twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 13 Juli 2023

Melihat Keseruan Final Exam Mahasiswa Culinary Art di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya


Bubur Manado & Panada dan Kaldu Daging Sapi & Kroket Singkong, Empat Kreasi Menu Indonesian Authentic Food Diatensi Tim Juri

 

DUA BELAS kreasi masakan Indonesian Authentic Food dan Oriental Cuisines (Chinese Food) persembahan dari enam mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi pada final exam hari pertama, Senin (03/07/2023) lalu, mendapat atensi langsung dari tim juri yang terdiri dari Chef Lusi F. Noor, Chef Nadya Ratri Aryani dan Chef Thomas Denny.

 

Dua mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, yakni Griselda Anamelia Bujung dan Ananda Nurholilah Putri dengan penuh percaya diri menampilkan empat kreasi menu masakan Indonesian Authentic Food yang tasty & deliciously, pada gelaran final exam hari pertama.

 

Griselda Anamelia Bujung antusias membuat dua menu masakan khas daerah Manado (Sulawesi Utara), yakni Bubur Manado & Panada. Seperti halnya Griselda, Ananda Nurholilah Putri pun mempersembahkan dua menu masakan khas daerah Sumenep (Madura), yakni Kaldu Daging Sapi & Kroket Singkong.

 

Kedua mahasiswi cantik dengan latar belakang berbeda itu lebih tertarik untuk mengangkat kekayaan warisan kuliner Nusantara pada gelaran final exam kali ini karena tema ujian praktik masak ada dua opsi yang ditawarkan kepada mahasiswa, yakni mengkreasi masakan Indonesian Authentic Food atau menampilkan masakan Chinese Food (Oriental Cuisines).

 

Sementara itu empat mahasiswa lainnya lebih fokus masak menu Oriental Cuisines (Chinese Food), sesuai passion-nya masing-masing. Delapan masakan Chinese Food tersebut populer banget di lidah sebagian masyarakat Surabaya dan sekitarnya berkat kelezatannya.

 

Marcellour Marciano, misalnya, tampil all out di hot kitchen Graha Tristar, demi masak Orange Chicken & Udang Rambutan. Sedangkan Melisa Agustina Kustianto berjibaku di kitchen saat masak dua menu Chinese Food kesukaannya, yakni Nanking Chicken & Scallion Pancake.

 

Dua mahasiswa berikutnya adalah Gaban Pandehen OSCL dan Yudhistira Ramadhan. Gaban antusias mempersembahkan dua menu masakan Chinese Food, yakni Steamed Tofu with Shrimp & Go Lo Yuk (Koloke), sedangkan Yudhistira membuat Dan Dan Noodles & Lemon Zest Chicken.

 

Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari pertama itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing peserta pun wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar masakan tersebut tampilannya keren layaknya menu makanan yang biasa dihidangkan di restoran terkenal dan hotel berbintang di Surabaya.

 

Penilaian oleh tim juri itu setidaknya mengacu pada tiga kriteria yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut sesusai dengan Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di hotel-hotel berbintang.

 

Secara overall, tiga orang juri pun sepakat untuk mengapresiasi kerja cerdas enam mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi yang tampil percaya diri di hot kitchen Graha Tristar, demi mempersembahkan kreasi masakan terbaiknya, sesuai pembagian tugas masing-masing. So cool. Good jobs! Bro & Sis

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar