twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 24 Juli 2023

Aksi Ciamik Mahasiswa Pastry Art pada Final Exam Hari Kedua di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Enam Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi Percaya Diri Persembahkan Tiramisu Onigiri Cake, Coffee Layer Cake, Matcha Cake dan Kue Cucur Khas Manado

 

PADA gelaran final exam hari kedua yang dilaksanakan pada Selasa (04/07/2023) lalu, giliran enam orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi. Empat mahasiswa tergabung dalam dua tim yakni Tim D dan E, sedangkan dua mahasiswa yang lainnya tampil secara individual di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Jika pada final exam hari pertama, Senin (03/07/2023) lalu, setiap tim (dari tiga tim yang mengikuti ujian praktik) ditantang membuat aneka kreasi Kue Tradisional, Bread, Pie & Tartlet, Muffin, Cookies, Pudding dan Cakes kekinian pada final exam yang bertajuk The Most Incredible Product Pastry Creations 2023, namun pada final exam hari terakhir itu masing-masing tim hanya diminta menampilkan satu kreasi cake saja.

 

Duet Adenanda Azzahra dan Clayrine Babita Salma A., dari Tim D, misalnya, harus berjibaku di cold kitchen Graha Tristar Surabaya selama tiga jam (mulai pukul 09.00-12.00 WIB), demi mempersembahkan kreasi terbaiknya yang bertajuk Tiramisu Onigiri Cake, cake masa kini yang diadopsi dari Negeri Sakura (Jepang).

 

Tak mau kalah dengan Tim D, maka dua personel Tim E yakni Edwin Prasetya Kristanto dan Evan Alexander Kristiono pun tampil all out, saat bekerja di cold kitchen Graha Tristar Surabaya, demi menampilkan Coffee Layer Cake, kreasi cake kekinian yang keren dan elegan tampilannya.


Selanjutnya yang tampil pada final exam hari terakhir secara individual adalah Nathania Emanuella dan Jonathan Aurelliano. Nathania tampil percaya diri demi mempersembahkan kreasi cake kekinian terbaiknya yang bertajuk Matcha Cake yang cantik dan berkelas tampilannya. Sedangkan Jonathan lebih fokus menampilkan jajanan pasar (kue tradisional) yakni Kue Cucur khas Manado.

 

Tim juri yang terdiri dari Chef Lusi F. Noor, Chef Dwi Mei Retnowati dan Chef Mario Alvin Jonathan pun secara overall mengatensi semua hasil kreasi enam mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, yang telah berjibaku selama tiga jam di cold kitchen, demi mempersembahkan tiga kreasi cakes kekinian dan satu kue tradisional sesuai passion-nya masing-masing.

 

Hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Class itu dinilai oleh tim juri berdasarkan tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP), seperti yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Sebelum hasil kreasi mahasiswa dikritisi tim juri, dua tim yakni Tim D dan Tim E diminta mempresentasikan kreasi produknya, mulai bahan-bahan yang dipakai, metode dan teknik pembuatannya hingga cara mem-plating serta meng-garnish-nya. Hal yang sama juga dilakoni dua mahasiswa yang tampil secara individual untuk mengenalkan kreasi produknya di hadapan tiga orang juri.

 

Sementara itu Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, Chef Renny Savitri mengatakan, final exam kali ini mengangkat tema The Most Incredible Product Pastry Creations 2023. Ujian praktik tersebut berlangsung dua hari. Final exam hari pertama diikuti tujuh mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi dan pada gelaran hari kedua (terakhir) pesertanya hanya enam orang mahasiswa.

 

Empat mahasiswa Pastry Art (terbagi menjadi dua tim) yang maju pada final exam hari kedua, hanya mendapat tantangan membuat dua kreasi cakes kekinian. Sementara itu dua mahasiswa lainnya tampil secara individual demi membuat satu kreasi cake masa kini dan satu kreasi kue tradisional. Tantangan itu tentunya disesuaikan juga dengan materi praktik selama tiga bulan terakhir.

 

”Selain mengikuti ujian praktik di cold kitchen Graha Tristar, enam mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi itu juga wajib mengikuti ujian teori (tulis) di ruang kelas. Untuk soal multiple choice (pilihan berganda) ada 25 dan essay-nya sendiri tersedia 15 soal,” ujar Chef Renny kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar