twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 18 Juni 2023

Hebohnya Buat Kreasi Meatballs Kekinian di Kitchen Food University Indonesia Bersama Chef Vivi Liong


Dari Hands on Group Practices, Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Persembahkan Blooming Fried Chicken Meatballs, Snack Kekinian nan Gurih

  

DOSEN Pengajar Pastry Art Tristar Group, Chef Vivi Liong kembali menghelat Hands on Group Practices, di Kitchen Modern 1, Lantai 1 Food University Indonesia (FUI) Tristar Manyar Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Kamis (15/06/20230 pagi. Oleh Chef Vivi, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A dan B Class, diajarkan teknik membuat Blooming Fried Chicken Meatballs (Premium) dan Blooming Fried Meadballs (Economic), snack kekinian yang berasa gurih (savoury taste).

 

Tampilan Blooming Fried Chicken Meatballs dan Blooming Fried Meatballs layaknya pentol (bakso) merekah (mekrok, Bahasa Jawa), Untuk membedakan antara meatballs premium dan yang ekonomis, selain dari sisi ukuran, juga cita rasanya karena bahan untuk membuat meatballs premium menggunakan daging ayam sedangkan yang ekonomis tanpa daging ayam hanya olahan tepung yang dibumbui.

 

Di sejumlah outlet Blooming Fried Chicken Meatballs dan Blooming Fried Meatballs di kawasan Surabaya dan sekitarnya, kreasi camilan kekinian ini dikemas dalam kantong kertas, sehingga tampilannya semakin cantik dan menarik. Setiap paketnya berisi 4-5 buah meatballs. Untuk meatballs premium (ukurannya 45-50 gram per butirnya) dipatok sekitar Rp 30.000-an, sedangkan yang ekonomis (ukurannya 25 gram per butirnya) sekitar Rp 10.000-an.

 

Sementara itu kalau Anda ingin mengkreasi meatballs premium dengan bahan lain di luar daging ayam, juga tidak masalah. Daging ayam (chicken) bisa disubstitusi dengan bahan yang lain, misalnya dengan memanfaatkan daging sapi atau ikan (tenggiri, tuna, lele atau ikan gabus). Terobosan ini bertujuan untuk menambah varian produk meatballs demi memenuhi selera konsumen dan permintaan pasar.

 

Dalam gelaran Hands on Group Practices di Kitchen Modern 1 Lantai 1 Food University Indonesia, Kamis (15/06/2023) pagi, Chef Vivi melibatkan 15 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A Class (dibagi menjadi dua tim) demi membuat Blooming Fried Chicken Meatballs (premium) dan Meatballs Fried Meatballs (ekonomis).

 

Sementara itu pada pertemuan keesokan harinya, tepatnya Jumat (16/06/2023) pagi, giliran 15 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar B Class (juga dibagi menjadi dua tim) yang dibekali Chef Vivi seputar cara membuat Blooming Fried Chicken Meatballs (premium) dan Blooming Fried Meatballs (ekonomis) nan keren tampilannya.

 

Baik mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A Class maupun mahasiswa Pastry Art B Class, tampil antusias saat praktik membuat Blooming Fried Chicken Meatballs (premium) dan Blooming Fried Meatballs (ekonomis), mulai dari A (prepare bahan) sampai Z (mem-plating dan meng-garnish) di meja display produk, bersama Chef Vivi di Cold Kitchen Tristar Manyar Surabaya.

 

Demi membuat Blooming Fried Chicken Meatballs (premium) sesuai standar industri, maka bahan masakan yang dibutuhkan Tim A terdiri dari (1). Ingredient A meliputi chicken fillet (potong small cube), fried garlic, fried shallot, soy sauce, sesame oil, chicken powder, pepper, nutmeg, sugar, baking powder dan baking soda lalu semua bahan di-blend dengan mesin Food Processor. Selanjutnya masukkan egg (enam butir) dan ice cube, kemudian di-blend lagi sampai halus (smooth).

 

Sedangkan (2). Ingredient B meliputi tapioca flour dan corn starch. Jika semuanya pekerjaan sudah siap, saatnya dilakukan proses penggorengan dengan memanfaatkan cooking oil.

 

Giliran selanjutnya adalah Tim B yang ditugasi Chef Vivi membuat Blooming Fried Meatballs (ekonomis). Bahan starter untuk membuat meatballs ekonomis terdiri dari all purpose flour instant, SB flour, garlic powder, beef powder, totole dan water, aduk hingga jadi adonan sampai rata lalu masak di dalam satu wadah. Selanjutnya tambahkan ingredient berupa tapioca flour dan egg (15 butir).

 

Adonan yang sudah jadi kemudian dibentuk bulat seukuran bola ping-pong dengan berat rata-rata 25 gram per butirnya. Sebelum meatballs ekonomis tersebut digoreng di atas minyak panas sampai matang, di-treatment lebih dulu dengan cara di-boiling dalam water dan vegetable oil. Setelah itu meatballs lalu diangkat dan ditaruh dalam loyang untuk ditaburi SB flour sebagai dusting-nya.

 

”Agar hasilnya nanti bisa merekah saat proses penggorengan, maka meatballs premium maupun yang ekonomis itu salah satu ujungnya diiris sekitar 1-2 centimeter atau diguting bentuk plus,” kata Chef Vivi memberikan tips kepada anak didiknya.


Terakhir, perwakilan dari Tim A maupun Tim B diberi tugas membuat Chili Sauce. Untuk membuat sauce-nya, maka ingredients yang dibutuhkan meliputi chili (di-boil lebih dulu), garlic (juga di-boil lebih dulu), water, chili sauce, tomato sauce dan aren sugar.

 

Selanjutnya semua bahan tersebut di-blend sampai halus lalu di-cook. Selama proses memasak chili sauce, tambahkan juga water, salt, totole, sugar, tamarind, hot water, corn starch dan water. Setelah masak lalu angkat chili sauce yang sudah tampak mengental.

 

Sementara itu untuk proses finishing-nya sendiri, Chef Vivi menugaskan seorang mahasiswi mem-plating dan meng-garnish-nya, agar tampilan meatballs tersebut semakin keren dan berkelas, ketika snack kekinian itu disajikan di atas meja display produk. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar