twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 18 Juni 2023

Memotret Aksi Ciamik Mahasiswa Buat Cupcakes & Muffin Bersama Chef Ita Suhervin


Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Antusias Buat 10 Kreasi Cupcakes dan Muffin Kekinian ala Hotel Berbintang


SELAMA sepekan dengan lima kali tatap muka, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group Chef Ita Suhervin S.Pd., M.MPar sharing ilmu seputar cara membuat 10 kreasi Cupcakes & Muffin kekinian kepada mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A dan Kelas B. Praktik hari pertama, Kamis (15/06/2023) pagi, yang melibatkan 15 mahasiswa Tristar Manyar Kelas B dihelat di Kitchen Modern 2, Lantai 2 Food University Surabaya.


Sebelum praktik di cold kitchen kampus, Chef Ita lebih dulu membekali secara teori seputar Cupcakes & Muffin kepada anak didiknya. Cupcakes merupakan salah satu dessert yang teksturnya cenderung lebih spongie, ringan dengan hiasan aneka topping dari butter cream dan frosting.


Sedangkan Muffin, lanjut Chef Ita, teksturnya lebih padat dan berat daripada cupcakes. Tampilan muffin biasanya tanpa dihias dengan aneka topping karena topping-nya sesuai isian yang sudah di-mixed jadi satu dalam adonan. Muffin lebih cocok untuk sajian breakfast di hotel-hotel berbintang karena sifatnya yang mengenyangkan.


Pada pertemuan hari pertama, Kamis (15/06/2023) pagi, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar diajarkan Chef Ita Suhervin bersama asistennya Gabriel Nathania AMd.Par., cara membuat dua kreasi cupcakes kekinian, yakni Flower Cupcake dan Succulent Cupcake yang cantik dan berkelas.


Dari 15 mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu, sebanyak tujuh mahasiswa ditugasi membuat kreasi Flower Cupcakes secara individual, sedangkan delapan mahasiswa lainnya diminta Chef Ita membuat kreasi Succulent Cupcake. Untuk topping-nya sendiri menggunakan butter cream (Succulent Cupcake) dan frosting (Flower Cupcake).


Antusiasme setiap individu mahasiswa saat praktik membuat dua kreasi cupcakes pun patut diacungi jempol karena mereka tampil all out demi mempersembahkan tampilan Flower Cupcake dan Succulent Cupcake terbaiknya di hadapan dosen yang dengan telatennya mendampingi mahasiswa berjibaku di cold kitchen.


Untuk membuat Flower Cupcake, misalnya, maka tahapan pekerjaan yang dilakoni adalah membuat adonan vanilla cupcake. Resep untuk membuat adonan tersebut meliputi margarine, butter, icing sugar, vanilla paste, rum paste, egg, cake flour (cap kunci), dan baking powder, sedangkan untuk filling berupa cream cheese sweet MEG.


Selanjutnya untuk membuat butter cream, maka bahan yang dibutuhkan adalah butter, white margarine, condensed milk, vanilla paste dan icing sugar. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan bahan lain seperti plastic icing, pewarna makanan (red, yellow and green color) dan muffin cup.


”Sebelum dua kreasi cupcakes itu dihias, maka adonan cupcakes dalam muffin cup (lalu ditata dalam loyang muffin tin) itu di-bake lebih dulu pada suhu 180*C selama 25 menitan,” terang Chef Ita di hadapan anak didiknya.


Selain membuat Flower Cupcake dan Succulent Cupcake, Chef Ita Suhervin bersama asistennya juga mengajarkan cara membuat delapan kreasi Cupcakes & Muffin kekinian yang keren.


Delapan kreasi Cupcakes & Muffin kekinian tersebut adalah Banana Muffin, Corn Cheese Muffin, Peanut Strawberry Muffin, Raisin Cheese Muffin, Polar Bear Cupcake, Cookies Monster Cupcake, Chocolate Lave Cake dan Coffee Hokaido Cupcake. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar