twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 18 Mei 2023

Aksi Heboh Praktik Masak Indonesian Cuisines Bersama Chef Nadya di Kitchen Modern Graha Tristar


Lezatnya Sate Daging Maranggi, Sate Ayam, Otak-otak Bandeng dan Bebek Bakar Bumbu Boreh Persembahan Mahasiswa Baru Culinary Art Class

 

AKSI heboh ditunjukkan mahasiswa baru Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi saat praktik masak Sate Daging Maranggi, Sate Ayam, Otak-otak Bandeng dan Bebek Bakar Bumbu Boreh, empat menu Indonesian Cuisines yang lezat bersama Chef Nadya Ratri Aryani, di Kitchen Modern 1, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Sesuai panduan praktik masak di Buku Ajar (Silabus), 12-an mahasiswa baru Culinary Art Class diajarkan teknik membuat Sate Daging Maranggi dan Sate Ayam pada pertemuan hari kesembilan, Senin (15/05/2023) pagi. Sedangkan praktik masak hari kedelapan, membuat Otak-otak Bandeng dan Bebek Bakar Bumbu Boreh dilakoni mahasiswa sepekan sebelumnya, tepatnya pada Selasa (09/05/2023).

 

Sebagai salah satu warisan budaya kuliner Nusantara yang cukup melegenda, sudah selayaknya jika empat menu masakan tradisional tersebut juga diapresiasi oleh mahasiswa baru Culinary Art Class untuk mempraktikkannya sendiri di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Di mata mahasiswa, empat menu makanan khas Indonesia itu sudah akrab di lidah mereka terutama para penyuka masakan tradisional asli Nusantara. Tak salah jika di hotel-hotel berbintang pun, keotentikan aneka menu masakan Indonesian Cuisines kini pamornya juga naik daun dan tidak kalah dengan kelezatan menu-menu masakan Western Food, Chinese Food, Korean Cuisines maupun Japanese Food, berkat kekuatan aroma bumbu rempahnya.

 

Untuk membuat Sate Daging Maranggi dan Sate Ayam lengkap bumbu kacang, sambal kecap dan irisan tipis bawang merahnya, maka 12 mahasiswa yang hadir pada Senin (15/05/2023) pagi itu, dibagi menjadi empat tim. Masing-masing tim diminta untuk mem-plating hasil masakannya dengan sekeren mungkin ala sajian makanan di hotel-hotel berbintang.

 

Bahan untuk membuat Sate Daging Maranggi adalah beef (di-dice lalu ditusuk pakai tusuk sate dari bambu yang salah satu ujungnya runcing), sedangkan untuk marinate-nya terdiri dari palm sugar, tamarind, sweet soy, shallot (di-blend + minyak), garlic + SP di-mix dan coriander.

 

”Sedangkan bahan untuk membuat sauce-nya terdiri dari shallot (di-slice atau di-dice small), tomato (di-dice small), hot chili (juga di-dice small), lime juice dan sweet soy sauce,” terang Chef Nadya kepada anak didiknya.

 

Sementara itu saat praktik masak hari kedelapan, Selasa (09/05/2023), demi membuat Otak-otak Bandeng dan Bebek Bakar Bumbu Boreh, dari 12 mahasiswa baru Culinary Art yang hadir pagi itu dibagi dua kelompok kerja.

 

Masing-masing kelompok kerja mendapat tantangan untuk masak dua menu dan mem-plating-nya secantik dan semenarik mungkin layaknya menu makanan yang biasa dihidangkan di hotel-hotel berbintang maupun restoran terkenal di Surabaya.

 

Hasil masakan mahasiswa Culinary Art Class, kemudian dikritisi dan dievaluasi oleh Chef Nadya Ratri Aryani dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur serta cita rasanya, sesuai standar industri perhotelan.

 

Selain empat menu masakan tersebut, mahasiswa juga diajarkan untuk masak 20-an menu masakan Indonesian Cuisines lainnya selama 10 kali tatap muka. Sedangkan pada pertemuan hari terakhir, Rabu (17/05/2023), mahasiswa Culinary Art Class praktik masak Soto Banjar dan Coto Makassar, dua kreasi Soto asli Indonesia yang legendaris. Amazing banget. Good jobs! Bro & Sis

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit (member of Tristar Group) dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit, silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar