twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 18 April 2023

Memotret Kehebohan Final Exam Mahasiswa Pastry Art di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Wow! Kerennya Es Cendol Decontructed Persembahan I Made Ananda Kurnia R., Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi


PADA pergelaran final exam hari kedua (terakhir) yang dihelat Kamis (30/03/2023) lalu, kreasi Es Cendol Decontructed yang ditampilkan I Made Ananda Kurnia R., mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, mendapat pujian dari tim juri yang terdiri dari Chef Vivi Liong, Chef Lusi F. Noor dan Chef Daniel Pradipta.

 

Made, sapaan akrabnya, ingin tampil beda saat mengikuti gelaran final exam Pastry Art pada hari kedua yang bertajuk Pesona Kue Tradisional Indonesia 2023. Mahasiswa berpostur tinggi besar itu pun menampilkan kreasi andalannya yang diberi nama Es Cendol Decontructed, yakni es cendol yang tampilannya beda banget dengan biasanya.

 

Melalui pendekatan teknik Molecular Mixologist, maka es cendol yang dibuat Made pun tampilannya keren banget, berbeda dengan yang lazim dibuat oleh para penjual es cendol di pasar-pasar tradisional. Dengan sendirinya, Es Cendol Decontructed pun kini naik kelas menjadi minuman high end, yang cocok banget jika disajikan di restoran terkemuka ala hotel-hetel berbintang.

 

Irisan berbentuk dadu kecil dari buah nangka dalam es cendol tampilannya sekarang berubah berupa sphere (bentuk bulat seperti kuning telur), sedangkan gula kelapa bentuknya seperti caviar, berbentuk bulatan-bulatan kecil berwarna merah seperti mutiara.

 

Sementara itu tampilan bubur beras berubah bentuknya menjadi cendol berwarna kehijauan dan kuah santan kelapa disulap layaknya mousse. ”Wow! keren banget tampilan dari Es Cendol Cecontructed yang dibuat I Made Ananda Kurnia,” puji Chef Lusi, salah satu juri.

 

Tanpa bermaksud untuk mengecilkan kreasi produk kue tradisional yang dibuat oleh empat mahasiswa yang lainnya, maka tim juri pun memberikan kesempatan masing-masing peserta ujian untuk mempresentasikan hasil karya terbaiknya.

 

Evan Peterson tampil percaya diri saat membuat Wingko Babat Pelangi. Selanjutnya Gilbert Justyn Yang fokus membikin Chicken & Mushroom yang gurih, sedangkan Jonathan Aurelliano asyik membuat Dadar Gulung Polkadot dan Zydan Prima Al-Zahri antusias membuat Puff Pastry Rendang, di cold kitchen Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.



Seperti halnya pada gelaran final exam hari pertama, maka ujian praktik hari terakhir ini durasi masak di cold kitchen mulai dari prepare bahan kue, memprosesnya lalu menyajikannya di meja display produk, juga dipatok tidak lebih dari tiga jam.

 

Hasil kreasi kue tradisional mahasiswa Pastry Art Class tersebut dinilai oleh tim juri berdasarkan tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Selama proses penjurian, masing-masing peserta final exam tersebut diminta mempresentasikan kreasi produknya di hadapan tiga orang juri, mulai bahan-bahan yang dipakai, metode dan teknik pembuatannya hingga cara mem-plating serta meng-garnish-nya.

 

Sementara itu kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Chef Sari Palupi kembali menegaskan bahwa ujian praktik pastry hari kedua (terakhir) ini diikuti lima mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 pagi. Final exam tersebut mengangkat tema Pesona Kue Tradisional Indonesia 2023.

 

Setiap peserta ujian praktik menampilkan kreasi kue tradisional terbaiknya, baik yang bercitasa manis (sweet taste) maupun gurih/asin (savoury taste), dengan tampilan keren dan elegan. ”Secara overall, dalam ujian praktik pastry selama dua hari di cold kitchen Graha Tristar, saya mengapresiasi kinerja 2-3 mahasiswa yang berani tampil beda saat membuat kreasi kue tradisional terbaiknya,” tandas Chef Sari Palupi. Amazing banget. Good Jobs! Bro & Sis

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar