut.


Sedangkan penggunaan plastik transparan bergambar seperti sticker (chocolate release), untuk memberi tampilan spesial pada coklat yang sebelumnya telah dituangkan ke permukaan sticker tersebut. Coklat yang sudah mulai mengering di atas permukaan sticker tersebut, lalu dipotong segitiga atau dicetak dengan cetakan bulat atau model bulan sabit.


Sticker yang masih menempel di atas permukaan coklat berbentuk segitiga atau bulat itu lalu diambil pelan-pelan agar motif gambarnya (berwarna biru) tetap melekat kuat di atas permukaan coklat. Jadilah Chocolate Ornament yang keren!


Setelah semua pekerjaan di cold kitchen itu rampung, lalu hasil kreasi Chocolate Ornament dari masing-masing tim di-display di meja untuk dievaluasi oleh dosen pembimbing. Sebagai pembanding sejauh mana hasil kerja anak didiknya, maka kreasi Chocolate Ornament setiap tim disandingkan dengan hasil kreasinya dosen. Good jobs! Bro & Sis. So cool


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit (member of Tristar Group) di Kitchen Patisserie Graha Tristar, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar