twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 19 April 2023

Melihat Keseruan Final Exam Mahasiswa Pastry Art Class di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Lima Kreasi Cake Kekinian Hasil Karya Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, Kembali Diatensi Tiga Orang Juri Independen


GELARAN final exam hari kedua (terakhir) yang dilaksanakan pada Kamis (30/03/2023) lalu, diikuti lima orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi. Mereka pun tampil all out membuat lima kreasi cakes kekinian yang bertajuk The Amazing Modern Cake Creations 2023, di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Lima kreasi cakes kekinian tersebut adalah Strawberry Cream Cheese Pie yang dipersembahkan Hayyu Azizah, Danish Pisang Ijo hasil kreasi terbaik dari Moh. Ichwan Togeon dan Fransisca Nathalia menampilkan Cronut Burger yang berasa gurih/asin (savoury taste).

 

Sementara itu dua mahasiswa Pastry Art Class yang lainnya, yakni Fitri Febrian Istiqomah membuat Mont Blanc Tartlet Choux dan Dimas fokus membuat Cake Jentik Manis dalam final exam secara individual tersebut.

 

Dalam ujian praktik bertajuk The Amazing Modern Cake Creations 2023 tersebut, masing-masing peserta pun harus berjibaku selama tiga jam di cold kitchen Graha Tristar Surabaya, demi menampilkan kreasi cake terbaiknya di hadapan tim juri independen, yang terdiri atas Chef Vivi Liong, Chef Lusi F. Noor dan Chef Daniel Pradipta.

 

Seperti pada gelaran final exam hari pertama, Rabu (29/03/2023) lalu, maka pada ujian praktik hari kedua (terakhir) itu lima peserta ujian juga diminta mempresentasikan diri di hadapan tim juri seputar produk pastry unggulannya tersebut, apa saja bahan yang dibutuhkan, bagaimana metode dan cara pembuatannya hingga teknik mem-plating dan meng-garnish-nya agar tampilannya semakin berkelas dan elegan.

 

Tim juri pun kembali memberikan pujian atas upaya peserta yang all out menghias meja display produk dengan pernak pernik kekinian berupa ornament nan cantik dan menarik. Aneka asesoris cantik tersebut terlihat keren banget jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

 

Hasil kreasi cake mahasiswa Pastry Art Class itu dinilai oleh tim juri berdasarkan tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Seusai penjurian, Chef Renny Savitri kembali menegaskan bahwa ujian praktik pastry yang mengangkat tema The Amazing Modern Cake Creations 2023 itu berlangsung dua hari. Ujian praktik hari pertama diikuti lima mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi dan final exam hari kedua (terakhir) pesertanya juga lima orang mahasiswa.

 

”Secara keseluruhan dalam ujian praktik pastry yang berlangsung selama dua hari itu, saya melihat masing-masing peserta ujian tampil percaya diri saat berjibaku di cold kitchen Graha Tristar Surabaya, demi menampilkan 10 kreasi cake terbaiknya,” terang Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit tersebut. kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, belum lama ini.

 

Setiap peserta ujian pun berupaya keras untuk mempersembahkan aneka kreasi cake kekinian baik yang bercitasa manis (sweet taste) maupun cake yang berasa gurih/asin (savoury taste) dengan tampilan elegan dan berkelas.

 

”Ujian praktik pastry itu juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana atensi mahasiswa Pastry Art Class, setelah mereka dibekali berbagai pengetahuan seputar cara membuat aneka kreasi cake tersebut,” tandas Chef Renny Savitri. Good jobs! Bro & Sis. So Amazing 

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar