twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 24 Maret 2023

Memotret Aksi Heboh Gelaran Master Demo & Duplication di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Usung Italian Fusion Style, Mahasiswa Culinary Art Sukses Duplikasi Tortellini Stuffed with Mousses Prawn, Puree Pumpkin & Prawn Oil ala Restoran Terkemuka


GELARAN Master Demo & Duplication with Chef Nadya Ratri Aryani, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit kembali bergulir jelang pelaksanaan final exam akhir Maret 2023. Dalam demo kali ini mengusung konsep Italian Fusion Style dengan menu masakan khas bertajuk Tortellini Stuffed with Mousses Prawn, Puree Pumpkin & Prawn Oil. Demo masak yang dihadiri 12-an mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi tersebut dihelat di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (21/03/2023) pagi.

 

Konsep Italian Fusion Style yang keren tersebut diangkat Chef Nadya, karena terinspirasi kisah sukses menu masakan utama (main course) dari Negeri Spaghetti (Italia) yang cukup populer di kalangan pecinta kuliner di penjuru dunia termasuk di Indonesia sendiri.

 

Tortellini Stuffed with Mousses Prawn, Puree Pumpkin & Prawn Oil merupakan salah satu masakan khas Italia yang kelezatannya tak perlu diragukan lagi. Pokoknya mamamia lezatos! Tortellini yang creamy betul-betul mengundang selera makan Anda. Menu istimewa ini bisa Anda buat sendiri di rumah karena bahan utama maupun bumbu dan rempahnya mudah didapatkan di supermarket terdekat.

 

Menariknya lagi, menu masakan Tortellini Stuffed with Mousses Prawn, Puree Pumpkin & Prawn Oil tersebut diusung dalam gelaran master demo kali ini karena menu masakan spesial tersebut tidak tersedia di dalam Buku Ajar (Silabus) yang sebelumnya sudah dibagikan kepada mahasiswa.

 

Dengan mengusung konsep Italian Style, lanjut Chef Nadya, maka penyajian menu masakan Tortellini Stuffed with Mouses Prawn, Puree Pumpkin & Prawn Oil tersebut di-plating dan di-garnish sekeren mungkin dan berkelas layaknya makanan Italian Fusion Style di restoran terkemuka sebuah hotel berbintang.

 

Dengan konsep yang superkeren tersebut maka cara penyajian Tortellini Stuffed with Mousses Prawn, Puree Pumpkin & Prawn Oil pun dikemas seelegan mungkin menyesuaikan diri dengan segmen pasar menengah atas yang dibidik oleh restoran tersebut.

 

Demi mempercepat pekerjaan selama di hot kitchen, Chef Nadya pun melibatkan dua tim mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi (masing-masing beranggotakan enam orang), untuk menduplikasikan menu masakan tersebut seperti yang dicontohkannya saat demo di hadapan 12-an mahasiswa yang hadir pagi itu.

 

Untuk masak Tortellini Stuffed with Mousses Prawn, Puree Pumpkin & Prawn Oil yang mamamia lezatos ini, masing-masing tim, yakni Tim A dimotori Christy Angelica dan Tim B dipimpin Ananda Nurholilah, harus berjibaku selama 90 menitan di hot kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Aksi heboh Tim A maupun Tim B saat berjibaku di hot kitchen pun mereka lakoni, demi menyiapkan bahan-bahan untuk membuat pasta-nya, yakni tepung Cakra, egg yolk, salt & pepper dan olive oil (aduk sampai menjadi gumpalan, kalau kurang bisa tambah minyak lagi).

 

Tahapan pekerjaan selanjutnya menyiapkan bahan-bahan untuk membuat pumkin puree seperti unsalted butter (dilelehkan), pumkin, milk, cooking cream (bahan-bahan tersebut dikukus dulu baru di-puree), baru tambahkan salt, pepper dan sugar.

 

Sedangkan untuk membuat prawn oil-nya sendiri bahannya meliputi cooking oil, butter, udang dimasak sampai keluar minyaknya, tomato paste, salt, daun deel, staranise lalu di-sautee sampai keluar aroma harum.

 

”Sementara itu untuk membikin prawn mouse-nya sendiri, maka bahan yang dibutuhkan adalah prawn yang sudah dibersihkan kulitnya di-chop lalu tambahkan vanel plus, lemon plus, cream cheese (dilarutkan + sugar secukupnya) dan milk,” ujar Chef Nadya di hadapan anak didiknya.

 

Selama gelaran master demo, Chef Nadya tampak mem-plating sendiri Tortellini Stuffed with Mousses Prawn, Puree Pumpkin & Prawn Oil yang lezat itu di atas piring, layaknya penyajian makanan di restoran terkemuka sebuah hotel berbintang. Giliran selanjutnya dua tim mahasiswa Culinary Art Class tersebut yang diminta menduplikasikannya seperti yang dicontohkan Chef Nadya. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar