twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 22 Mei 2023

Serunya Buat Kreasi Camilan Kekinian di Kitchen Food University Indonesia Bersama Chef Vivi Liong


Dari Hands on Group Practices, Mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar Sulap Ubi Cilembu Jadi Bola Ubi Kopong, Camilan Khas Sunda 

   

UNTUK kali kesekian, Chef Vivi Liong menghelat Hands on Group Practices. Kali ini, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group tersebut bersama mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A dan B Class, praktik membuat Bola Ubi Kopong (Kaleci), camilan kekinian yang bahan dasarnya dari Ubi Cilembu, di Kitchen Modern 1, Lantai 1 Food University Indonesia (FUI) Tristar Manyar Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Rabu (17/03/2023) pagi.

 

Bola Ubi Kopong (Kaleci) adalah salah satu camilan kekinian berwarna coklat kekuningan yang begitu populernya di kalangan masyarakat Sunda (Jawa Barat) dan belakangan mulai dikenalkan pada publik Surabaya. Teksturnya yang lembut dan crispy saat dikunyah di dalam mulut dengan cita rasa manis (sweet taste).  

 

Tampilan Bola Ubi Kopong (Kaleci) relatif sama dengan Tahu Bulat (Sotong) yang juga berasal dari Tanah Pasundan (Jawa Barat). Bedanya, Tahu Bulat (Sotong) bercita rasa gurih/asin (savoury taste) untuk yang original atau bisa juga diberi taburan chili powder (bubuk cabai) dan balado powder (bubuk bumbu balado) sebagai topping-nya.

 

Di sejumlah outlet Bola Ubi Kopong (Kaleci) di kawasan Surabaya dan sekitarnya, kreasi camilan kekinian ini dikemas dalam kantong kertas, sehingga tampilannya semakin cantik dan menarik. Setiap paketnya berisi 10 buah Bola Ubi Kopong (Kaleci) dibandrol antara Rp 15.000,00 – Rp 20.000,00.

 

“Sementara itu kalau kemasannya berupa hard paper box yang elegan harganya dibandrol Rp 30.000,00-an, untuk isi 10 butir Bola Ubi Kopong.” Kisaran harga itu bisa Anda peroleh saat memesan camilan kekinian tersebut melalui aplikasi layanan online.

 

Dalam gelaran Hands on Group Practices hari pertama, Rabu (17/05/2023), Chef Vivi melibatkan 15 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A Class (dibagi menjadi tiga tim) demi membuat Bola Ubi Kopong (Kaleci). Sementara itu pada pertemuan hari kedua, Jumat (19/05/2023), giliran 15 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar B Class (juga dibagi menjadi tiga tim) yang dibekali Chef Vivi seputar teknik membuat Bola Ubi Kopong (Kaleci) nan cantik dan elegan tampilannya.

 

Baik mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A Class maupun mahasiswa Pastry Art B Class, tampil antusias saat praktik membuat Bola Ubi Kopong (Kaleci). mulai dari A (prepare bahan) sampai Z (mem-plating dan meng-garnish) di meja display produk, bersama Chef Vivi di Kitchen Modern 1, Lantai 1 Food University Indonesia (FUI).

 

Demi membuat Bola Ubi Kopong (Kaleci) sesuai standar industri, maka bahan yang dibutuhkan membuat camilan kekinian ini meliputi (1). Ingredients-nya terdiri dari ubi cilembu (di-boil), castor sugar, tapioca flour, baking powder double action, salt dan water (optional). Adonan Bola Ubi Kopong (Kaleci) dibentuk bulat seukuran bola ping-pong.

 

Tahapan pekerjaan selanjutnya menyiapkan bahan untuk membuat coating-nya yakni dextrose, cheese powder dan BBQ powder. Untuk proses menggoreng Bola Ubi Kopong (Kaleci) tersebut membutuhkan cooking oil.

 

Selama proses pembuatan camilan kekinian khas Sunda tersebut, Chef Vivi melibatkan tiga tim mahasiswa Pastry Art A Class, sejak prepare bahan hingga pelaksanaan finishing-nya. Chef Vivi pun tampil all out ketika memberikan finishing touch agar tampilan Bola Ubi Kopong (Kaleci) setelah di-plating dan di-garnish menjadi semakin keren saat ditata di meja display produk. So cool. Good jobs! Bro & Sis …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar