twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 25 Juni 2023

Melihat Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Masak Chinese Food Bersama Chef Antoni Clearius


Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Persembahkan Angshio Tofu, Stir Fried Bean Sprouts with Salted Fish, Mapo Tofu dan Salt & Pepper Squid, Empat Menu Chinese Food ala Mandarin Restaurant


MAHASISWA Culinary Art Tristar Samator B Class dengan bangga mempersembahkan empat kreasi masakan Chinese Food ala Mandarin Restaurant, Angshio Tofu, Stir Fried Bean Sprouts with Salted Egg, Mapo Tofu dan Salt & Pepper Squid yang tasty & deliciously, seusai praktik di Kitchen Modern Tristar Samator Sky Suites SOHO-The Samator Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya, Rabu (23106/2023), pekan lalu.

 

Dari sembilan mahasiswa Culinary Art Tristar Samator B Class yang hadir pagi itu, masing-masing personel kebagian tugas masak dua menu Chinese Food. Pilihan yang disodorkan Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, Chef Antoni Clearius AMd.Par adalah empat mahasiswa ditugaskan masak Angshio Tofu dan Stir Fried Bean Sprouts with Salted Fish secara individual.

 

”Sedangkan lima mahasiswa lainnya mendapat job untuk masak Mapo Tofu dan Salt & Pepper Squid juga secara individual sesuai standar di industri perhotelan agar hasil kreasi masakannya nanti sesuai ekspektasi,” terang Chef Anton, sapaan akrab Antoni Clearius kepada kru www.sekolahmasak.info, pekan lalu, di ruang kerjanya.

 

Dari pembagian tugas tersebut, maka setiap individu mahasiswa pun dengan sigap langsung berjibaku di hot kitchen demi masak Chinese Food seperti yang tersaji dalam Buku Ajar (Silabus) materi praktik masak Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator.

 

Untuk masak Angshio Tofu, bahan masakan yang dibutuhkan adalah tofu, carrot, hioko mushroom, ginger, pok choy, garlic, oyster sauce, soy sauce, chicken stock (kaldu ayam), chicken breast (dipotong small dice), salt, pepper, sugar, vetsin dan tambahkan maizena + water secukupnya agar kuahnya sedikit mengental.

 

Selanjutnya menu masakan yang dibuat mahasiswa adalah Stir Fried Bean Sprouts with Salted Fish. Untuk masak menu yang satu ini, maka bahan yang diperlukan antara lain bean sprouts, salted fish (dipotong brunoise lalu di-fried), garlic (di-chop), spring onion (di-slice @ 3 cm), red chili (di-slice), superior soy sauce, salt, pepper dan sugar.

 

Sementara itu demi masak Mapo Tofu, maka bahan masakan yang dibutuhkan meliputi garlic (di-chop), ginger (juga di-chop), ground chicken, firm tofu, Sichuan peppercorn, water, hot bean sauce, soy sauce, salt, sugar, cornstarch + water, sesame oil dan green onion (di-slice untuk garnish-nya).

 

Sedangkan bahan masakan untuk membuat Salt & Pepper Squid adalah squid (dibersihkan lebih dulu baru di-slice), lalu membuat flour mix yang bahannya terdiri dari flour, baking soda, cornstarch dan salt.

 

Squid (cumi-cumi) itu dimasukkan dalam flour mix dan diaduk hingga merata kemudian di-fry bersama dengan seasoning-nya yang berupa clove garlic (di-chop), green onion (di-slice), hot chili (juga di-slice), five spice powder, blackpepper dan jangan lupa tambahkan juga salt & pepper secukupnya.

 

Pelajaran pengolahan makanan Chinese Food ini merupakan aplikasi dari teknik-teknik memasak, di antaranya grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan banyak lagi. Mahasiswa juga diperkenalkan terhadap berbagai macam makanan khas yang berasal dari Negeri Tirai Bambu (Tiongkok).

 

Setelah berjibaku selama 90 menitan di hot kitchen Tristar Samator, setiap individu mahasiswa dengan penuh percaya diri menampilkan dua kreasi masakannya untuk di-display di atas meja. Selanjutnya empat menu masakan Chinese Food tersebut didokumentasikan lebih dahulu oleh Tim Multimedia Tristar Group, sebelum dievaluasi dosen pembimbing.

 

Penilaian tersebut meliputi tiga aspek yakni cita rasa (taste), tampilan dan kreativitas (plating & creativity) serta tekstur (texture), sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

”Setelah saya perhatikan dari ketiga aspek tersebut, masing-masing individu mahasiswa sudah menunjukkan performance yang luar biasa banget. Hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art B Class secara overall sudah sesuai ekspektasi,” tandas Chef Antoni Clearius. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar