twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 06 April 2023

Dari Keseruan Final Exam Mahasiswa Culinary Art Class di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Inilah Sembilan Menu Masakan Asian Cuisines dan Western Food ala Buffet Persembahan Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi


KESERUAN gelaran final exam hari pertama dihelat Rabu (29/03/2023) lalu, diikuti delapan orang mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi. Mereka tampil kali pertama dalam ujian praktik tersebut demi menampilkan aneka kreasi menu masakan Asian Cuisines (Japanese dan Korean Food) dan Western Food yang delicious serta keren tampilannya untuk jamuan makan siang ala prasmanan (buffet style).

 

Masing-masing individu dalam satu tim itu bekerja all out demi mempersembahkan sembilan menu masakan Asian Cuisines dan Western Food, di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Selama final exam tersebut, mereka disupervisi langsung oleh Chef Nadya Ratri Aryani. Sedangkan tim jurinya sendiri adalah Chef Vivi Liong, Chef Elena Tiffany dan Chef Thomas Denny.

 

Pada final exam hari pertama, delapan mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi bekerja bahu membahu di hot kitchen. Mereka adalah Desi Antika tampil percaya diri saat masak Beef & Asparagus Negiwaki dan Japanese Rice Gratin (dua menu).

 

Selanjutnya Melisa Agustina Kustianto S., fokus masak Yachaejeon, sedangkan Galan Pandehen G.SCl membuat Sundubu Jjigae dan Vince Cavanaugh Baskoro antusias membuat Chicken Nanban yang lezat.

 

Giliran yang tampil berikutnya adalah Yudhistira Ramadhan yang pagi itu tampak antusias demi masak Oyakodon, sedangkan Griselda Anamelia Bujung membuat Okonomiyaki di hot kitchen Graha Tristar Surabaya.



Sementara itu Marcellous Marciano dan Ananda Nurholilah Putri, dalam final exam kali ini tampil secara individual demi masak Western Food, yakni Mac & Cheese Popper dan Chicken Parmigiana yang tasty.

 

Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari pertama itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing peserta wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar masakan itu tampilannya keren layaknya menu makanan yang dihidangkan ala menu prasmanan (buffet style) di restoran terkenal dan hotel-hotel berbintang di Surabaya.

 

Durasi masak dari prepare bahan masakan, memprosesnya di hot kitchen lalu menyajikannya di meja display produk dibatasi tidak lebih dari 120 menit. Dengan demikian masing-masing peserta ujian praktik masak tersebut harus pandai mengatur waktu saat berjibaku di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Selanjutnya hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yakni Chef Vivi Liong, Chef Elena Tiffany dan Chef Thomas Denny. Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Chef Nadya menjelaskan, ujian praktik masak hari pertama ini diikuti enam mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 pagi. Mereka kompak menampilkan tujuh kreasi masakan Asian Cuisines dan Western Food yang citarasanya delicious banget. 


”Dalam final exam kali ini, saya melihat mahasiswa kompak mengangkat masakan Asian Cuisines dan Western Food yang tasty & delicious dengan tampilan kekinian yang mengundang selera makan,” ujarnya setelah penjurian.

 

Masih menurut Chef Nadya, ujian praktik masak itu sendiri bertujuan untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka diajarkan teknik masak aneka menu masakan internasional yang wajib dikuasai mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit. Good jobs! Bro & Sis. Amazing …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar