twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 31 Juli 2023

Asyiknya Mahasiswa Belajar Cara Pengolahan Bread Bersama Chef Renny Savitri di Graha Tristar


Dari Kitchen Graha Tristar, Mahasiswa Baru Pastry Art Class Tampilkan Koledna Pitka, Khacapuri dan Kaiser Choco Roll, Tiga Kreasi Bread Kekinian


MAHASISWA BARU Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari disupervisi langsung oleh Chef Renny Savitri, tampil antusias demi membuat 10 kreasi bread kekinian nan keren selama empat kali tatap muka, di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Pada pertemuan hari ketiga, Senin (31/07/2023), pagi, Chef Renny bersama asistennya, Grabriel Nathania AMd.Par., S.TP, mengajarkan 10 anak didiknya yang hadir pagi itu seputar cara membuat tiga kreasi bread kekinian, yakni Koledna Pitka, Khacapuri dan Kaiser Choco Roll.


Mahasiswa baru Pastry Art Class yang hadir pagi itu dibagi dalam tiga tim, masing-masing tim beranggotakan 3-4 orang mahasiswa. Tim A mendapat tugas membuat Koledna Pitka, sedangkan Tim B dan Tim C diberi tantangan membuat Khacapuri dan Kaiser Choco Roll.


Mahasiswa Pastry Art Class yang praktik pagi itu pun bekerja all out di cold kitchen, demi membuat tiga kreasi bread kekinian dengan tampilan modern sesuai pembagian tugas yang diberikan dosen pengajar.


Durasi membuat tiga kreasi bread kekinian itu sekitar tiga jam. Terhitung sejak prepare bahan, memproses di cold kitchen hingga mem-plating dan meng-garnish-nya, sebelum tiga produk pastry itu dievaluasi dan dikritisi Chef Renny Savitri.


Tak salah jika masing-masing tim pun bekerja keras demi membuat produk pastry dengan sebaik-baiknya seperti arahan Chef Renny. Tim A misalnya, tampil percaya diri saat bekerja di cold kitchen demi membuat Koledna Pitka yang diadopsi dari Eropa.


Begitu juga dengan Tim B, yang kebagian tugas membuat kreasi Khacapuri, kreasi bread kekinian yang diadopsi dari kawasan Mediiterania, tampil kompak saat bekerja di cold kitchen, sejak prepare bahan, mengolah hingga mem-plating-nya agar tampilannya memikat hati.


Sedangkan Tim C pun tampil penuh semangat ketika bekerja di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya, demi mempersembahkan Kaiser Choco Roll, kreasi bread masa kini yang diadopsi dari Amerika. Ketiga kreasi bread tersebut dibuat sesuai standar industri perhotelan.


Selama berjibaku di cold kitchen, tiga mahasiswa baru anggota Tim A, misalnya, terlihat bahu-membahu membuat Koledna Pitka. Bahan-bahan yang disiapkan demi membuat adonan Koledna Pitka adalah bread flour, bread improver, yeast, sugar, salt, egg, cold water dan butter.


Sedangkan bahan untuk membuat washing-nya sendiri adalah honey dan vegetable oil agar pemukaan bread tersebut tampak mengkilap setelah di-proofer selama 60 menitan, lalu di-bake pada suhu 180*C selama12-15 menitan.


Tim B yang ditugasi membuat Khacapuri pun tampil all out saat praktik membuat Khacapuri. Bahan untuk membuat bread kekinian dari kawasan Mediterania itu meliputi bread flour, yeast, sugar, fresh milk, salt, cold water dan vegetable oil. Sementara itu untuk membuat filling-nya sendiri, bahannya terdiri dari mozzarella cheese, parmesan cheese, fresh milk, egg dan salt.


Giliran Tim C yang mendapat tantangan untuk membuat Kaiser Choco Roll yang keren, Mereka pun tampil penuh semangat demi membuat kreasi bread masa kini yang diadopsi dari Amerika. Ada tiga tahapan pekerjaan yang ditempuh demi membuat kreasi bread tersebut. Tahapan pertama membuat dough yang bahannya terdiri atas bread four, medium flour, bread improver, yeast, sugar, salt, egg, cold water dan butter.


Sedangkan tahapan pekerjaan berikutnya menyiapkan bahan untuk membuat filling dan topping-nya. Bahan untuk filling-nya adalah chocolate dan bahan untuk topping-nya sendiri adalah black sesame seed.


”Sementara itu pada tatap muka hari pertama, Senin (23/03/2023) lalu, saya mendemonstrasikan cara membuat Pizza Roll yang berasa gurih/asin (savoury taste) di hadapan mahasiswa baru,” kata Chef Renny kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Senin (31/07/2023) siang.


Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Selasa (24/07/2023), Chef Renny berbagi ilmu dengan anak didiknya membuat tiga kreasi bread yang lainnya, yakni Foccasia Art, Scoring Bread dan Herb Fougasse yang keren. Selanjutnya untuk praktik pada hari keempat, Selasa (01/08/2023), Chef Renny mengajarkan cara membuat tiga kreasi fried bread, yakni Bomboloni, Potato Doughnut dan Bolognaise Mozza Bread. Good jobs! Bro & Sis. So cool


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Class Art Class di kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar