twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 07 Maret 2023

Memotret Kehebohan Gelaran Cooking Demo & Duplication with Chef Mario Alvin Jonathan


Empat Tim Mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi Berhasil Duplikasikan Dragon Shrimp Sushi yang Keren ala Japanese Restaurant


UNTUK kali kesekian, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, Chef Mario Alvin Jonathan kembali menggelar Cooking Demo Japanese Cuisines & Duplication, demi membuat menu legendaris dari Negeri Matahari Terbit (Jepang), yakni Dragon Shrimp Sushi yang keren tampilannya ala Japanese Restaurant, di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (06/032023) pagi.

 


Menurut Chef Jo, sapaan akrab Mario Alvin Jonathan, salah satu menu masakan Japanese Food yang legendaris di Negeri Matahari Terbit ini ditampilkannya pada saat gelaran cooking demo di hadapan 16 mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu.

 

Di Indonesia sendiri, Dragon Shrimp Sushi juga cukup populer berkat kelezatan dan tampilannya yang keren banget. Tak salah jika menu masakan Japanese Food yang satu ini banyak disuka kalangan generasi millennial.

 

Sushi menjadi salah satu makanan Jepang yang paling mudah ditemui di Indonesia, Bahan dasarnya menggunakan nasi (teksturnya pulen), membuat sushi disukai sekaligus menjadi salah satu makanan favorit dikalangan anak muda.

 

Sushi biasanya terdiri dari nasi yang di-roll bersama lauk (neta) berupa sari laut (cumi, tuna atau udang), daging, sayuran segar (mentah) atau yang sudah dimasak. Sushi yang satu ini memiliki ukuran relatif besar, bentuknya cantik dan citarasanya lezat banget karena mengombinasikan nori, nasi, udang goreng yang sudah ditepungi, crabs stick, telur dadar goreng, mentimun Jepang (kiuri) dan irisan buah alpokat (avocado).

 

Untuk masak Dragon Shrimp Sushi sesuai standar industri perhotelan, Chef Jo melakukannya dalam beberapa tahapan pekerjaan. Tahapan pertama menanak nasi, lalu masak telur dadar, mentimun (dipotong ala stick), buah alpokat (juga dipotong ala stick), crabs stick dan menyiapkan lembaran nori (terbuat dari rumput laut).

 

Tahapan selanjutnya empat tim mahasiswa diminta membersihkan udang utuh (shrimp) lalu dicelupkan pada adonan tepung yang sudah dibumbui, baru digoreng hingga matang sempurna. Untuk membuat Norimaki (nasi bersama isinya di dalam balutan nori yang sudah selesai di-roll). Sedangkan Uromaki kebalikan dari Norimaki, di mana nasinya berada di lapisan terluar (seusai di-roll) baru lapisan dalamnya terdiri dari nori, udang goreng, telur dadar, crabs stick, mentimun dan alpokat.

 

Langkah terakhir pada perhelatan cooking demo tersebut, Chef Jo kemudian mem-plating hasil kreasi masakannya Dragon Shrimp Sushi agar tampilannya semakin keren dan cantik. ”Untuk garnish-nya sendiri kalian bisa memanfaatkan bahan seperti telur ikan (tobiko), biji wijen yang sudah disangrai, parsley leaf, tomato sauce dan tuille, seperti yang saya contohkan selama gelaran cooking demo,” cetusnya.

 

Usai menggelar cooking demo, giliran empat tim mahasiswa Cilinary Art Class (masing-masing tim beranggotakan empat mahasiswa) diminta menduplikasi apa yang telah dicontohkan dosen pembimbing saat cooking demo, baik Tim A, B, C maupun Tim D kebagian tugas masak menu legendaris tersebut dan mem-plating-nya dengan tampilan yang keren, sebelum dievaluasi dan dikritisi langsung oleh Chef Jo.

 

Sesuai arahan dosen pembimbing, baik Tim A, B, C maupun Tim D tampil bersamaan di hot kitchen. Mereka pun tampil percaya diri saat proses menduplikasikannya dengan durasi 90 menitan (sekitar 1,5 jam) di hot kitchen Graha Tristar Surabaya. Good jobs! Bro & Sis. Very very impressive

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar