twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 12 April 2023

Melihat Keseruan Final Exam Mahasiswa Culinary Art Class di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi Tampilkan Satu Set Menu Oriental Cuisines untuk Jamuan Makan ala Prasmanan nan Mewah


GELARAN final exam hari kedua (terakhir) yang dihelat Kamis (30/03/2023) lalu, kembali bergulir. Ujian praktik masak itu diikuti delapan orang mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi. Tujuh mahasiswa dalam satu tim itu tampil all out demi mempersembahkan satu set menu masakan Oriental Cuisines (Chinese Food) yang tasty & delicious untuk jamuan makan siang ala prasmanan (buffet style).

 

Sedangkan satu mahasiswa lagi tampil secara individual dalam final exam itu, demi masak dua menu makanan khas dari Amerika (American Cuisines) yang lezat, yakni Hawaiian Salad Honey & Lime dan Hawaiian Garlic Shrimp, di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Seperti pada gelaran final exam hari pertama, maka pada final exam hari kedua tersebut, delapan mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi itu juga disupervisi langsung oleh Chef Nadya Ratri Aryani. Sedangkan tim juri yang dihadirkan pada final exam hari kedua adalah Chef Vivi Liong, Chef Lusi F. Noor dan Chef Thomas Denny.

 

Pada final exam kedua, tujuh mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi bekerja bahu membahu di hot kitchen. Mereka adalah Adenanda Azzahra tampil percaya diri saat masak Lumpia Shanghai dan Wonton Mini with Bangkok Sauce (dua menu Appetizer).

 

Selanjutnya Clayrine Tsabila Salma Andiri fokus masak Chicken Oriental Salad (satu menu Salad), sedangkan Esa Ramadhan Al-Fitrah membuat Chicken Soup Asparagus (satu menu Soup)-nya.

 

Sementara itu untuk empat menu Main Course-nya sendiri dikerjakan empat mahasiswa, yakni Evan Alexander Kristiono membuat Nasi Goreng Seafood with Acar, Christy Angelica antusias masak Ayam Goreng Mentega yang lezat.

 

Giliran yang tampil berikutnya adalah Edwin Prasetya Kristianto. Pagi itu Edwin berjibaku di hot kitchen demi masak Fu Yung Hai Kepiting, sedangkan Jessia Ronellee Markho membuat Brokoli Ayam Saus Tiram. Untuk Dessert-nya adalah  Es Soda Gembira.


Sementara itu Denita N. Simbolon, dalam final exam kali ini tampil secara individual demi masak American Cuisines, yakni Hawaiian Salad Honey & Lime dan Hawaiian Garlic Shrimp yang delicious.


Selama final exam tersebut, durasi masak dari prepare bahan masakan, memprosesnya di hot kitchen lalu menyajikannya di meja display produk dibatasi tidak lebih dari 120 menit. Dengan demikian masing-masing peserta ujian praktik masak tersebut dituntut memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya saat bekerja di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari kedua itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing peserta wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar masakan itu tampilannya makin keren dan berkelas layaknya menu makanan yang dihidangkan ala menu prasmanan (buffet style) di Restoran Chinese Food dan hotel-hotel berbintang di Surabaya.

 

Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai langsung oleh tim juri yakni Chef Vivi Liong, Chef Lusi F. Noor dan Chef Thomas Denny. Ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Chef Nadya Ratri Aryani kembali menjelaskan, ujian praktik masak hari kedua ini diikuti delapan mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 pagi. Mereka kompak menampilkan 10 kreasi masakan Oriental Cuisines dan American Cuisines yang citarasanya tasty & delicious banget.

 

”Dalam final exam kali kedua ini, saya mengapresiasi kekompakan mahasiswa ketika mereka sepakat untuk mengangkat masakan Oriental Cuisines dan American Cuisines yang tasty & delicious dengan tampilan yang keren dan berkelas,” ujar Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit tersebut. Good jobs! Bro & Sis. So cool …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar