twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 13 Juli 2023

Dari Keseruan Final Exam Hari Kedua Mahasiswa Culinary Art di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Tim Juri Puji Menu Udang Dollar & Bistik Ayam Oriental with Garlic Butter Rice Hasil Kreasi Fransisca dan Richard



DALAM gelaran final exam hari kedua yang dihelat Selasa (04/07/2023) lalu, giliran enam mahasiswa (tiga tim) Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang maju. Keseruan aksi saat berjibaku di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, ditunjuk masing-masing tim saat mengkreasi menu masakan Indonesian Authentic Food dan Chinese Food (Oriental Cuisines) ala sajian di restoran ternama dan hotel-hotel berbintang di Surabaya dan sekitarnya.

 

Tak pelak lagi, jika setiap tim pun harus bekerja all out demi mempersembahkan dua kreasi menu masakan Indonesian Authentic Food dan empat menu masakan Chinese Food yang tasty & deliciously. Selama pelaksanaan final exam hari terakhir itu, mereka di dampingi Chef Nadya Ratri Aryani, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit.

 

Chef Nadya Ratri Aryani pun mengawasi langsung hasil kerja anak didiknya sejak prepare bahan masakan hingga menyajikannya di meja display produk. Chef Nadya juga memberikan arahan kepada peserta ujian praktik masak agar meja untuk men-display hasil kreasi masakannya itu dihias sekeren mungkin.

 

Pada final exam hari kedua, Tim A yang beranggotakan Fransisca dan Richard tampil percaya diri demi masak dua menu Chinese Food andalannya, yakni Udang Dollar & Bistik Ayam Oriental with Garlic Butter Rice. Kedua mahasiswa ini berbagi tugas sejak prepare bahan, proses memasak hingga mem-plating-nya di atas piring, sebelum dua masakan Chinese Food itu di-display di atas meja untuk dinilai tim juri.

 

Tak kalah serunya dengan Tim A, maka Tim B (Mario dan Gilbert) dan Tim C (Maria dan Hizkia) pun tampil percaya diri saat masak dua menu Chinese Food dan dua menu masakan Indonesian Authentic Food yang lezat dan keren plating-nya.

 

Dua personel Tim B, Mario dan Gilbert, berjibaku di hot kitchen sejak pukul 09.00-10.30 WIB, demi mempersembahan dua kreasi menu masakan Chinese Food legendaris yang bertajuk Crab Rangoon with Sweet Chili Sauce & Mongolian Beef with Rice, sesuai standar industri perhotelan.

 

Sedangkan dua anggota Tim C, Maria dan Hizkia, tampil antusias di hot kitchen Graha Tristar Surabaya, saat masak dua menu Indonesian Authentic Food yang lezat, yakni Tahu Telor & Kotokan Iwak P, Nasi Jagung, Tumis Daun Pepaya, Ikan Asin dan Dadar Jagung.yang disajikan ala tumpeng mini.

 

Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari pertam itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing tim pun peserta wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar masakan itu tampilannya keren layaknya menu makanan yang biasa disajikan di restoran ternama dan hotel-hotel berbintang di Surabaya dan sekitarnya.

 

Selanjutnya hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yakni Chef Lusi F. Noor, Chef Mario Alvin Jonathan dan Chef Dwi Mei Retnowati. Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Ketiga juri mengapresiasi kerja cerdas ketiga tim yang tampil pada final exam hari kedua (terakhir). Salah satu kreasi masakan mahasiswa yang mendapat apresiasi dari tim juri adalah Udang Dollar & Bistik Ayam Oriental with Garlic Butter Rice persembahan dari Tim A.

 

Dua menu masakan Chinese Food yang ditampilkan Fransisca dan Richard itu menuai pujian dari ketiga juri berkat tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasanya yang sesuai ekspektasi. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar