twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 09 April 2023

Memotret Keseruan Final Exam Mahasiswa Pastry Art di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Wow! Kerennya Aneka Kreasi Kue Tradisional Kekinian Persembahan Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi


PADA perhelatan final exam hari pertama yang dilaksanakan Rabu (29/03/2023) lalu, enam mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang sehari-hari diasuh Chef Sari Palupi, bekerja all out demi mempersembahkan aneka kreasi kue tradisional kekinian yang keren tampilannya, di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Dalam ujian praktik masak individual yang bertajuk Pesona Kue Tradisional Indonesia 2023 tersebut, masing-masing peserta harus berjibaku di cold kitchen kampus demi menampilkan kreasi kue tradisional terbaiknya di hadapan tim juri, yang terdiri dari Chef Vivi Liong, Chef Renny Savitri dan Dewi Marianah M.Par.

 

Amelia Amanda Kartika Putri tampil percaya diri saat membuat Cucur Gula Merah. Selanjutnya Difilia Ilsabana fokus membikin Amparan Tatak (Pisang), sedangkan Marchella Jocelyn Wang asyik membuat Putu Belanda yang manis.

 

Mahasiswa yang tampil berikutnya adalah Muthia Azzahra yang pagi itu tampak antusias demi bikin Barongko Pisang, Nathania Emanuella Tawas menampilkan Putri Mandi Ubi, sedangkan Teresa Avila One membuat Putu Ayu Ubi Ungu.

 

Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari pertama itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing peserta juga wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar kreasi kue tradisional tersebut tampil sekeren mungkin layaknya tampilan produk pastry yang disajikan di restoran ternama dan hotel-hotel berbintang di Surabaya.

 

Durasi masak di cold kitchen mulai dari prepare bahan kue, memprosesnya lalu menyajikannya di meja display produk dipatok tidak lebih dari tiga jam. Dengan demikian masing-masing peserta ujian praktik masak tersebut harus pandai mengatur waktu saat bekerja di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya.

 

Selanjutnya hasil kreasi kue tradisional mahasiswa Pastry Art Class itu dinilai oleh tim juri yakni Chef Vivi Liong, Chef Renny Savitri dan Dewi Marianah M.Par. Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Selama proses penjurian, masing-masing peserta final exam tersebut diminta mempresentasikan kreasi produknya di hadapan tiga orang juri, mulai bahan-bahan yang dipakai, metode dan teknik pembuatannya hingga cara mem-plating serta meng-garnish-nya.

 

Dari enam produk kue tradisional yang ditampilkan mahasiswa, setidaknya ada tiga kreasi yang menarik perhatian tim juri, yakni Amparan Tatak (Pisang), kue tradisional khas Kalimantan persembahan Difilia Ilsabana, Barongko Pisang, kue tradisional dari Sulawesi Selatan yang ditampilkan Muthia Azzahra dan Putu Belanda yang ditampilkan Marchella Jocelyn Wang.

 

Sementara itu kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Chef Sari Palupi mengatakan, ujian praktik pastry hari pertama itu diikuti enam mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 pagi. Final exam tersebut mengangkat tema Pesona Kue Tradisional Indonesia 2023. Tak salah jika dalam penyajiannya di meja display produk, mahasiswa juga menghias meja tersebut dengan pernak pernik cantik khas Indonesia banget.

 

Setiap peserta ujian menampilkan kreasi kue tradisional terbaiknya yang semuanya bercitasa manis (sweet taste) dengan tampilan cantik, menarik dan berkelas. Ujian praktik pastry itu juga bertujuan untuk melihat sejauh mana atensi mahasiswa, Pastry Art Class, setelah mereka diajarkan cara membuat aneka kreasi kue tradisional tersebut sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap aneka produk kue tradisional asli Indonesia.

 

”Secara overall, dalam ujian praktik pastry kali ini, saya melihat masing-masing peserta ujian tampil percaya diri demi mempersembahkan kreasi kue tradisional terbaiknya,” pungkas Chef Upi, sapaan akrabnya, seusai penjurian. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar