twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 12 Maret 2023

Melihat Aksi Mahasiswa Buat Aneka Kreasi Chocolate Praline Bersama Chef Dwi Mei Retnowati


Mahasiswa Pastry Art Class Sukses Buat Mocha Caramel Praline, Strawberry Cheese Praline dan Lemon Cream Praline nan Cantik 


PADA pertemuan hari kedua, Selasa (07/03/2023) pagi, Chef Dwi Mei  Retnowati kembali berbagi ilmu dengan mahasiswa  Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi demi membuat tiga kreasi Chocolate Praline yang berbeda yakni Mocha Caramel Praline, Strawberry Cheese Praline dan Lemon Cream Praline nan cantik dan berkelas tampilannya. Praktiknya sendiri digelar di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Berbeda dengan praktik pada tatap muka hari pertama, Senin (06/03/2023), kali ini mahasiswa diajarkan cara membuat tiga kreasi Chocolate Praline yang lain dengan menggunakan cetakan khusus, nama kerennya adalah silicon mold. Cetakan praline itu menampilkan karakter teddy bear, blossom flower, star, ball, clamshell (kerang-kerangan), scallop dan sebagainya.

 

”Dengan memanfaatkan silicon mold, hasil akhirnya terlihat cantik dan berkelas karena permukaan Chocolate Praline-nya menjadi halus banget dan mengkilap,” kata Chef Dwi Mei Retnowati di hadapan anak didiknya.

 

Untuk menghasilkan tampilan produk Chocolate Praline yang menarik, mahasiswa juga harus paham teknik pengolahan coklat yang benar dan penggunaan bahan pewarna makanan (food coloring) yang tepat, sebelum praktik membuat Chocolate Praline di cold kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

”Demi hasil terbaik, mahasiswa juga diminta terus berkreasi ketika mem-plating produk Chocolate Praline yang baru selesai dibuat. Jika saat mengambil praline dari silicon mold ada bagian pinggirannya yang belum rata, Anda bisa rapikan dengan gunting kecil agar finishing-nya nanti terlihat halus dan rapi,” terang Chef Mei memberi tips cara membuat kreasi Chocolate Praline nan cantik dan berkelas.

 

Sementara itu pada praktik hari pertama, Senin (06/03/2023), pekan lalu, mahasiswa diajarkan cara membuat tiga kreasi Chocolate Praline, yakni Rhum Truffle, Crunchy Peanut Butter Balls dan Strawberry & Biscuit Truffle, dengan tampilan unik, imut dan cute banget.

 

Dari tiga resep tersebut, indikasi kreasi Chocolate Praline yang dibuat setiap kelompok mahasiswa itu dinilai berhasil jika tampilan permukaan cenderung kasar, bentuknya tidak beraturan dan warnanya buram (nge-dop) karena tidak dicetak dalam cetakan (silicon mold), melainkan dibentuk bulat pakai tangan secara manual.

 

Selanjutnya pada praktik hari kedua, Selasa (07/03/2023), sembilan mahasiswa yang hadir pagi itu kembali dibagi dalam empat kelompok dan masing-masing kelompok beranggotakan 2-3 mahasiswa. Setiap kelompok diberi tugas membuat satu dari tiga resep kreasi Chocolate Praline, yakni Mocha Caramel Praline, Strawberry Cheese Praline dan Lemon Cream Praline yang legit rasanya.

 

Demi membuat Mocha Caramel Praline yang cantik dan berkelas, misalnya, bahan yang disiapkan adalah milk chocolate compound dan white chocolate compound untuk membuat skin-nya, sedangkan bahan untuk filling-nya sendiri terdiri dari sugar, fresh cream, butter, glucose, salt dan mocha paste.

 

Selanjutnya resep untuk membuat Strawberry Cheese Praline meliputi cream cheese, icing sugar, strawberry jam, white chocolate compound, butter, fresh cream dan pink color (pewarna makanan), sedangkan bahan untuk buat skin-nya sendiri menggunakan white chocolate compound.

 

Resep yang terakhir adalah membuat Lemon Cream Praline. Bahannya terdiri atas white chocolate compound (untuk membuat skin-nya), sedangkan bahan untuk filling-nya adalah white chocolate compound, fresh cream, icing sugar dan lemon juice. Good jobs! Bro & Sis. Very very nice …

 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar