twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 12 Mei 2023

Aksi Seru Mahasiswa Belajar Teknik Menghias Cakes Modern Bersama Chef Sari Palupi


Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi Diajarkan Buat Delapan Kreasi Cakes Modern nan Elegan dan Berkelas Standar Hotel Berbintang


SELAMA tiga kali tatap muka, 12 orang mahasiswa baru Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang sehari-hari diasuh oleh Chef Sari Palupi, diajarkan membuat delapan kreasi cakes modern nan elegan dan berkelas, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Pada pertemuan hari pertama, Senin (08/05/2023) pagi, Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Sari Palupi mengajak anak didiknya praktik menghias tiga kreasi cakes modern, yakni Tiger Roll Cake, Charlotte Royale Cake dan Choco Strawberry Cake yang keren banget.

 

GIliran pada tatap muka hari berikutnya, Selasa (09/05/2023) pagi, Chef Upi, sapaan akrab Sari Palupi, mengajarkan anak didiknya cara membuat tiga kreasi cakes modern yang berbeda dari sebelumnya, yakni Strawberry Glaze Mirror Cake, Banana Caramel Entremet dan Red Dome Entremet.

 

Diakui Chef Sari Palupi, untuk menghias cakes modern tahapan pekerjaan memang lebih rumit lagi dibanding saat membuat cakes classic karena masih ada penambahan hiasan kue modern kekinian berupa mirror glazing. Butuh keuletan dan kesabaran ekstra demi menuntaskan satu kreasi cake modern yang elegan dan berkelas.

 

Sebelum praktik, Dosen Pengajar Pastry Art Class itu menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pengolahan dan cara menghias cakes modern di hadapan anak didiknya. Chef Upi juga mengingatkan kembali dasar-dasar teknik pengolahan kue dan cara menghias kue yang sudah diajarkan sebelumnya.

 

Untuk membuat Red Dome Entremet di cold kitchen Graha Tristar, misalnya, mahasiswa diminta menyiapkan bahan-bahan untuk membuat adonan Choco Cotton Sponge Red Velvet Cake Base, yakni butter, icing sugar, egg, cake flour, chocolate powder, cornstarch, baking powder, salt, strawberry yogurt dan red velvet paste.

 

Pekerjaan tahap kedua adalah menyiapkan bahan untuk Strawberry Jelly, yakni strawberry jelly powder, sugar, water dan red food coloring. Sedangkan tahapan pekerjaan selanjutnya, membuat Cream Cheese Bavarois dengan memadukan empat bahan kue yakni cream cheese, lemon juice, whipping cream dan gelatin.

 

Pekerjaan keempat, mahasiswa diminta menyiapkan bahan untuk membuat Strawberry Mousse-nya, yakni gelatin, egg yolk, white chocolate compound, whipping cream, strawberry paste dan red food coloring.

 

Setelah itu membuat mirror glazing, yang bahannya terdiri dari water, sugar, glucose, condensed milk, gelatin, water, white chocolate compound, cocoa powder, white food coloring dan red cherry food coloring, agar tampilan Red Dome Entremet nanti tampak mengkilap dan superkeren pastinya.

 

”Selain diajarkan membuat Red Dome Entremet, mahasiswa juga kami bekali teknik membuat Strawberry Glaze Mirror Cake dan Banana Caramel Entremet,” kata Chef Sari Palupi kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Selasa (09/05/2023) siang.

 

Untuk meng-garnish-nya sendiri, Chef Upi memberi tips kepada anak didiknya agar tiga kreasi cakes modern itu dimasukkan ke dalam chiller lebih dulu selama 24 jam, baru keesokan harinya cakes tersebut dihias supaya hasilnya sesuai ekspektasi.

 

Sementara itu pada pertemuan hari terakhir, Rabu (10/05/2023) pagi, Chef Upi kembali berbagi ilmu dengan 12 mahasiswa baru Pastry Art Class tersebut, demi membuat dua kreasi cakes modern, yaitu Charlotte Cake dan Mocha Berry Cake yang berkelas dan cantik banget tampilannya. The most incredible. Good jobs! Bro & Sis

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar