twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 24 Mei 2023

Memotret Aksi Heboh Mahasiswa Praktik Masak Indonesian Cuisines di Kitchen Modern Graha Tristar


Tiga Tim Mahasiswa Culinary Art Class Sukseskan Gelaran ’Cooking Battle’ Demi Tampilkan Sate Daging Maranggi dan Sate Ayam ala Restoran Terkenal

 

TIGA tim mahasiswa baru Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi tampil percaya diri demi menyukseskan gelaran Cooking Battle Practices demi menampilkan dua menu masakan Indonesian Cuisines legendaris yakni Sate Daging Maranggi dan Sate Ayam ala restoran terkenal. Saat berjibaku di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, pekan lalu. mahasiswa disupervisi langsung oleh Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, Chef Lusi F. Noor.

 

Berdasarkan panduan praktik masak di Buku Ajar (Silabus), 10-an mahasiswa baru Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi tersebut diajarkan teknik membuat Sate Daging Maranggi dan Sate Ayam pada pertemuan hari kesembilan, Senin (15/05/2023) pagi.

 

Sebagai salah satu warisan budaya kuliner Nusantara yang cukup melegenda, sudah selayaknya jika dua menu masakan tradisional tersebut juga diapresiasi oleh mahasiswa baru Culinary Art Class untuk mempraktikkannya sendiri di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Di mata mahasiswa, dua menu makanan khas Indonesia itu sudah akrab di lidah mereka terutama para penyuka masakan tradisional asli Nusantara. Tak salah jika di hotel-hotel berbintang pun, keotentikan dua kreasi sate tersebut tetap ditawarkan kepada tamu hotel, sebagai salah satu menu favoritnya.

 

Demi membuat Sate Daging Maranggi dan Sate Ayam lengkap bumbu kacang, sambal kecap dan irisan tipis bawang merahnya, maka 10 mahasiswa –dibagi menjadi tiga tim-- yang hadir pagi itu, berupaya tampil all out sejak prepare bahan, memproses di hot kitchen dan mem-plating masakan itu, lalu menghidangkannya di meja display produk untuk dievaluasi dosen pembimbing. Gelaran Cooking Battle Practices durasinya dipatok sekitar 1,5 jam atau 90 menitan.


Oleh Chef Lusi, masing-masing tim (Tim A, B dan C) juga diminta untuk mem-plating hasil masakannya dengan sekeren mungkin ala sajian makanan di hotel-hotel berbintang. Sebelum masak pun Chef Lusi me-wanti-wanti anak didiknya agar memberi perlakuan khusus, misalnya mencampur dengan irisan buah nanas, agar daging sapi yang akan dibuat sate itu tekturnya menjadi lebih empuk.

 

Sementara itu saat membakar sate (yang sudah dicelupkan ke dalam bumbu marinasi) di atas api sedang. Usahakan dibolak-balik kemudian dibumbui kembali, lalu dibakar lagi sampai matang agar bumbunya benar-benar tmeresap ke dalam daging.

 

Bahan untuk membuat Sate Daging Maranggi adalah beef (di-dice lalu ditusuk pakai tusuk sate dari bambu yang salah satu ujungnya runcing), sedangkan untuk marinate-nya terdiri dari palm sugar, tamarind, sweet soy, shallot (di-blend + minyak), garlic + SP di-mix dan coriander.

 

”Sedangkan bahan untuk membuat sauce-nya terdiri dari shallot (di-slice atau di-dice small), tomato (di-dice small), hot chili (juga di-dice small), lime juice dan sweet soy sauce,” terang Chef Lusi F. Noor di hadapan anak didiknya.

 

Pekerjaan berikutnya adalah masak Sate Ayam. Bahan-bahannya sendiri meliputi chicken breast, salt, pepper, garlic paste dan sweet soy sauce. Sedangkan untuk membuat sauce-nya, bahan yang disiapkan adalah peanut (di-fry), candlenut dan red chili (di-stir fry atau disangrai), shallot, fried garlic, vinegar, salt, sugar dan water.

 

”Bumbu sate tersebut kemudian di-mix menjadi satu lalu di-blender sampai halus. Selanjutnya bumbu sate itu di-simmer dan tambahkan sedikit sweet soy sauce sampai masak dan taste-nya pas banget. Untuk condiment-nya sendiri terdiri dari slice shallot, sweet soy sauce dan limau. Ditampilkan pas men-display produknya,” terang Chef Lusi di hot kitchen Graha Tristar Surabaya, pekan lalu.

 

Hasil masakan mahasiswa Culinary Art Class yang sudah di-display di atas meja, kemudian dikritisi dan dievaluasi oleh Chef Lusi F. Noor dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur serta cita rasanya, sesuai standar industri perhotelan. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit (member of Tristar Group) dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit, silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar