twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 18 Juli 2023

Melihat Kehebohan Final Exam Mahasiswa Pastry Art di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Wow! Kerennya Soes Maker Persembahan Anastasya Dewi dan Verdian Jati Sasila, Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi


PADA pergelaran final exam hari pertama yang dihelat Senin (03/07/2023) lalu, kreasi Soes Maker yang ditampilkan Anastasya Dewi P.S. dan Verdian Jati Sasila (Tim C), dua mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, mendapat nilai tertinggi, 83.8 dari tim juri yang terdiri dari Chef Lusi F. Noor, Chef Dwi Mei Retnowati dan Chef Sari Palupi.

 

Anastasya dan Verdian (Tim C) tampil percaya diri saat mengikuti gelaran final exam Pastry Art pada hari pertama yang bertajuk Wonderful Cakes Creation 2023. Dua mahasiswa itu pun sepakat umtuk menampilkan kreasi andalannya yang diberi nama Soes Maker, yang tampilannya lekat dengan aura kekinian.

 

Dengan tampilannya yang keren, maka kreasi Soes Maker yang ditampilkan Anastasya dan Verdian ini pun layak memposisikan diri sebagai kue middle up class, yang cocok banget jika dihidangkan di restoran ternama ala hotel-hetel berbintang.

 

”Tak salah jika tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa Soes Maker yang keren ini mendapat pujian dari tim juri, bahkan sukses meraih nilai tertinggi, 83,8,” puji Chef Lusi, salah satu juri kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, seusai penjurian.

 

Tanpa bermaksud untuk mengecilkan kreasi produk cakes kekinian yang dibuat oleh tiga tim mahasiswa yang lainnya, maka tim juri pun memberikan kesempatan masing-masing tim untuk mempresentasikan hasil karya terbaiknya.

 

Apresiasi tim juri juga diberikan kepada Tim A, B dan D yang juga tampil all out di cold kitchen Graha Tristar Surabaya pada final exam hari pertama itu. Ranking kedua dengan nilai 82,1 berhasil diraih Tim D yang terdiri dari Sabrina Dila Octavia, Devita Aimey Harman dan Bryan Justine Amadeus.

 

Dalam final exam tersebut, Tim D menampilkan kreasi terbaiknya yang berjudul Spicy Tuna Mayo Cake, kue yang bercita rasa gurih/asin (savoury taste). Sedangkan posisi ketiga ditempati Tim B (Steven Hadinata dan Venia Novita Mulyadi) dengan nilai 80,8 atas kreasi andalannya yang bertajuk Green Tea Matcha Sponge Cake.

 

Sementara itu Tim A yang beranggotakan Theodore dan Mieske mendapat posisi keempat karena hanya mendapatkan nilai 80,6 dengan kreasi terbaiknya yang diberi nama Chocolate  & Caramel Petite Four.

 

Hasil kreasi kue kekinian mahasiswa Pastry Art Class tersebut dinilai oleh tim juri berdasarkan tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Selama proses penjurian, masing-masing tim peserta final exam juga diminta mempresentasikan kreasi produknya di hadapan tiga orang juri, mulai bahan-bahan yang dipakai, metode dan teknik pembuatannya hingga cara mem-plating serta meng-garnish-nya.

 

Sementara itu kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Chef Sari Palupi menegaskan bahwa ujian praktik pastry hari pertama ini diikuti sembilan mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 pagi yang terbagi dalam empat tim. Final exam kali ini mengangkat tema Wonderful Cakes Creation 2023.

 

Setiap tim menampilkan kreasi kue kenikian terbaiknya, baik yang bercitasa manis (sweet taste) maupun gurih/asin (savoury taste), dengan tampilan keren dan elegan. ”Pada ujian praktik pastry hari pertama ini, saya mengapresiasi kinerja empat tim yang tampil all out demi mempersembahkan kreasi cakes kekinian terbaiknya,” tandas Chef Sari Palupi. Good Jobs! Bro & Sis. Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar