twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 02 April 2023

Serunya Belajar Pastry Art di Kitchen Modern Graha Tristar Bersama Chef Dwi Mei Retnowati


Mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi Tampilkan Puff Roll Cake dan Tumpeng Pudding, Dua Kreasi Pastry Art yang Keren dan Unik

 

SEPEKAN jelang pelaksanaan final exam yang dihelat akhir Maret 2023 lalu, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi diajarkan Chef Dwi Mei Retnowati, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, cara membuat enam kreasi Pastry Art kekinian yang keren dan unik tampilannya.

 

Praktik membuat enam kreasi Pastry Art tersebut dihelat dalam tiga kali tatap muka, tepatnya mulai Rabu (15/03/2023) hingga Selasa (21/03/2023) lalu. Praktiknya sendiri dilaksanakan di Kitchen Patisserie 1, Tristar Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Menurut Chef Mei, materi praktik Pastry Art ini merupakan pengembangan produk dari produk pastry yang lebih rinci dengan penambahan aneka kreasi (arts) seperti motif batik, garmbar kartun, lukisan bunga, satwa dan sebagainya. Dengan demikian produk-produk Pastry Art yang dihasilkan tersebut tampak lebih berkarakter.

 

”Cara mengaplikasikan aneka kreasi Pastry Art sebetulnya tidak sesulit yang kita bayangkan karena ini merupakan kreasi dari pengembangan produk Pastry dan Bakery yang telah diajarkan sebelumnya kepada mahasiswa,” terang Chef Mei, sapaan akrabnya kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Selasa (21/03/2023) siang.

 

Sedikitnya ada enam kreasi Pastry Art yang dipelajari mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group) selama tiga kali tatap muka tersebut. Pada pertemuan hari pertama, Rabu (15/03/2023) pagi, misalnya, Chef Mei mengajarkan cara membuat dua resep Pastry Art, yakni Batik Roll Cake dan Character Pao.

 

Selanjutnya pada tatap muka hari kedua, Senin (20/03/2023) pagi, Chef Mei kembali mengajarkan cara membuat Character Cookies dan Antigravity Cake Creativity. Sedangkan pertemuan hari terakhir, Selasa (21/03/2023) pagi, mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi itu diajarkan teknik membuat Puff Roll Cake dan Tumpeng Pudding yang keren dan unik tampilannya.

 

Menurut Chef Dwi Mei Retnowati, untuk membuat Puff Roll Cake ada beberapa tahapan pekerjaan yang dilalui. Langkah pertama adalah menyiapkan bahan kue untuk membuat Roll Cake-nya yakni egg yolk, egg white, sugar, cake emulsifier, cake flour, cornstarch, milk powder dan margarine (melted).

 

Pekerjaan selanjutnya menyediakan bahan untuk filling-nya yakni strawberry, sedangkan bahan untuk membuat topping-nya meliputi puff pastry instant dan egg yolk.  Supaya tampilannya Puff Roll Cake tersebut semakin cantik, Anda bisa menambahkan garnish ketika menghiasnya.

 

Sementara itu untuk membuat Tumpeng Pudding, maka yang disiapkan adalah membuat Lumut Pudding-nya lebih dulu. Resepnya meliputi agar-agar plain, sugar, coconut cream (kara), water, egg, salt dan vanilla paste.

 

Sedangkan untuk membuat Bottom & Ornament-nya sendiri, maka bahan-bahan yang diperlukan adalah nutrijel (rasa leci/sirsak), agar-agar plain, sugar dan fresh milk. Selanjutnya bahan untuk membuat perekatnya sendiri terdiri dari agar-agar plain, sugar dan water. Selama praktik, Anda juga butuh food color dan lemper plastic wrap.

 

”Tampilan Tumpeng Pudding yang keren dan unik itu merefleksikan nasi kuning, dadar telur yang di-slice, telur rebus, ayam goreng, mie goreng, sosis, sambal goreng tahu tempe, perkedel kentang, sayuran dan sebagainya,” ujar Chef Mei. Good jobs! Chef. So cool …

 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Jaringan Kampus di bawah Tristar Group, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar