twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 07 April 2023

Memotret Kehebohan Final Exam Mahasiswa Culinary Art di Kitchen Modern Graha Tristar


Satu Set Menu Masakan Indonesian Cuisines untuk Prasmanan, Kreasi Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi Diapresiasi Tim Juri


TIM JURI yang terdiri dari Chef Vivi Liong, Chef Nadya Ratri Aryani dan Chef Elena Tiffany mengapresiasi satu set menu masakan Indonesian Cuisines untuk prasmanan (buffet) persembahan dari mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, selama pelaksanaan final exam hari pertama, Rabu (29/03/2023) lalu.

 

Penilaian oleh tim juri setidaknya mengacu pada tiga kriteria yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut sesusai dengan Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di hotel-hotel berbintang.

 

Secara overall, tiga orang juri pun sepakat untuk mengapresiasi kerja keras mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi yang telah berjibaku di hot kitchen Graha Tristar demi menampilkan kreasi masakan terbaiknya. Nilai ujian praktik mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi dihari pertama itu bermain pada kisaran 75-80.

 

Selama gelaran ujian praktik masak pada hari pertama, sembilan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari diasuh Chef Mario Alvin Jonathan (Chef Thomas Denny), tampil percaya diri saat berjibaku di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, demi menampilkan 10 menu masakan yang terdiri dari Appetizer/Snack, Soup, Main Course hingga Dessert-nya.

 

Dalam ujian praktik masak hari pertama, sembilan mahasiswa yang hadir pagi itu tampil secara individual di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya, demi masak satu set menu Indonesian Cuisines yang disajikan ala prasmanan (buffet).

 

Sebanyak 10 menu masakan tersebut terdiri dari Tahu Walik dan Ote-ote Ayam Porong (Appetizer/Snack), Asam-asam Daging (Soup), sedangkan menu utama (Main Course) sendiri meliputi Pepes Udang, Tumis Buncis Tahu, Cumi Udang Saus Padang, Ayam Lada Hitam, Lumpia Crepes dan Nasi Daun Jeruk. Untuk menu penutup (Dessert)-nya berupa Es Timun Serut yang menyegarkan.

 

Selama berjibaku di hot kitchen pada final exam hari pertama, Alvin Setiawan tampil individual saat ditugasi masak Tahu Walik, Carissa Adella antusias membuat Ote-ote Ayam Porong, Eksa Kresna fokus masak Asem-asem Daging, sedangkan untuk enam menu Main Course-nya dikerjakan lima orang.

 

Bryan Justine A., diminta untuk membuat Pepes Udang, Anastasya Dewi menampilkan Tumis Buncis Tahu, Wahyu Dewi ditugasi masak Cumi Udang Saus Padang, Agustinus asyik membuat Ayam Lada HitamSteven Hadinata kebagian job masak Lumpia Crepes dan Venia Novita yang masak Nasi Daun Jeruk-nya.

 

Sementara itu mahasiswa yang kebagian tugas menyiapkan Dessert-nya, Es Timun Serut, dipercayakan kepada Alvin Setiawan dan Carissa Adella. Keduanya kompak berjibaku di hot kitchen bersama koleganya yang lain.

 

Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari pertama itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing peserta juga wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar masakan tersebut tampil keren layaknya menu makanan yang biasa disajikan di hotel berbintang dan restoran ternama di Surabaya. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar