twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 11 April 2023

Melihat Kehebohan Final Exam Mahasiswa Pastry Art di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Tim Juri Apresiasi Aneka Kreasi Cake Modern Persembahan Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi 


TIM JURI yang terdiri dari Chef Vivi Liong, Chef Nadya Ratri Aryani dan Chef Lusi F. Noor, mengapresiasi lima kreasi cake kekinian yang dipersembahkan lima orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi pada gelaran final exam hari pertama, Rabu (29/03/2023) lalu. Ujian praktiknya sendiri dilaksanakan di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Dalam ujian praktik masak individual yang bertajuk The Amazing Modern Cake Creations 2023 tersebut, masing-masing peserta pun harus berjibaku di cold kitchen Graha Tristar Surabaya, demi menampilkan kreasi cake terbaiknya di hadapan tim juri.

 

Setiap peserta final exam itu juga diminta untuk mempresentasikan diri di hadapan tim juri seputar produk pastry andalannya tersebut, apa saja bahannya, bagaimana metode dan cara pembuatannya hingga teknik mem-plating dan meng-garnish-nya agar tampilannya semakin keren.

 

Tim juri juga memuji upaya peserta yang kompak menghias meja display produk dengan pernak pernik kekinian berupa ornament nan cantik dan menarik. Aneka asesoris cantik tersebut terlihat keren banget jika dibandingkan dengan suasana hari biasa ketika mahasiswa tersebut praktik di cold kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Hizkia Dwi F., mempresentasikan kreasi cake hybrid-nya yang berjudul Craquelin with Klepon Buah Naga, Talitha Carissa B., memaparkan kreasi produk pastry andalannya yang diberi nama keren, Tartlet Blu Mousse. Sedangkan Naomi Chrisanto F., pun tampil all out demi menampilkan kreasi terbaiknya bertajuk Pie Cheese Cake.

 

Sementara itu Maria Violeta T. dan Mario Joseph Voon J., harus berjibaku di cold kitchen Graha Tristar Surabaya demi membuat produk pastry kekinian yang bertema Indonesian Cake with Peanut Sauce dan Mango Cheese Cake yang legit.

 

Hasil kreasi cake mahasiswa Pastry Art Class itu dinilai oleh tim juri berdasarkan tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Seusai penjurian, kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya Chef Renny Savitri mengatakan, ujian praktik pastry berlangsung dua hari. Ujian praktik hari pertama diikuti lima mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 pagi. Final exam itu sendiri mengusung tema The Amazing Modern Cake Creations 2023.

 

”Secara keseluruhan dalam ujian praktik pastry kali ini, saya melihat masing-masing peserta ujian tampil percaya diri demi mempersembahkan aneka kreasi cake terbaiknya,” tandas Chef Renny, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit tersebut.

 

Setiap peserta ujian pun berupaya keras untuk mempersembahkan aneka kreasi cake kekinian yang bercitasa manis (sweet taste) dan gurih/asin (savoury taste) dengan tampilan elegan dan berkelas.

 

”Ujian praktik pastry itu juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana atensi mahasiswa Pastry Art Class, setelah mereka dibekali berbagai pengetahuan seputar cara membuat aneka kreasi cake tersebut,” tandas Chef Renny Savitri. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar