twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 10 Juli 2023

Dari Kehebohan Final Exam Hari Pertama Mahasiswa Culinary Art di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Ayam Woku, Olahan Ayam Khas Manado Persembahan Ichwan Togeon Lasimpala Dapat Pujian dari Tim Juri


GELARAN final exam hari pertama dihelat Senin (03/07/2023) lalu, diikuti enam orang mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi. Mereka tampil heboh saat kali pertama melakoni ujian praktik masak demi menampilkan aneka kreasi menu masakan Indonesian Authentic Food dan Chinese Food (Oriental Cuisines) yang lezat serta keren tampilannya sebagai menu hidangan makan siang, mulai appetizer (salad), soup hingga main course.


Masing-masing peserta ujian pun bekerja all out demi mempersembahkan enam kreasi menu masakan Indonesian Authentic Food dan Chinese Food, di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Selama final exam tersebut, mereka disupervisi langsung oleh Chef Nadya Ratri Aryani. Sedangkan tim jurinya sendiri adalah Chef Lusi F. Noor, Chef Mario Alvin Jonathan dan Chef Thomas Denny.

 

Pada final exam hari pertama, enam mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi itu harus berjibaku secara individual di hot kitchen demi masak sesuai passion-nya Mereka adalah Dimas Andrian S.P., tampil percaya diri saat masak Tahu Gimbal (Indonesian Authentic Food).

 

Selanjutnya Hayyu Azizah fokus masak Ayam Garang Asem (Indonesian Authentic Food). Sedangkan Titin Mufida membuat Sup Ayam (Indonesian Authentic Food) dan Ichwan Togeon Lasimpala asyik masak Ayam Woku (Indonesian Authentic Food) yang lezat.

 

Sementara itu Naomi Chrisanto tampil percaya diri demi membuat Asian Chicken Salad (Chinese Food) dan Talitha Cariza Benita mempersembahkan menu makanan favoritnya, yakni Fu Yung Hai (Chinese Food), pada gelaran final exam hari pertama di hot kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari pertam itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing peserta wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar masakan itu tampilannya keren layaknya menu makanan yang dihidangkan di restoran terkenal dan hotel-hotel berbintang di Surabaya.

 

Durasi masak dari prepare bahan masakan, memprosesnya di hot kitchen lalu menyajikannya di meja display produk dibatasi tidak lebih dari 90 menit. Dengan demikian masing-masing peserta ujian praktik masak tersebut harus pandai mengatur waktu saat berjibaku di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Chef Nadya Ratri Aryani pun mengawasi langsung hasil kerja anak didiknya sejak prepare bahan masakan hingga menyajikannya di meja display produk. Chef Nadya juga memberikan arahan kepada peserta ujian praktik masak agar meja untuk men-display hasil kreasi masakannya itu dihias sekeren mungkin.

 

Selanjutnya hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yakni Chef Lusi F. Noor, Chef Mario Alvin Jonathan dan Chef Thomas Denny. Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Secara overall, ketiga juri mengapresiasi keberanian mahasiswa yang tampil secara individual pada final exam hari pertama. Untuk ke depannya, mahasiswa harus benar-benar fokus menyiapkan segala sesuatunya agar hasil kreasi masakannya minimal mendekati penyajian makanan di hotel berbintang.

 

Salah satu kreasi masakan mahasiswa yang mendapat apresiasi positif adalah Ayam Woku. Masakan khas Manado yang ditampilkan Ichwan Togeon Lasimpala itu dipuji oleh ketiga juri karena tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa sudah pas banget.

 

Kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Chef Nadya menjelaskan, ujian praktik masak hari pertama ini diikuti enam mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 pagi. Mereka tampil secara individu demi mempersembahkan enam kreasi masakan Indonesian Authentic Food dan Chinese Food yang citarasanya lezat banget. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar