twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 10 Juli 2023

Keseruan Mahasiswa Pastry Art Tristar Semarang Praktik Showpiece Cakes Bersama Chef Mei


Wow! Kerennya Kreasi Wedding Cake Decorations, Petit Four dan Hot & Cold Pudding Art Persembahan Mahasiswa Pastry Art Class Tristar Semarang



DOSEN Pengajar Pastry Art Tristar Group, Chef Dwi Mei Retnowati, selama tiga pekan, terhitung mulai 05 Juni 2023 hingga 24 Juni 2023 lalu, ditugaskan ke Kota Atlas (Semarang) untuk memberikan sejumlah materi praktik Patisserie mulai Showpiece Cakes, Petit Four dan Hot & Cold Pudding Art kekinian yang keren kepada mahasiswa Pastry Art Class Tristar Semarang.

 

Di sekolah masak yang berkampus di Metro Sport Center Jl. MT Hariyono, Semarang, Chef Mei, sapaan akrabnya, sudah tidak asing lagi di hadapan mahasiswa Pastry Art Class Tristar Semarang, karena sebagai dosen terbang sering bergantian posisi mengajar dengan dosen lain yang berada di bawah jaringan kampus Tristar Group.



Pada pekan pertama, Chef Mei mengajarkan anak didiknya Showpiece Cakes dengan tampilan kekinian yang keren. Dari 26 mahasiswa Pastry Art Tristar Semarang Kelas A dan Kelas B, dibagi dalam empat tim, yakni Tim A, B, C dan D. Masing-masing tim itu beranggotakan 6-7 mahasiswa.


Masing-masing tim berjibaku di cold kitchen Tristar Semarang (member of Tristar Group) demi membuat Showpiece Cakes yang keren. Mereka rata-rata mengangkat tema Wedding Cake Decorations yang bernuasa Western Style.


Sebelum praktik, Chef Mei lebih dulu mengajarkan anak didiknya bagaimana cara meng-cover cake dengan plastic icing (fondant) yang betul. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan cara membuat aneka ornament (hiasan) untuk Showpiece Cakes dari White Chocolate Compound (WCC) dan Dark Chocolate Compound (DCC).


Mahasiswa juga dipersilakan untuk menambahkan pernak-pernik pendukung demi menitikberatkan bahwa Wedding Cake Decorations yang dibuat oleh masing-masing tim itu hasilnya sesuai dengan ekspektasi. Bahkan tampilannya pun semakin amazing!


Keseruan aksi mahasiswa semakin tampak saat masing-masing tim antusias menghias Showpiece Cakes pada hari terakhir, sebelum hasil kreasi terbaik dari masing-masing tim tersebut di-display di meja untuk dinilai dan dikritisi oleh dosen pembimbing.


”Saya mengapresiasi banget kerja all out yang ditunjukkan oleh masing-masing tim selama sepekan berjibaku di cold kitchen demi mempersembahkan empat kreasi  Showpiece Cakes yang keren sesuai standar industri perhotelan,” terang Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, pekan lalu.


Selanjutnya pada pertemuan pekan kedua, Chef Mei giliran berbagi ilmu cara membuat enam kreasi Petit Four kekinian nan cantik dan elegan. Pada tatap muka hari pertama, mahasiswa praktik membuat tiga kreasi Petit Four yakni Éclair, Choux Cup dan Choux Roll.


Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Chef Mei mengajarkan cara membuat tiga kreasi Petit Four yang berbeda dari sebelumnya, yakni Pandan Layer Cake, Steamed Brownies dan Butterfly Pea Mousse in Glass.


Sesuai Buku Ajar (Silabus), mereka diajarkan membuat enam kreasi Petit Four kekinian yang keren dan berkelas. Praktik membuat aneka kreasi Petit Four yang cantik dan keren tersebut dikuti 26 orang mahasiswa Pastry Art dari Kelas A dan Kelas B.


”Aneka kreasi Petit Four yang saya ajarkan ini ukurannya dibuat agak mungil, rapi dan detail hiasannya pun tampak glowing agar tampilannya semakin cantik dan berkelas,” kata Chef Dwi Mei Retnowati.


Sementara itu pada pertemuan pekan ketiga (terakhir), Chef Mei mengajarkan materi Hot & Cold Pudding Art kepada mahasiswa Pastry Art Class Tristar Semarang. Pada tatap muka hari pertama, mahasiswa diajarkan teknik membuat tiga kreasi Hot & Cold Pudding Art yakni Pannacota with Fruit Sauce, Moss Pudding dan Crème Brule.


Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Chef Mei kembali mendampingi anak didiknya membuat tiga kreasi Hot & Cold Pudding Art yang berbeda dari hari pertama, yakni Bread & Butter Pudding, Klappertart dan Chocolate Souffle yang elegan dan berkelas. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations


Anda tertarik menjadi mahasiswa Pastry Art Class Tristar Semarang (member of Tristar Group), silakan menghubungi Tim Marketing Tristar Group, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar