twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 02 Maret 2023

Belajar Cara Pengolahan Adonan Berlapis Bersama Chef Renny Savitri di Kitchen Graha Tristar


Kerennya Croissant Sandwich, Bicolor Chocolate Croissant dan Croissant Mushroom Cheese, Persembahan Mahasiswa Pastry Art Class

 

KALI ini mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi giliran diajarkan teknik pengolahan adonan berlapis (layer dough) oleh Chef Renny Savitri, demi membuat sembilan kreasi Croissant, Danish dan Puff Pastry yang cantik, menarik dan berkelas, di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, pertengahan Februari 2023 lalu.

 

Untuk membuat sembilan kreasi Croissant, Danish dan Puff Pastry itu dilakoni mahasiswa selama tiga kali tatap muka, mulai Senin (13/02/2023), hingga Rabu (15.02/2023). Pada pertemuan hari pertama, Senin (13/02/2023) pagi, Chef Renny mengajarkan cara membuat tiga kreasi Croissant sesuai standar industri perhotelan, yakni Croissant Sandwich, Bicolor Chocolate Croissant dan Croissant Mushroom Cheese yang keren tampilannya.

 

Croissant Sandwich dan Croissant Mushroom Cheese berasa asin/gurih (savoury taste), sedangkan Bicolor Chocolate Croissant rasanya manis (sweet taste),” ujar Chef Renny Savitri di hadapan mahasiswa Pastry Art Class.

 

Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit itu pun menerangkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang produk adonan berlapis serta metode-metodenya. Ketika praktik membuat Croissant Sandwich, Bicolor Chocolate Croissant dan Croissant Mushroom Cheese skala industrial maupun usaha rumahan, Chef Renny pun meminta anak didiknya memperhatikan step by step cara membuatnya agar hasilnya nanti sesuai ekspektasi.

 

Selain itu demi memudahkan pekerjaan di kitchen, adonan untuk membuat tiga kreasi produk adonan berlapis tersebut di atas, sebaiknya juga di-blender jadi satu hingga kalis sebelum diproses lebih lanjut sesuai panduan di Buku Ajar (Silabus) dan arahan dari Dosen Pengajar Pastry Art Class.

 

Langkah tersebut demi mempercepat pekerjaan di kitchen, mengingat untuk membuat croissant butuh minimal tiga kali nge-roll adonan yang sudah kalis dan tiga kali pendinginan di mesin chiller, sebelum adonan (yang dibentuk seperti persegi atau oval sesuai panduan di Buku Ajar) itu ditaruh di mesin pengembang kue (proofer) selama 45 menitan dan akhirnya di-bake pada suhu 160*C selama 20-25 menitan.

 

Dalam kesempatan itu, Chef Renny Savitri juga memberikan beberapa tips agar produk adonan berlapis yang dibuat tersebut hasilnya memuaskan. Pertama, teknik membuat adonan per layer-nya harus benar-benar kalis.

 

”Kedua, mengingat adonan itu mengandung unsur fermentasi (menggunakan bahan yeast), maka treatment-nya pun harus di-proofer dulu selama 45-60 menit agar adonannya mengembang sempurna, sebelum produk adonan berlapis itu di-oven pada suhu sekitar 160*C selama 20-25 menitan,” ujarnya.

 

Selain itu demi mengikuti trend industry cake & bakery di era millennial saat ini, mahasiswa Pastry Art Class juga dikenalkan oleh Chef Renny cara mengoperasikan mesin Dough Sheeter, mesin penipis adonan layer dough yang biasa dipakai pengusaha Cake & Bakery. Keunggulan mesin ini membuat adonan berlapis itu lebih stabil (ketebalannya merata) daripada nge-roll dengan tangan secara manual.

 

Sementara itu pada pertemuan hari kedua, Selasa (14/02/2023) pagi, mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi, kembali diajarkan teknik membuat tiga resep produk olahan adonan berlapis (tiga kreasi Danish) yakni Raisin Cinnamon Danish, Pineapple Twist Danish dan Danish Pocket yang berkelas dan elegan tampilannya.

 

”Sedangkan pada pertemuan hari terakhir, Rabu (15/02/2023), giliran saya mengajarkan mahasiswa cara bikin tiga kreasi Puff Pastry, yakni Cream Horn, Picnic Roll dan Breakfast Puff,” ujar Chef Renny kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, baru-baru ini.

 

Setelah berjibaku di cold kitdhen selama tiga jam, tiga tim dari 10 mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi lalu diminta Chef Renny mem-plating dan meng-garnish tiga kreasi Croissant sesuai jobs-nya masing-masing sebelum hasil kreasinya di-display di meja untuk dievaluasi oleh dosen pembimbing. Good jobs! Bro & Sis. So Cool …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar