twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 04 Mei 2023

Pengenalan Basic Cookery di Kitchen Culinary Graha Tristar Bersama Chef Nadya Ratri Aryani


Mahasiswa Baru Culinary Art Class Diajarkan Teknik Fish Cutting & Application, Mashed & William Potato dan Buat Aneka Kreasi Saus & Kaldu


SEKITAR 12-an mahasiswa baru Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi tampil penuh semangat ketika praktik Basic Cookery Knowledge yang diajarkan Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, Chef Nadya Ratry Aryani, di Kitchen Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Materi praktik Basic Cookery ini dijalani mahasiswa selama lima kali tatap muka, terhitung mulai Senin (03/04/2023) hingga Sabtu (08/04/2023).


Oleh Chef Nadya, mahasiswa baru Culinary Art Class itu dikenalkan Dasar-dasar Memasak (Fundamental of Cookery) seperti aneka saus (sauces) dan kaldu (stocks). Di samping itu, mereka juga dikenalkan tentang poultry, meat dan fish. Bagaimana teknik memotong sayuran (vegetables) dan bagaimana pula cara membuat kaldu (stocks).


Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit itu juga menerangkan tentang definisi dari mother sauce dan secondary sauce, bagaimana cara membuat aneka sauce serta bagaimana mengaplikasikannya pada menu masakan.


Mahasiswa juga harus tahu seluk beluk seputar dasar-dasar memasak termasuk preparing the protein yang berasal dari poultry, meat dan fish. Mereka pun diajarkan bagaimana cara memotong dan menyimpan poultry, meat dan fish yang benar sesuai Standard Operation & Procedure (SOP) di industri perhotelan.


Chef Nadya juga menerangkan bagaimana teknik prepare poultry, meat dan fish serta bagaimana cara memasak poultry, meat dan fish yang benar, lalu mengapplikasikannya pada menu masakan.


Pada pertemuan hari pertama, Senin (03/04/2023) pagi, Chef Nadya mengajarkan cara membuat empat kreasi Stock (kaldu) di hadapan anak didiknya. Empat kreasi Stock itu adalah Brown Stock, Chicken Stock, Court Buillon dan Beef Stock.


Selama kuliah Basic Cookery pada hari pertama itu, Chef Nadya menerangkan konsep-konsep dasar teknik dan pengetahuan dalam proses memasak terutama cara membuat empat kreasi Stock (kaldu), yakni Brown Stock, Chicken Stock, Court Buillon dan Beef Stock.


”Demi memudahkan pekerjaan saat praktik masak di hot kitchen, saya membagi 12 mahasiswa baru Culinary Art Class itu dalam empat kelompok kerja. Masing-masing kelompok beranggotakan tiga orang,” ujarnya.


Sesuai panduan di dalam Buku Ajar (Silabus), maka untuk membuat Brown Stock membutuhkan bahan-bahan seperti beef bones, water, onion, carrot, celery, tomato paste, bayleaf, thyme, pepper corn, parsley stem dan clove. Sedangkan untuk masak Chicken Stock, maka bahan yang harus disiapkan adalah chicken bones, water, onion, carrot, celery, bayleaf, thyme, pepper corn, parsley stem dan clove.


Sementara itu untuk membuat Court Buillon, maka bahan yang diperlukan antara lain onion, celery, leek, carrot, button mushroom, white wine, water, bayleaf, pepper corn, parsley stem dan clove. ”Terakhir mahasiswa baru saya ajarkan teknik membuat Beef Stock. Bahannya terdiri dari beef bones, water, onion, carrot, celery, bayleaf, thyme, pepper corn, parsley stem dan clove,” ujarnya.


Oleh Chef Nadya, mahasiswa baru Culinary Art Class tersebut juga dikenalkan dengan teknik merebus, menggoreng dan mengatur api kompor (stove) di kitchen agar masakan tersebut betul-betul matang sempurna. Mahasiswa pun diminta untuk mulai membiasakan diri dengan nge-taste setiap kali masak agar bisa tahu apakah masakan itu masih kurang asin dan jangan sampai keasinan.


Pada pertemuan hari berikutnya, Selasa (04/04/2023), mahasiswa dikenalkan seputar pengaruh panas terhadap bahan masakan. Dalam hal ini mahasiswa diajarkan bagaimana teknik membuat Bechamel, Velouté, Tomato Concasse, Espagnole, Tomato Sauce dan Barbeque (BBQ) Sauce. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan teknik Vegetable Cutting (Cutting Potato).


Sedangkan pada tatap muka hari ketiga, Rabu (05/04/2023), Chef Nadya Ratri Aryani kembali mengenalkan metode memasak tentang bagaimana cara melakukan Cutting Chicken berikut teknik meng-grilled daging ayam serta membuat Hollandaise Sauce, Demiglaze, Barbeque Sauce, Supreme dan Allemande.


Selain itu, Chef Nadya juga mengajarkan anak didiknya teknik masak Schrambled Egg, Omelette Egg, Sunny Side-Up, Pouch Egg dan membuat Vegetables Salad yang menyehatkan. Bahan untuk membuat Vegetable Salad antara lain Onion (sudah di-slice), Iceberg Lettuce, Romane Lettuce, Sweet Corn, Kyuri (mentimun Jepang), Toast Bread dan Tomato Cherry + Mayonnaise.


Selanjutnya pada pertemuan hari keempat, Kamis (06/04/2023), mahasiswa giliran diajarkan cara Cutting Fish berikut teknik mem-fillet-nya, membuat Italian Sauce, Black Pepper Sauce, Lyonnaise Sauce, Cream Mushroom Sauce, cara masak Mashed Potato dan William Potato.


Sementara itu pada tatap muka hari terakhir, Sabtu (08/04/2023), mahasiswa diajarkan cara membersihkan dan memotong onion, lettuce, sweet corn, kernel, crouton, melon, jicama (chestnut) dan cucumber jap. Selain itu mahasiswa juga masih dibekali ilmu cara membuat Mayonnaise, Tar-tar, 1000’s Island dan Fruit Salad in Condensed Milk Dressing.


”Tidak hanya itu, mereka juga saya kenalkan dengan pengetahuan dasar-dasar hygiene & sanitation, pengetahuan menggunakan pisau, pra persiapan masak, prosedur berbagai macam pembuatan kaldu merupakan hal-hal yang diutamakan hingga sejarah layanan makanan modern,” pungkas Chef Nadya kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, baru-baru ini. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget …


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar