twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 21 Mei 2023

Asyiknya Belajar Basic Cake Decoration di Kitchen Modern Food University Indonesia


Chef Daniel Bekali Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Basic Bordering Plain Tube, Basic Bordering with Star Tube, Basic Bordering Flower dan Buat Enam Kreasi Cakes Basic yang Keren Banget


SELAMA lima kali pertemuan, sekitar 30-an mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar dari A dan B Class secara terpisah diajarkan Basic Cake Decoration, Selama praktik Basic Cake Decoration, mahasiswa disupervisi langsung oleh Chef Daniel Pradipta, di Kitchen Modern 2, Lantai 2 Food University Indonesia Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, pekan lalu.


Pada tatap muka hari pertama, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A maupun Kelas B, selain dibekali secara teori seputar Basic Cake Decoration, juga praktik membuat Basic Bordering Plain Tube dengan menggunakan spuit yang ujungnya runcing berlubang satu.


Untuk bisa leluasa selama praktik Basic Cake Decoration, setiap individu mahasiswa waijb memiliki satu set spuit (isi 24 pieces) sendiri. Di pasaran, harga spuit memang bervariasi, tergantung bahan pembuatannya karena ada yang terbuat dari alumunium hingga bahan stainless steel.


Selama praktik Basic Bordering Plain Tube, mahasiswa diajarkan membuat pola hiasan writing, heart, drop strings, cornelli lace, lattice, ruffle dan overlapping drop strings. Teknik menghias berbagai pola yang cantik dengan spuit itu dilakukan di atas Styrofoam berdiameter 14 cm yang sudah ditutup dengan whipped cream (white margarine yang sudah di-mixer) lebih dulu.


Sementara itu selama praktik Basic Bordering with Star Tube pada hari kedua, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A dan B diajarkan membuat pola hiasan cake mulai stars, fleur de lis, rosettes, shells, reserve shells, zig zag garlands, e-motion, c-motion, twist, flute, zig-zag hingga puff.


”Untuk membuat berbagai pola Basic Bordering with Star Tube, maka Anda bisa menggunakan spuit yang ujungnya berbentuk bintang,” kata Chef Daniel sambil menunjukkan contoh spuit itu di hadapan mahasiswa Pastry Art B Class, Selasa (09/05/2023).


Saat praktik Basic Bordering with Star Tube di Kitchen Modern 2, Lantai 2 Food University Indonesia, 15-an mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar B Class tampil percaya diri sejak prepare bahan, proses menghias Styrofoam (gabus) yang sudah tertutup oleh whipped cream (white margarine).


Sementara itu pada pertemuan hari ketiga, lanjut Chef Daniel, mahasiswa Pastry Art Class praktik Basic Bordering Flowers. Bahan yang khusus dipakai membuat hiasan cakes kali ini adalah butter cream borders & flowers decoration. Pola hiasannya sendiri berupa ropes, basket wave, scrolls dan crown.


”Sedangkan pada pertemuan hari keempat dan kelima, mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar giliran kami ajarkan membuat enam kreasi Cakes Basic yang cantik tampilannya, yakni Anniversary Cake, Birthday Cake, Cartoon Cake, Valentine Cake, Idul Fitri Cake dan Mother Day Cake,” terang Chef Daniel kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Rabu (17/05/2023) pagi.


Saat mendampingi anak didiknya praktik secara individual demi membuat tiga kreasi cakes, yakni Anniversary Cake, Birthday Cake dan Cartoon Cake, Chef Daniel dibantu dua orang Assistance Pastry Chef, yakni Elena Tiffany AMd.Par dan Gabriel Nathania AMd.Par, Mereka bahu membahu memberi asistensi kepada mahasiswa saat praktik di cold kitchen Kampus Food Indonesian University (FUI) Tristar Manyar, Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya.


Bahan utama untuk membuat tiga kreasi cakes tersebut menggunakan butter cream, sedangkan untuk membuat tiga kreasi cakes berikutnya pada tatap muka hari terakhir, Senin (22/05/2023) pagi, yakni Valentine Cake, Idul Fitri Cake dan Mother Day Cake, memakai bahan utama foundant. Congratulations. Good jobs! Bro & Sis


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Kampus Food University Indonesia Tristar Manyar (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar