twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 13 Juli 2023

Memotret Kehebohan Final Exam Mahasiswa Culinary Art di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya


Tim Juri Apresiasi Satu Set Menu Masakan Oriental Cuisines ala Buffet dan Tiga Menu Indonesian Authentic Food, Kreasi Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi

 

TIM JURI yang terdiri dari Chef Nadya Ratri Aryani, Chef Renny Savitri dan Chef Mario Alvin Jonathan mengapresiasi empat kreasi masakan Indonesian Authentic Food dan satu set menu Oriental Cuisines (Chinese Food) yang terdiri dari tujuh menu Appetizer (Salad), Main Course dan Dessert untuk jamuan makan siang ala buffet. Aneka kreasi masakan nan lezat tersebut merupakan persembahan dari enam mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi pada final exam hari kedua, Selasa (04/07/2023) lalu.

 

Penilaian oleh tim juri setidaknya mengacu pada tiga kriteria yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut sesusai dengan Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di hotel-hotel berbintang.

 

Secara overall, tiga orang juri pun sepakat untuk mengapresiasi kerja keras enam mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi yang telah berjibaku di hot kitchen Graha Tristar demi menampilkan kreasi masakan terbaiknya, sesuai pembagian tugas masing-masing. Kekompakan tiga mahasiswa yang bahu membahu di kitchen demi masak satu set menu Chinese Food jamuan makan siang ala buffet juga dapat pujian dari tim juri.

 

Selama gelaran ujian praktik masak pada hari kedua, enam mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari diasuh Chef Thomas Denny dan Chef Mario Alvin Jonathan, tampil percaya diri saat berjibaku di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, demi menampilkan 11 menu masakan yang terdiri dari Appetizer (Salad), Main Course hingga Dessert-nya.

 

Dalam ujian praktik masak hari kedua (terakhir), enam mahasiswa yang hadir pagi itu tampil secara individual di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya. Tiga mahasiswa dapat tugas untuk masak empat menu Indonesian Authentic Food. Sedangkan tiga mahasiswa lainnya ditantang masak satu set menu Oriental Cuisines yang disajikan ala prasmanan (buffet).

 

Selama berjibaku di hot kitchen Graha Tristar Surabaya, Chef Jo, sapaan akrab Mario Alvin Jonathan juga mendampingi langsung anak didiknya demi memudahkan pengawasan dan kelancaran pelaksanaan ujian praktik masak itu sendiri.

 

Sebastian Leonard de Angelo Rumngevur tampil all out di hot kitchen demi masak Dendeng Batukok (masakan Padang), sedangkan Achmad Raihan fokus membuat Ayam Gule (masakan Jawa) dan Wan Ersa antusias masak Borneo Salad dan Egg Tart (dua menu masakan Kalimantan).

 

Sedangkan tiga mahasiswa lainnya juga prepare di dapur sejak pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB, demi masak tujuh menu Oriental Cuisines (Chinese Food) yang lezat untuk jamuan makan siang ala buffet, seperti di restoran dan hotel-hotel berbintang.

 

Sebanyak tujuh menu masakan tersebut terdiri dari Salad Wonton Cup (Appetizer), sedangkan menu utama (Main Course) meliputi Sesame Cold Noodle, Ayam Cabe Garam, Kung Pao Chicken, Cap Cay dan Beef Pokcoy with Oyster Sauce. Untuk menu penutup (Dessert)-nya sendiri berupa Es Soda Gembira yang menyegarkan.

 

Selama berjibaku di hot kitchen pada final exam hari kedua, Muhammad Akbar tampil individual saat masak Salad Wonton Cup dan Kung Pao Chicken, Denita Natalie Simaolon antusias membuat Sesame Cold Noodle, Cap Cay dan Es Soda Gembira. Sedangkan Vince Cavanaugh dipercaya untuk masak Ayam Cabe Garam dan Beef Pokcoy with Oyster Sauce yang lezat.

 

Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari kedua itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing peserta pun wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar masakan tersebut tampilannya keren layaknya menu makanan yang biasa disajikan di restoran terkemuka dan hotel berbintang di Surabaya. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar