twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 04 April 2023

Dari Kehebohan Final Exam di Kitchen Modern Food University Indonesia Tristar Manyar


Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A dan B Tampilkan Aneka Kreasi Kue Tradisional, Bread & Cakes Kekinian yang Keren dan Berkelas


PADA gelaran final exam yang dihelat pekan terakhir Maret 2023 lalu, sekitar 30-an mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (member of Tristar Group) Kelas A dan B, tampil penuh semangat demi mengikuti ujian praktik secara individual dengan mengangkat tema Pesona Kue Tradisional, Bread & Cakes kekinian yang keren dan berkelas.

 

Ujian praktik tersebut dihelat selama dua hari, tepatnya pada Senin (27/03/2023) dan Selasa (28/03/2023), di Kitchen Modern Food University Indonesia, Kampus Tristar Manyar, Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya. Sementara itu tim juri yang dihadirkan dalam final exam adalah Chef Vivi Liong, Chef Ita Suhervin dan Chef Daniel Pradipta. Ketiganya adalah Dosen Pengajar Pastry Art Class Tristar Group.

 

Pada final exam hari pertama, Senin (27/03/2023) pagi, ujian praktik secara individual tersebut diikuti 13 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A. Sedangkan pada final exam hari kedua, Selasa (28/03/2023) pagi, gliran 17 mahasiswa Pastry Art Kelas B pun tampil all out, demi mempersembahkan aneka kreasi Kue Tradisional, Bread & Cakes terbaiknya.

 

Ujian praktik mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar tersebut berdurasi tiga jam, sejak prepare bahan roti dan kue, memprosesnya di kitchen hingga menampilkan hasil kreasi terbaik mereka di meja display yang ditata rapi oleh mahasiswa bersama Dosen Pengajar Pastry Art Class Tristar Group, Chef Vivi Liong, Chef Ita Suhervin dan Chef Daniel Pradipta.

 

Selama dua hari gelaran final exam di Kitchen Modern Food University Indonesia, aneka kreasi Kue Tradisional, Bread & Cakes kekinian yang keren dipersembahkan oleh mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar. Setiap individu harus berjibaku di cold kitchen demi menampilkan kreasi terbaiknya di hadapan tim juri.


Dalam gelaran final exam hari pertama, misalnya, 30 kreasi Kue Tradisional, Bread & Cakes kekinian –baik yang berasa manis (sweet tasty) maupun yang rasanya gurih/asin (savoury tasty)-- ditampilkan oleh 13 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A.

 

Sembilan dari 13 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A, yakni Muhammad Gilang Permana, Levon Freemont Wangi, Raihan Jaya Saputra, Albertus Laksamana Gustu P., Salsabilla Sarasvati B., Fajria Nur Haliza, Louissa Calista Liu, Aprillia Felicia Nanlohy dan Aiko Levina Rumuy, masing-masing mendapat tantangan membuat tiga kreasi produk pastry berupa Kue Tradisional, Bread dan Cakes sesuai passion-nya atau totalnya sebanyak 27 kreasi produk pastry.



Dalam final exam tersebut Gilang menampilkan Wedang Ronde, Baguette Tahu Tek dan Red Bean Cupcake, Levon mempersembahkan Bubur Candil Ubi Ungu, Pizza Tofu dan Brownies Ubi Ungu Lapis Cream Cheese, sedangkan Raihan membuat Cheesy Potato Ball, Potato Bun dan Dragon Fruit Chiffon Cake.


Selanjutnya Albertus mempersembahkan Kue Mangkok, Spinach Korean Bun dan Bolu Tape, Salsabila membuat Bungeoppang Kacang Hijau, Potato Cheese Bread dan Mini Cheese Cake, sedangkan Fajria menampilkan Ongol-ongol Nanas, Roti Goreng isi Sambal Tempe dan Pineapple Mousse Cake.

 

Tiga mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A berikutnya, yakni Louissa membuat  Nagasari, Beef Corn Bread dan Banana Roll Cake, Felicia menampilkan Lumpur Wortel, Carrot Bread with Beef dan Apple Crumble Cake, sedangkan Aiko mempersembahkan Talam Labu Kuning, Roti Kari Ayam Serundeng dan Klepon Cake.

 

Sementara itu empat mahasiswa yang lainnya, yakni Delvin Noel Barnades membuat Lumpia Rendang with Sambal Hijau, Christin Elvira menampilkan Lapis Ubi Ungu, sedangkan duet Valencia Jovanka Tanjung dan Johanna Christabella Riyanto tampil kompak di cold kitchen demi mempersembahkan Tartlet Talam Ebi yang gurih.

 

Sebanyak 30 kreasi Kue Tradisional, Bread & Cakes kekinian yang ditampilkan di meja display produk mendapat apresiasi dari tim juri, yang terdiri dari Chef Vivi Liong, Chef Ita Suhervin dan Chef Daniel Pradipta. Pujian dari tim juri itu bukan sekadar basa-basi setelah melihat sendiri hasil kreasi anak didiknya usai mereka berjibaku di cold kitchen sejak pukul 09.00-12.00 WIB.

 

Menurut Dosen Pastry Art Tristar Group Chef Ita Suhervin, durasi ujian praktik secara individual itu dipatok sekitar tiga jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating aneka kreasi Kue Tradisional, Bread & Cakes dengan tampilan kekinian tersebut. Dengan durasi waktu tiga jam, setiap peserta ujian harus pandai memanfaatkan waktu agar hasil pekerjaannya di kitchen bisa maksimal.

 

Hasil kreasi 30-an mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A dan B itu dinilai oleh tim juri yang terdiri tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa.  Selain itu, mahasiswa juga diminta tampil satu persatu untuk mempresentasikan hasil kreasinya di hadapan tim juri, mulai nama produk, bahan yang dibutuhkan, metode pembuatan hingga cara meng-garnish-nya.

 

”Penilaian tim juri tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” tambah Chef Vivi Liong, kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, baru-baru ini.

 

Selain ujian praktik, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A dan B juga wajib mengikuti ujian tulis berupa tes organoleptic (pengenalan aneka bahan kue dan roti) serta tes wawancara, yang dilaksanakan setelah ujian praktik. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar